22 Oct 2017

Cara Menghilangkan & Menghapus Virus Shortcut di Komputer atau Flashdisk

Media penyimpanan merupakan perangkat yang penting bagi manusia. Meda penyimpanan menjadi tempat untuk menyimpan beragam data digital yangsifatnya penting. Sayangnya, media penyimpanan kerap menjadi tempat sasaran virus. Virus tersebut bersifat merusak media penyimpanan bahkan merusak data-data yang disimpan di dalam media tersebut. Virus yang sering menyerang media penyimpanan seperti flashdisk, RAM, dan media penyimpanan lainnya adalah virus shortcut. 

Virus shortcut atau sering disebut dengan Ramnit adalah virus yang berbahaya bagi media penyimpanan. Virus ini berkembang sejak bulan Januari 2011 dengan cara mengelabui program antivirus yang bertugas men-scan setiap data atau program komputer agar terbebas dari virus. Virus tersebut berhasil lolos dari scan program antivirus dan mulai menginfeksi data-data yang memiliki format EXE dan DLL atau data yang tersimpan di dalam folder.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan virus shortcut, perlu diketahui terlebih dulu mengenai kinerja virus shortcut. Kinerja virus shortcut ini tidak berbeda jauh dengan namanya. Virus shortcut yang sudah menginfeksi media penyimpanan akan mengubah semua data yang tersimpan di media penyimpanan tersebut menjadi shortcut atau ditandai dengan folder yang terdapat tanda anak panah pada sudut kiri bawah folder tersebut. 

Selain mengubah data di dalam media penyimpanan menjadi shortcut, virus shortcut juga menyembunyikan data-data yang tersimpan di media penyimpanan. Tidak heran jika media penyimpanan yang sudah terinfeksi virus shortcut tidak akan memiliki data apapun. Padahal, pada informasi mengenai kapasitas media penyimpanan pasti terdapat informasi bahwa media penyimpanan tersebut tidaklah kosong. 

cara menghilangkan virus shortcut
https://www.maketecheasier.com
Singkatnya, virus shortcut adalah virus yang cara kerjanya menyembunyikan data asli yang ada di dalam media penyimpanan. Kemudian, virus shortcut akan memunculkan data palsu yang mirip dengan data asli yang tersimpan di media penyimpanan. Saat data palsu tersebut dibuka, maka akan muncul virus yang menyebar semakin dalam ke media penyimpanan, bahkan menyerang sistem perangkat lunak komputer.

Untuk mengetahui cara menghapus virus shortcut secara menyeluruh pada media penyimpanan, pahami dulu bagaimana virus shortcut menyebar ke seluruh media penyimpanan. Cara yang paling umum untuk menyebarkan virus shortcut adalah melalui internet. 

Internet memang jaringan yang memiliki risiko penyebaran virus yang tinggi, apalagi jika jaringan internet digunakan untuk mengakses website yang mengandung banyak iklan bervirus. Virus juga mudah menyerang komputer yang terlalu sering digunakan untuk mengakses internet atau komputer yang tidak dilengkapi dengan perangkat lunak antivirus.

Awalnya persebaran virus shortcut ke dalam media penyimpanan atau perangkat komputer tidak disadari. Virus shortcut akan berada di dalam media penyimpanan atau perangkat komputer yang jarang dibersihkan dengan antivirus. 

Virus tersebut mulai bekerja dengan cara mengubah folder berisi data menjadi folder shortcut dan menyembunyikan data di dalam folder tersebut saat ada flashdisk yang dihubungkan ke dalam komputer atau laptop. 

Flashdisk yang dihubungkan dengan komputer yang sudah terinfeksi virus shortcut langsung kehilangan datanya. Virus shortcut merupakan virus yang menular, terutama jika flashdisk yang sudah terinfeksi virus shortcut dihubungkan dengan komputer lain.

Cara Hapus Virus Shortcut di Laptop


Setelah memahami apa itu virus shortcut dan cara mengatasinya, tahap selanjutnya adalah mencari tahu cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk atau media penyimpanan internal di dalam komputer secara menyeluruh. Ada beberapa cara menghapus virus shortcut di flashdisk dan media penyimpanan internal di dalam komputer secara menyeluruh. 

Beberapa cara menghilangkan virus shortcut di laptop bisa diterapkan semua atau dipilih salah satu, tergantung pada keparahan dari virus shortcut menginfeksi media penyimpanan. Cara menghapus virus shortcut di laptop dan flashdisk dengan cepat dan tuntas adalah sebagai berikut.

1. Instal Perangkat Lunak Antivirus

Cara menghilangkan virus shortcut di komputer adalah dengan menginstal perangkat lunak antivirus. Ada banyak perangkat lunak antivirus yang bisa ditanamkan pada perangkat komputer. Namun, perangkat lunak antivirus yang direkomendasikan untuk membersihkan virus shortcut pada media penyimpanan adalah SMADAV. 

SMADAV merupakan perangkat lunak antivirus buatan Indonesia yang terbukti ampuh membersihkan berbagai macam virus yang menginfeksi komputer, termasuk virus shortcut, dibandingkan perangkat lunak antivirus yang lain. Cara menghilangkah virus shortcut di komputer window 7 dengan SMADAV dapat dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini.
  1. Instal dulu perangkat lunak antivirus SMADAV di dalam perangkat komputer. Perangkat lunak antivirus tersebut bisa diunduh secara gratis di website resmi SMADAV yaitu www.smadav.net
  2. Setelah perangkat lunak SMADAV terinstal, klik kanan media penyimpanan atau folder yang sudah terinfeksi oleh virus shortcut.
  3. Kemudian, akan muncul tampilan pilihan tindakan yang akan dilakukan. Pilihkan opsi “Scan with SMADAV”.
  4. Setelah mengklik opsi “Scan with SMADAV”, secara otomatis akan muncul jendela perangkat lunak SMADAV yang sedang melakukan scanning terhadap media penyimpanan atau folder yang terinfeksi virus shortcut. Pada tampilan jendela scanning SMADAV terdapat informasi mengenai berapa banyak data yang sedang dicek dan progres dari proses scanning data tersebut.
  5. Ketika proses scanning data selesai, maka akan muncul hasil akhir berupa berapa banyak data yang sudah di-scan, waktu yang dihabiskan untuk mengecek semua data tersebut, serta data yang disembunyikan oleh virus shortcut.
  6. Jika sudah menemukan data yang disembunyikan oleh virus shortcut, maka pilihlah menu “Hidden File” atau “File Tersembunyi” pada jendela SMADAV. Di jendela tersebut terdapat seluruh data yang selama ini disembunyikan oleh virus shortcut. Lalu, klik tombol “Unhide All” untuk mengembalikan semua data yang disembunyikan oleh virus shortcut ke dalam perangkat media penyimpanan.
2. Gunakan Command Prompt

Jika cara menghilangkan virus shortcut di windows 7 dengan SMADAV tidak bisa mengembalikan semua data yang disembunyikan oleh virus shortcut dengan sempurna, maka cobalah cara ini. Cara menghapus virus shortcut di windows 7 yang kedua adalah dengan menggunakan menu Command Prompt atau CMD dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Klik kanan media penyimpanan yang terinfeksi virus shortcut. Kemudian, pilihlah opsi “Organize”.
  2. Di dalam opsi “Organize” terdapat beragam pilihan terkait media penyimpanan tersebut. Pilihlah opsi “Show hidden files, folder, and Drive” untuk memunculkan folder yang disembunyikan oleh virus shortcut.
  3. Kemudian, masuklah ke menu Run dan ketikkan CMD (Command Prompt) pada kolom menu Run. 
  4. Setelah menu CMD terbuka, maka ketikkan lokasi media penyimpanan yang ingin dibersihkan dari virus shortcut, misalnya drive D. 
  5. Ketikkan kode khusus untuk menghilangkan virus shortcut yaitu “attrib –s –r –d” pada jendela CMD dan langsung tekan Enter.
Jika sudah melakukan langkah-langkah tersebut, segeralah cek media penyimpanan tadi. Pastikan bahwa semua folder yang awalnya tersembunyi sudah muncul. Kemudian, hapuslah folder yang tidak jelas dan memiliki nama yang aneh. Biasanya folder tersebut mengandung virus. 

Mungkin anda juga butuh tutorial ini :
Selain dua cara di atas, virus shortcut bisa dicegah dengan cara membersihkan atau men-scan secara berkala dengan perangkat lunak antivirus setelah dikoneksikan dengan komputer lain. Sekian, semoga bermanfaat. 

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih
EmoticonEmoticon