-->

Cara Mengganti Templates Blogger

Cara Mengganti Templates Blogger - Template atau tema adalah hal yang cukup penting untuk sebuah website atau blog.

Template yang bagus akan membuat performa blog semakin oke dan semakin diminati pengunjung.

SinauKomputer.Net kali ini akan berbagi bagaimana cara mengganti template blogger. Bagi teman - teman yang pakai Blogger, mudah - mudahan ini bermanfaat untuk kalian. Dan untuk teman - teman wordpress, kita akan membahasnya lain waktu.

Cara Mengganti Templates Blogger

Mengapa Perlu Mengganti Template Blog


Kenapa sih kita perlu mengganti template blog ? Jawabanya seperti yang telah saya singgung di atas. Agar performa dan tampuilan blog kita semakin menarik, sehingga membuat pengunjung betah dan akan datang kembali.

Selain itu kadang template blog juga mempengaruhi kecepatan loading. Nah untuk itulah kita perlu mengganti template apabila dirasa blog kita slow respon karena terlalu berat di templatenya.

Oke, yuk kita mulai saja.

Cara Mengganti Templates Blogger 


Silahkan sobat masuk ke dasbor Blogger sobat masing - masing. Sudah tahu caranya kan ? Kalo lupa, bisa baca lagi :

Tutorial Blogger Untuk Pemula

Setelah sobat masuk ke dashboard, klik "Template" pada menu di sebelah kanan


Cara Mengganti Templates Blogger

Setelah itu sobat akan dibawa pada jendela pengaturan template. Disana terdapat tampilan tempalte yang sekarang sedang kita gunakan.

Cara Mengganti Templates Blogger


Nah itu template awal, yang nantinya akan saya ganti dengan template yang baru. Oke untuk memilih template yang sudah disediakan Blogger, sobat tinggal skrol ke bawah.

Disana terdapat banyak sekali template yang mungkin sobat sukai.

Cara Mengganti Templates Blogger


Untuk memilih template tersebut, sobat tinggal klik di template yang sobat pilih. Saya beri contoh template "sederhana" warna hitam.


Cara Mengganti Templates Blogger


Kemudian klik "Terapkan ke Blog" apabila sobat ingin menggunakan tema atau template ini di blog sobat.

Coba sobat skrol ke atas lagi. Sekarang template blog sobat udah berubah jadi seperti ini :


Cara Mengganti Templates Blogger

Nah, mudah sekali kan ?

Contoh tersebut adalah mengganti template dengan template yang telah disediakan oleh Blogger. Apakah sobat bisa mengganti template dengan yang lain ?

Bisa banget.

Lalu dimana saya bisa mendapatkan template yang lain ? Jangan khawatir, ada banyak sekali blog - blog yang baik hati memberikan template keren dengan gratis contohnya blog guru saya Sugeng.Id.

Beliau sangat berbaik hati memberikan template yang sangat bagus dengan fitur - fitur yang lengkap. Langsung saja, silahkan di download dulu. Namanya templatenya "BroSense"
Kalo sudah, mari kita lanjut.

Sekarang kita akan memasang template yang sudah kita download tadi ke blog kita.

Caranya sama seperti yang telah kita lakukan tadi. Hanya saja di sini kita akan mengunggah file template dalam bentuk HTML.

Ikuti langkah berikut :

Cara Mengganti Template Blogger dengan Template Download


Dari menu pengaturan template, sobat lirik sebelah pojok kanan atas, ada tulisan "Cadangkan/Pulihkan".  Kalo sobat klik akan masuk pada jendela seperti berikut ini :

Cara Mengganti Templates Blogger



Kemudian klik "Chose File". Cari dimana sobat tadi menyimpan file template yang telah di download.  Jangan lupa Extract terlebih dahulu, karena biasanya dalam bentuk Zip.

File template biasanya berekstensi XML.

Cara Mengganti Templates Blogger

Pilih file template kemudian klik Open. Setelah itu lanjut dengan mengklik "Unggah". Sekarang blog sobat sudah berganti template dengan template BroSense yang responsif.

Untuk lihat tampilan blog sobat setelah pake template baru, bisa klik "Lihat Blog"


Cara Mengganti Templates Blogger

Nah, sekarang blog seobat sudah berganti dari tampilan tema yang standar menjadi BroSense sebuah template yang responsif dan keren.

Oke, sampai di sini dulu teman - teman. Semoga pembahasan Cara Mengganti Templates Blogger bermanfaat untuk sobat semua.

Besok kita akan lanjutkan dengan pembahasan bagaimana mengatur tampilan blog dengan menamah Gadget untuk mempercantik blog.

Sampai jumpa

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengganti Templates Blogger "

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel