-->

Cara Menyembunyikan File di Komputer Tanpa Software

Menyembunyikan file atau hiden file di komputer bisa dilakukan baik menggunakan software ataupun tanpa software. Terkadang kita memiliki file - file yang tidak ingin orang melihatnya, atau memang karena takut terhapus secara tidak sengaja. Oleh karena itu, langkah – langkah untuk menyembunyikan file pribadi perlu diketahui dan juga dipelajari. 

Pada kesempatan kali ini, sinaukomputer ingin memperbarui atau mengupdate postingan lawas ini agar lebih bisa dipelajari dengan mudah. Oleh karena itu, simak baik - baik karena caranya sangat mudah tapi terkadang bisa juga lupa. 


Nah sobat, pasti komputer pribadi sobat dirumah tidak semua orang boleh memakainya. Tentu ada beberapa file milik sobat pribadi yang tidak boleh dilihat oleh sembarang orang. Iya kaaaan ? Tetapi apabila file tersebut terlihat oleh orang yang memakai komputer tidak menutup kemungkinan orang itu akan membuka juga. 

Walaupun foldernya bernama “Jangan dibuka”. Ini malah justru akan membuat mereka semakin penasaran. Tapi apabila foldernya tidak kelihatan, kayanya orang tidak akan membukanya kaaan ? Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara menyembunyikan file pribadi. Simak terus yah

Alasan Orang Menyembunyikan File

Menurut saya ada beberapa alasan kenapa orang ingin menyembunyikan file. Berikut beberapa alasan orang menyembunyikan file.
  • File merupakan milik pribadi yang tidak boleh dilihat sembarang orang 
  • File berisi hal yang penting dan rahasia, misalnya rahasia resep masakan sebuah restoran terkenal 
  • File tersbut berisi hal yang penting, sebenarnya tidak rahasia tetapi karena takut terhapus oleh orang yang sedang memakainya 
  • Mungkin masih banyak lagi alasanya, tetapi saya kira tidak perlu terlalu banyak. Gak penting juga. 

# Cara Menyembunyikan file di Komputer Tanpa Software

Sobat masih ingat ketika kita membahas Windows Explorer. Nah disana ada pembahasan mengenai bagaimana cara melihat jenis file atau kapasitasnya. Nah sebenarnya dari situ juga kita dapat mengatur sebuah file agar tersembunyi. Langsung saja kita praktikan. 

Sebelumnya windows yang saya gunakan adalah windows 7 yah. Bagi sobat yang memakai Xp atau yang lainya. Saya kira tidak jauh berbeda.

Oke sebagai contoh, dikomputer saya tepatnya di “Documents” terdapat sebuah file folder yang ingin saya sembunyikan. Foldernya saya beri nama “Rahasia Belajar Komputer”. 


1. Klik kanan pada folder atau file yang akan sobat sembunyikan kemudian klik “Properties” 
2. Kemudian, beri tanda “Centang” pada Opsi “Hidden” kemudian klik “Apply” 


Mudah sekali kan ? Nah tentu sobat bertanya , lalu bagaimana kalo sobat ingin membuka file tersebut ? Jangan kawatir. Penyakit pasti ada obatnya. Selain cara menyembunyikan file, cara untuk menampakan file yang tersembunyi juga akan dibahas doonk heheheh.

Untuk mempermudah teman - teman, silahkan lihat vidio berikut ini :





# Cara Menampakan File yang Disembunyikan


Waktu pembahasan Windows Explorer dahulu pernah dibahas mengenai bagian- bagian windows explorer. Salah satunya adalah “Toolbar Menu”. Lupa yaaa ? Silahkan baca lagi nih :


1. Masuk windows explorer dan silahkan menuju tempat sobat menyembunyikan filenya 
2. Kemudian sobat klik “Organize” pada toolbar menu 


3. Kemudian pilih “Folder and search options” 
4. Setelah itu klik pada tab “View” cari “File and folder” 
5. Disitu terdapat dua Opsi pilihan “Don’t Show hidden .......” dan yang kedua “Show Hiden ...” 
6. Klik di opsi “ Show hidden file .....” lalu klik “Apply” kemudian dilanjutkan klik “Ok” 


Sampai disini paham kan sobat ? Nah apabila sobat telah selesai jangan lupa klik lagi “Don’t Show Hidden....” agar folder yang sobat sembunyikan tadi kembali tersembunyi atau tidak terlihat.

Sekian dulu yah sobat pembahasan cara menyembunyikan file kali ini. Kapan – kapan kita sambung lagi dengan berbagai macam tips dan trik dari sinaukomputer.net. Semoga trik Cara Menyembunyikan File dan Cara Menampakan File yang Tersembunyi dapat bermanfaat untuk sobat semua. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menyembunyikan File di Komputer Tanpa Software"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel