-->

Apa Itu Windows Explorer ? Cari Tahu Selengkapnya !

Apa Itu Windows Explorer ? - Ketemulagi sobat komputer dimanapun anda brada. Pada pembahasan yang telah lalu kita telah belajar tentang mouse dan keyboard. Hal yang masih sangat dasar sekali dalam ilmu komputer. Oke kali ini kita akan belajar sedikit lebih mendalam tentang perangkat komputer. 

Kita akan belajar mengenai windows explorer. Bagi anda yang sudah mahir, mungkin anda tidak akan asing lagi dengan windows explorer tetapi bagi yang baru saja mengenal komputer, pasti belum terbiasa dengan istilah ini.

Apa Itu Windows Explorer ?


Dari keterangan yang penulis dapatkan dari beberapa sumber, menyebutkan bahwa Windows Explorer adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari beberapa versi sistem operasi Microsoft Windows yang menyediakan antarmuka grafis kepada pengguna untuk mengakses sistem berkas (baik itu sistem berkas cakram ataupun sistem berkas jaringan). 

Untuk memudahkan memahaminya penulis akan paparkan dengan bahasa yang mudah. Windows explorer di sini dapat diartikan sebagai wadah dengan kapasitas tertentu unutuk menampung berkas atau bahan yang dapat kita seting atau kita perlakukan dengan kehendak kita. 

Komputer disediakan untuk berbagai keperluan salah satunya media editing dan dan penyimpanan file dengan banyak bentuk. Audio, Vidio dan dokumen lainya. Nah banyak brkas atau file yang ada di dalam komputer menjadi satu bercampur tentu akan susah apabila kita mencarinya. Nah disinilah peran windows Explorer.

Fungsi Windows Explorer


Windows Explorer pada hakekatnya adalah sebuah tampilan mengenai isi dari sebuah komputer. Isi dalam sebuah perangkat komputer dapat kita lihat pada progrm Windows Explorer ini. Kita juga dapat melakukan perintah diantaranya, menyalin dan memindahkan, mencari sebuah file dan banyak lagi yang lainya. Akan kita pelajari lebih dalam lagi nantinya. 

Yang jelas bahwa Windows Explorer merupakan tempat dimana kita bisa dengan meudah mengakses file-file yang berada dalam sebuah komputer sekaligus kita juga dapat melakukan perintah terhadap file tersebut.

Tampilan dan Contoh Perintah dalam Windows Explorer


Baiklah setelah kita tahu sedikit tentang windows Explorer. Sekarang kita akan mengambil sebuah contoh untuk memperkuat pemahaman kita mengenai Windows Explorer dan penggunaanya. 


Lihat gambar di atas dan perhatikan inilah tampilan apabila kita masuk ke dalam Windows Explorer. And dapat lihat sendiri pada komputer anda. Nomor 2 merupakan lokasi di dalam direktori komputer (alamat posisi dimana file berada), Nomor 1 adalah kolom navigasi atau kolom utama (berisi folder-folder utama file kita), dan nomor 3 adalah kolom view (meruakan tampilan isi dari folder navigasi).


Kita bisa mengakses Windows Explorer dengan cara melakukan klik kanan pada start menu kemudian pilih atau klik kiri pada Open Windows Explorer (lihat gambar ke 2). Sekarang kita akan melakukan kopi file dari folder music yang ada pada kolom navigasi(sebelah kiri) ke folder dokumen. 

Caranya sebagai berikut :
  • Klik kiri pada folder music 
  • Kemudian kita lihat isi dari folder tersebut di kolom sebelah kananya 
  • Kik kanan pada file yang akan kita kopi 
  • Kemudian pilih copy
  • Setelah itu kita menuju folder dengan nama documen kmudian klik kiri. 
  • Pindah ke bagian kanan, klik kanan pada daerah kosong dan pilih paste. 
Untuk memudahkan beberapa perintah diatas silahkan simak gambar berikut ini.




Demikian cara melakukan perintah kopi file dari folder yang satu ke folder yang lain. Anda akan terbiasa dan mahir setelah anda mengamalkanya langsung. Mungkin sampai sini saja dulu pembahasan kita mengenai Windows Explorer. Tentu sangat terbatas sekali dan sangat sedikit sekali yang dapat kita peroleh. Tetapi lebih baik sedikit tetapi masuk dari pada banyak tetapi banyak yang tumpah. Sekian dulu, terimakasih atas perhatianya dan sampai jumpa.

Next : Mengenal fungsi toolbar menu pada windows explorer

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Windows Explorer ? Cari Tahu Selengkapnya !"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel