-->

Cara Ngeprint : Cara Mencetak Dokumen, Word, Pdf & Foto Dengan Mudah

Cara ngeprint file baik itu dokumen word, excel atau foto dengan printer sebenarnya sama saja. Hanya saja memang terkadang dalam fitur printer itu sendiri sedikit membingungkan terutama bagi yang baru belajar pengoperasian komputer dan printer. Namun anda jangan khawatir, karena pada kesempatan ini sinaukomputer.net akan berbagi trik dan tips tentang cara ngeprint.

Sebenarnya pembahasan tentang cara print atau mencetak, khususnya dokumen ms word telah dibahas dalam tutorial tersendiri pada waktu yang lalu. Bagi anda yang belum membacanya, boleh baca lagi :


Namun tidak mengapa, karena kali ini kita akan belajar cara ngeprint dengan berbagai opsi yang sering dilakukan orang, seperti cetak dokumen dengan cara bolak balik, cetak foto atau dokumen Pdf. Baiklah langsung saja kita siapkan apa yang dibutuhkan yang jelas printer, komputer yang berisi dokumen yang akan anda cetak.
cara ngeprint
http://www.controlprt.com/

Pertama pastikan bahwa komputer anda sudah terkoneksi dengan printer yang akan anda gunakan untuk ngeprint. Apakah komputer anda sudah terkoneksi dengan printer ? Kalo belum silahkan instal terlebih dahulu. Caranya baca di sini :


Saya anggap komputer dan printer anda sudah siap digunakan. Dan sekarang pertama kita akan bahas bagaimana cara ngeprint bolak balik  dokumen word, excel atau pdf. Kita mulai dari dokumen word & Excel.

Cara Ngeprint Bolak- Balik


Pertama buka dokumen yang akan anda print (word, excel, pdf). Dalam tutorial ini saya gunakan dokumen ms word 2010 karena kebetulan komputer saya office 2010.
cara ngeprint
Anda bisa pakai menu “file” pada toolbar menu atau anda langsung saja pakai tombol shortcut tekan “Ctrl +P” untuk membuka menu print.
cara ngeprint
Kita akan melakukan print bolak balik, artinya satu kertas berisi dua halaman, nomor satu dan halaman nomor dua. Klik pada “printer properties” dan centang opsi “duplex printing” yang ada di tab “additional feature”
cara ngeprint
Setelah itu jangan lupa klik “Ok” dan anda akan kembali ke menu awal, jika tidak ada lagi seting yang dilakukan, maka anda siap untuk ngeprint. Klik “Print”
cara ngeprint
Sebelumnya pastikan anda sudah mempersiapkan kertas dan telah meletakannya pada printer. Karena kita seting print bolak balik, dan printer yang kita gunakan manual, maka nanti kita harus membalik kertas secara manual.
cara ngeprint
Maka ikutilah perintah tersebut dan jangan sampai keliru dalam meletakannya. Ikuti petunjuknya baik-baik. Setelah itu kemudian klik “Ok”

Bila anda benar maka hasilnya halaman pertama berisi nomor satu dan halaman sebaliknya berisi nomor dua.  Nah begitulah kira – kira cara ngeprint microsoft word 2010 dengan metode bolak – balik. Sebenarnya cara ngeprint pdf pun tidak berbeda dengan yang sudah kita praktekan tadi, caranya sama.

Cara ngeprint foto


Kita lanjutkan saja dengan pembahasan selanjutnya yang sedikit berbeda, kalau cara ngeprint excel atau cara ngeprint dokumen pdf, caranya sama saja dengan yang sudah kita pelajari barusan jadi saya rasa kita tidak perlu membahasnya lagi. Oke kita langsung saja dengan cara ngeprint foto atau gambar.

Ada banyak metode cara cetak foto atau gambar, kita akan praktekan cara yang paling mudah yaitu cara langsung tanpa software atau aplikasi lainnya. Namun ada baiknya, foto sebelum di cetak perlu diseting agar ukurannya pas, seperti ukuran pas foto, ukuran 3 R dan lain sebagainya. 

Baca : Cara merubah ukuran foto

Caranya, silahkan anda menuju dimana file foto akan dicetak, kemudian klik dua kali atau open. Setelah itu langsung saja tekan “Ctrl + P”
Kebetulan di sini komputer saya Windows 10, jadi tampilannya seperti itu, lakukan seiting standard dan yang paling penting pada opsi “fit” anda pilih “Shrink to fit”. Setelah selesai klik “Print”

Anda bisa mencetak foto anda dengan printer apa saja. Saya sering menggunakan printer canon untuk cetak foto dan hasilnya lumayan bagus. Bila anda ingin tahu bagaimana cara cetak foto ukuran pas foto dan ukuran standard foto lainnya, simak terus pembahasan tutorial belajar komputer di sinaukomputer.net.

Jangan lewatkan juga tutorial penting ini :
Mungkin sampai sini saja dulu pembahasan kita tentang bagaimana cara ngeprint dokuemn,word, excel dan Pdf dengan cara bolak – balik serta cara cetak foto secara langsung tanpa software lain. Semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Tetap semangad dan selamat beraktifitas

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Ngeprint : Cara Mencetak Dokumen, Word, Pdf & Foto Dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel