-->

Cara Membuat Tabel Pada Microsoft Word 2007 dan Modifikasi Tabel Untuk Keperluan Administerasi

Tabel digunakan untuk menyajikan data agar lebih jelas dan mudah dipahami. Tabel dapat dibuat dengan software ms word. Bagaimana membuatnya ? Pelajari selengkapnya di sinaukomputer.net

Inilah panduan Cara Membuat Tabel Pada Microsoft Word 2007 dan tips serta  cara memodifikasi tabel dan memanfaatkan tabel untuk berbagai macam hal. 

Tabel selain difungsikan sebagaimana mestinya dapat juga kita gunakan untuk pengatur penulisan yang membutuhkan banyak kolom. Seperti Surat Keputusan (SK), Surat Perjanjian dan lain sebagainya. 

Selamat menyimak.

Pada kesempatan yang telah lalu, kita telah belajar bagaimana membuat atau instert tabel ke dalam lembar kerja ms word ? masih ingat kan ? Lupa, bisa baca lagi di sini :

Cara Membuat Tabel Pada Ms Word 2007

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi pengalaman kepada teman - teman tentang aplikasi penggunaan tabel untuk keperluan lain. Artinya format tabel ini kita dapat menggunakanya untuk hal lain selain table sebagai fungsi aslinya.

Namun sebelumnya , tidak ada salahnya kita tahu fungsi tabel pada umumnya. 


Fungsi Tabel Pada Microsoft Word 2007


Fungsi Tabel Pada Microsoft Word  secara umum digunakan untuk membuat tabel. Tabel digunakan untuk memudahkan  kita dalam memahami sesuatu. Biasanya berupa data- data. 

Baik itu berbentuk numerik ataupun kata- kata. Selain fungsi tersebut, ternyata tabel pada microsoft woord juga dapat digunakan untuk fungsi yang lain. Apa itu ? 

Kita akan belajar bersama kali ini.
Fungsi tabel untuk membuat bagian akhir surat resmi, misalnya pada surat perjanjian. Emmmm begini contohnya.

Tabel Pada Microsoft Word 2007


Modifikasi dan Membuat Tabel Pada Microsoft Woord 2007


Sobat sekalian, pada pembahasan yang terdahulu telah dipelajari tentang sedikit pengaturan tabel secara singkat. Kali ini mari kita lanjutkan sedikit pengaturan tentang tabel. Ada beberapa seting yang cukup penting yang akan kita pelajari disini.

Membuat Shading Tabel


Blok kolom yang akan diberi shading. Kemudian klik “shading” . Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut :

Cara Membuat Tabel Pada Microsoft Word 2007


Menghilangkan atau mengatur garis pada Tabel


Langkah pertama tentukan garis mana yang akan dihilangkan. Kemudian blok sekitar garis yang akan dihilangkan, kemudian klik di “border and shading”.

Disebelah kanan terdapat preview dari tabel yang sobat blok, silahkan tambah garis atau hilangkan dengan mengklik. 

Yang dimaksud menghilangkan bukan berarti menghapus tetapi membuat garis tidak tampak. Dan apabila di print, seperti tanpa garis. Lihat pada gambar dibawah :


Cara Membuat Tabel Pada Microsoft Word 2007


Cara Membuat Tabel Pada Microsoft Word 2007

  • Disana kita bermaksud membuat garis melintang atau vertikal yang terdapat dalam tengah tabel tidak tampak.
  • Blok pada tabel (all), kemudian plih “border and shading”. Kemudian lihat preview nya, hilangkan garis vertikal yang berada ditengah. Caranya klik pada garis tersebut kemudian klik OK.

Nah silahkan sobat praktekan langsung agar lebih paham dan menguasai. Ikui langkah- langkahny. Sangat mudah dan gampang sekali untuk dipelajari. 

Sebenarnya format tabel dapat kita gunakan untuk banyak hal. Seperti pengalaman saya yang sudah saya bagi untuk temen - temen semua. Misalnya membuat format SK atau Surat Keputusan. 

Biasanya berisi banyak sekali opsi bullet atau numbering yang kadang membuat tulisan kita menjadi tidak rapi. kalopun bisa akan suah pengaturanya terutama untuk lurusnya. Kita bisa menggunakan format tersebut agar rapi.

Sekian dulu tutorial cara membuat tabel pada microsoft word 2007 dan modifikasinya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk temen - temen semua. Bila anda rasa ini juga akan bermanfaat untuk teman anda, jangan ragu - ragu untuk share ke teman anda.

Sekian dan terimakasih. 

Jangan lupa baca juga tutorial ms word lainya seperti :

Cara membuat watermark di ms word 2007
Cara membuat kop surat resmi dengan ms word 2007 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Tabel Pada Microsoft Word 2007 dan Modifikasi Tabel Untuk Keperluan Administerasi"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel