-->

Cara Membuat Catatan Kaki di Microsoft Word Paling Mudah

Cara membuatcatatan kaki pada microsoft word tidak sulit, karena kita cukup dengan memanfaatkan dan menggunakan fitur yang ada pada software ini dan menggunakannya semau kita. Seperti yang kita ketahui, microsoft word merupakan salah satu software Office terbaik yang paling banyak digunakan orang, salah satunya karena fitur yang disediakan dalam software ini cukup lengkap khususnya untuk pengolah kata, administerasi, surat – menyurat dan juga untuk writing. Seperti membuat catatan kaki pada sebuah tulisan ilmiah, yang akan kita pelajari pada kesempatan ini. Bagaimana cara menulis catatan kaki ? simak selengkapnya di tutorial kali ini.

Sebelumnya thukah anda apa yang dimaksud dengan catatan kaki ? Catatan kaki adalah sebuah tulisan yang terletak paling bawah pada satu halaman sebuah tulisan atau karya ilmiah atau buku, yang berisi kutipan atau sumber dimana penulis mengambil referensi tulisan yang dibuatnya tersebut. Seperti misalnya pada penulisan skripsi, jurnal, makalah dan yang lainnya. Cara membuat catatan kaki sangat mudah, hanya dua atau tiga langkah saja anda sudah bisa membuatnya. Berikut langkah – langkahnya.

Cara membuat catatan kaki di Microsoft Word


Siapkan komputer anda dan pastikan sudah terpasang software microsoft word seri berapa saja. Saat ini saya gunakan microsoft word 2010. Anda tidak perlu khawatir, walaupun anda menggunakan seri yang lain, cara membuat atau menulis catatan kaki sama saja.
Open atau jalankan Microsoft Word di komputer anda

Buka lembar kerja baru, atau silahkan open tulisan anda yang sudah anda selesaikan
Catatan kaki dibuat, ketika kita menuliskan satu atau dua kalimat yang kita ambil dari sebuah sumber. Jadi untuk membuatnya, carilah tulisan mana yang akan anda kasih footnote atau catatan kaki.

Anda bisa meletakan symbol sebagai tanda adanya catatan kaki atau keterangan pada tulisan frase tersebut di awal atau di akhir kalimat.

Letakan kursor pada awal kalimat yang anda akan diberikan catatan kaki, untuk memberikan symbol di awal, atau blok semua frase jika anda ingin memberikan symbol di bagian akhir kalimat.

cara membuat catatan kaki, cara menulis catatan kaki

Oke kita akan mencoba dua – duanya. Letakan kursosr anda di awal kalimat dan kemudian dari menu bar pilih “References” lalu klik “Insert Footnote”

cara membuat catatan kaki, cara menulis catatan kaki

Setelah itu akan muncul symbol dan keterangan di bagian paling bawah dari halaman tulisan tersebut, maka ketik sumber asal yang ingin anda masukkan sebagai catatan kaki

cara membuat catatan kaki, cara menulis catatan kaki

cara membuat catatan kaki, cara menulis catatan kaki

Bagaimana cara membuat catatan kaki lagi, apabila dalam satu lembar ada beberapa kutipan yang akan kita berikan catatan kaki. Caranya cukup mudah, anda tinggal mengulangi cara pertama untuk frase yang lainnya dalam satu lembar tersebut. Secara otomatis symbol akan berurutan.

cara membuat catatan kaki, cara menulis catatan kaki

Bagaimana cara menghapus catatan kaki ?

Semisal kita telah menuliskan catatan kaki, lalu tiba – tiba kita akan menghapusnya karena satu alasan tertentu, bagaimana caranya ? cukup mudah sekali, anda cukup menghapus symbol (angka) yang berada di awal atau di akhir kutipan tersebut. Maka dengan sendirinya, catatan kaki yang ada di bagian bawah akan terhapus.

Cukup mudah kan ?

Apabila anda masih kurang puas dengan tulisan cara membuat catatan kaki ini. Anda bisa simak video singkat cara menulis catatan kaki berikut ini.


Munkin ini saja yang bisa kita pelajari pada kesempatan ini. Bagi teman – teman yang ketinggalan dengan tutorial microsoft word lainnya bisa baca :
Sekian dari saya, semoga tutorial singkat ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian yang membutuhkan informasi ini. Janan lupa ikuti terus update tutorial dan cara belajar komputer hanya di sinaukomputer.net.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Catatan Kaki di Microsoft Word Paling Mudah"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel