Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Flashdisk

Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Flashdisk – Bisakah file yang hilang karena terhapus atau format disk dikembalikan lagi ? 

Ikuti pembahasan dan langkah – langkah mengembalikan file yang hilang di sinaukomputer.net pada kesempatan kali ini.

Sobat komputer dimanapun anda berada, semoga tetap semangat dan sehat selalu. Kita jumpa lagi bersama sinaukomputer.net untuk belajar komputer otodidak. Permasalahan kali ini kita akan berbagi bagaimana cara mengembalikan file yang hilang di Flashdisk.


Penyebab File Hilang


Sobat komputer yang budiman. Tentu sebagian dari kita pernah tidak sengaja melakukan hal yang sebenarya tidak pernah kita inginkan. Menghapus file tanpa sengaja, kelihatanya tidak mungkin tetapi pada kenyataanya memang terjadi. Penyebab hilangnya file yang lain antara lain terformat atau minta diformat.

Mungkin sobat pernah mengalami hal yang beberapa waktu lalu saya alami. Memory atau flashdisk yang tadinya normal menjadi eror setelah dimasukan ke slot USB komputer kita. File tidak dapat diakses dan hanya ada perintah untuk melakukan format pada memory tersebut.

Nah sobat, apa yang harus kita lakukan apabila mengalami hal tersebut ? Tenang, sobat tidak perlu panik. Apabila sobat beruntung, permasalahan seperti itu dapat diatasi. Intinya adalah bagaimana file yang sudah ada disana kembali bisa kita akses.

Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Flashdisk


Sampai saat ini saya juga belum tahu kenapa flashdisk atau memori bisa mengalami eror seperti itu. Akan tetapi memang benar  - benar terjadi. Nah apa yang sobat lakukan ? Ikuti  langkahnya berikut ini

  • Pertama Format Disk dengan Low Level Format


Dalam melakukan format disk ini, jangan lakukan langsung dari windows explorer. Sobat msuk ke menu “compamgmt.msc” lewat “run”.Atau bila komputer sobat pake windows 7 langsung saja ketikan “compamgmt.msc” di search program and file pada start menu bagian paling bawah.


Setelah sobat masuk ke menu tersebut. Flashdisk atau memory card sobat akan terbaca seperti sebuah partisi di komputer. Nah kemudian klik kanan pada direktori flashdisk atau memory sobat kemudian klik format. Perlu diketahui saat melakukan formating, pilih FAT32.


Kemudian setelah selesai, eject memory tersebut dan masukan lagi. Apabila data sobat kembali muncul berarti sobat tidak perlu melanjutkan dengan cara yang kedua. Tetapi apabila flashdisk benar – benar terformat dan tidak ada data yang kita temukan sama sekali, maka kita lanjut dengan langkah kedua.

  • Kedua, Cara Mengembalikan File Yang Hilang Dengan Software



Sebenarnya ada banyak sekali software yang dapat kita gunakan untuk mengembalikan file atau recovery. Kali ini kita akan membahas satu software saja yang telah terbukti keampuhanya. Yaitu “Power Data Recovery”. Untuk dapat menggunakanya sobat harus mendownload dan menginstalnya di komputer sobat.


Kemudian setelah terinstal sobat jalankan program tersebut. Dibawah ini adalah tampilan software “PDR”.


Cara Mengembalikan File Yang Hilang


Sobat dapat melihat ada beberapa option yang ada disana. Undelete Recovery, Advanced Recovery, Deep Scan Recovery, dan terakhir Resume Recovery. Saya belum pernah mencoba kesemuanya itu. Tetapi saya pernah mencoba sukses dengan menu “Deep Scan Recovery”

Berikut Cara Mengembalikan Data yang Hilang Dengan Power Data Recovery

  • Open software
  • Klik menu “Deep Scan Recovery”
  • Klik atau pilih memory sobat yang terdeteksi
  • Kemudian Klik “Recovery”

Cara Mengembalikan File Yang Hilang

Proses ini mungkin akan memakan waktu agak lama tergantung kapasitas memory atau flashdisk sobat dan berapa jumlah data yang pernah tersimpan dalam memory tersebut.


Cara Mengembalikan File Yang Hilang


Setelah klik “Recovery” sobat diminta untuk memberikan tandaa centang terhadap jenis file apa saja yang akan dilakukan pencarian. Sobat bisa pilih file yang akan dicari atau pilih semua jenis file dengan memberi tanda centang semua.
  • Kemudian klik “Ok”
  • Biarkan sampai proses selesai


Setelah proses selesai nanti akan tampak jumlah data yang terbaca atau yang dapat dikembalikan dan data yang eror atau tidak dapat dikembalikan.

Kemudian setelah itu silahkan sobat simpan data tersebut di komputer sobat. Dan silahkan cek apakah semua data baik – baik saja atau ada file yang rusak. Pengalaman saya kemarin semua data berhasil terbaca kembali.

Nah sobat sekian dulu yah pembahasan Cara Mengembalikan File Yang Hilang di Flashdisk. Semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua. Kita jumpa lagi di postingan selanjutnya. 


Jangan lupa untuk menguatkan semangat kita belajar komputer baca artikel berikut : 


6 tips belajar komputer otodidak.

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih
EmoticonEmoticon