-->

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007

Cara membuat tabel di microsoft word 2007 dapat dilakukan dengan beberapa cara yang mudah. Dengan cara apapun, hasilnya juga sama, jadi anda tidak perlu khawatir salah. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat tabel di microsoft office word 2007.

Selamat datang di blog sinaukomputer.net. Blog untuk belajar komputer online, gratis dan otodidak. Anda sedang belajar microsoft word ? Tepatnya microsoft word 2007 ? Tepat seakali, Inilah tutorial belajar ms Word 2007. saya yakin banyak diantara teman - teman yang sudah bisa melakukanya.

Pembahasan kita kali ini, seperti yang telah saya jelaskan sedikit di atas yaitu cara membuat tabel di Microsoft Word 2007. Selamat mengikuti

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007 


Memang benar, Tabel merupakan salah satu opsi yang banyak dipakai dalam segala hal. Terutama untuk penyajian data kuantitatif. Dengan tabel data akan sangat mudah terbaca dan juga dipahami. Lalu bagaimana cara membuat tabel ? 

Berikut langkah - langkah atau cara membuat tabel di microsoft word :

  • Pada jendela kerja microsoft word klik “insert” pada Toolbar Menu
  • Lalu sobat klik di kotak “Table”

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007


  • Ada dua cara untuk membuat tabel, pertama sobat bisa langsung select di kotak-kotak yang ada disana dengan cara mengarahkan kursor pada kotak tersebut, yang kedua sobat bisa pake menu “insert table” yang ada dibawah kotak- kotak. 
  • Anda bisa lihat gambar dibawah uktuk keterangan cara pertama dan cara kedua

Cara Pertama


Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007


Cara Kedua


Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007


Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007


Silahkan saja, anda bebas memilih diantara dua cara tersebut. Sebenarnya ada satu cara lagi yaitu dengan perintah “Quick Tables” tetapi ini seperti memilih template, atau dengan kala lain table tersebut sudah terbuat. 

Kita hanya tinggal memilihnya saja. Menurut saya ini mempunyai sedikit kelemahan yaitu table yang akan kita buat tidak selalu sesuai dengan yang terdapat dalam template. Jadi saya sarankan sobat pake dua cara diatas saja yah.

Cara Mengatur Tabel Pada Microsoft Word 2007

Setelah kita mengetahui bagaimana cara membuat tabel di microsoft word, tentunya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan, kita perlu melakukan sedikit pengaturan agar tabel yang kita buat pas dan kelihatan rapih. Bagaimana saja pengaturanya, berikut secara singkat pengaturan tabel di ms word :

  • Pertama “Table Properties”
  • Dalam menu “Table Properties” terdapat pengaturan tabel yang cukup lengkap untuk kita gunakan dalam meyesuaikan dengan kebutuhan tebel kita. 
  • Untuk lebih jelasnya kita praktekan saja pean pelan. 
  • Misal kita akan membuat sebuah tabel untuk daftar harga barang di toko kita. Kita sudah mempunyai gambaran bahwa tabel yang kita buat terdiri dari empat kolom dan berisi sepuluh baris misalnya.

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007


Anda bisa lihat dalam gambar diatas, untuk kolom NO tentunya terlalu lebar, kemudian untuk nama barang terlalu sempit untuk harga satuan teralalu panjang. Disini yang perlu kita lakukan adalah menyesuaikan lebar kolom. 

Begini caranya :


  • Pertama block tabel sobat dengan klik di tanda seperti + di pojok kiri atas tabel hal ini bertujuan untuk memunculkan “Move Table to Column”

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007


  • Kemudian setelah muncul, sobat bisa geser setiap kolom yang sobat inginkan dengan cara Klik tahan dan geser pada “Move Table to Column” seperti gambar


Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007


Anda bisa lakukan untuk mengatur kolom kolom yang lain dengan ccara tersebut. 

  • Kemudian untuk mengatur lebar baris, sobat bisa pake “Table Properties”. Blok pada baris yang ingin diperlebar misal disini kita akan melebarkan baris untuk keterangan tabel.
  • Blok à Klik kanan pada baris yang terblok à klik table properties

Setelah muncul kotak dialog “Table Properties” klik pada tab “Row” kemudian centng pada kotak “specify height” dan rubah angka yang ada disebelahnya agar lebar baris berubah sesuai dengan yang sobat inginkan.


Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007



Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007


Anda dapat melakukan pengaturan sendiri sesuai dengan kehendak dan kebutuhan anda. Tutorial ini hanya sekedar opsi saja. Sharing pengalaman bagaimana cara membuat tabel di microsoft office word 2007. Kenyataanya memang masih banyak orang yang memakai software ofice 2007. 

Saya kira tidak sulit untuk membuat atau meng insert tabel ke lembara kerja microsoft ofice word 2007. Anda dapat dengan mudah mempraktekanya sembari melihat tutorial ini. 

Sampai di sini dulu tutorial cara membuat tabel di microsoft office word 2007 semoga bermanfaat. Simak terus tutorial - tutorial atau tips belajar komputer di sinaukomputer.net. Mudah - mudahan dapat menambah pengetahuan kita semua tentang komputer. Sekian dan terimakasih

Masih terkait dengan tabel, anda bisa membaca dan mempraktekanya. Bagaimana pengaplikasian tabel, atau memanfaatkan tabel untuk berbagai keperluan. Silahkan baca selengkapnya di tutorial :

Fungsi Lain Tabel di Ms Word 2007

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007 "

  1. sama - sama, maksih juga udah mampir. heheh bantu share ke temen - temen yah kalo ada yang bermanfaat di blog ini.

    ReplyDelete

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel