-->

Panduan Belajar Microsoft Excel 2007 Untuk Pemula

Panduan Belajar Microsoft Excel 2007 Untuk Pemula -  Belajar Microsoft Excel, perintah- perintah dasar pada Microsoft Excel 2007. 

Beberapa perntah dasar seperti penjumlahan dan perkalian. Mengenal cara membuat tabel pada Microsoft Excel 2007. Dan beberapa perintah yang lain.

Sobat komputer yang budiman dimanapun kalian berada. Semoga selalu sehat dan semangat Kita ketemu lagi bersama sinaukomputer.net. 

Seperti biasa, kita akan belajar ilmu komputer walaupun seikit, mudah- mudahan bermanfaat. Selamat menyimak Panduan Belajar Microsoft Excel 2007 Untuk Pemula

Kali ini kita akan mencoba dengan bab baru. Kita akan belajar Microsoft Excel 2007. Pada kesempatan yang lalu telah dijelaskan sedikit mengenai Microsoft Excel. Bagi yang belum baca, silahkan dibaca lagi disini !!! Pada kesempatan kali ini kita akan memulai pelajaran kita dengan mengenal fungsi dasar pada Microsoft Excel 2007.

Membuat Tabel Pada Microsoft Excel 2007


Sobat sudah mengetahui bagaimana interface atau tampilan jendela Microsoft Excel 2007 bukan ? Nah sekarang kita akan mencoba untuk membuat tabel pada Microsoft Excel. 

Karena pada bab ini, kita akan sering sekali berhubungan dengan tabel- tabel. Oke langsung saja. Kita akan membuat tabel pertambahan jumlah penduduk sebuah desa beberapa tahun terakhir.

Langkah- langkah Membuat Tabel Pada Microsoft Excel 2007.

  • Buka Jendela Microsoft Excel 2007 di komputer sobat
  • Tulislah nama- nama kolom yang akan dibuat. Ingat pada Excel satu kotak berarti satu kolom

Panduan Belajar Microsoft Excel 2007 Untuk Pemula



  • Kemudian setelah selesai, silahkan atur lebar masing- masing kolom agar seimbang dan rapi dengan cara melebarkan dan menyempitkan kolomnya.
  • Setelah itu, isikan pada kolom nomor, misalnya 1 sampai dengan 5. Dalam contoh ini saya tidak mengambil data tetapi data saya buat sendiri.

Panduan Belajar Microsoft Excel 2007 Untuk Pemula


Sekilas terlihat seperti sudah ada dalam tabel. Tetapi apabila di “Prview”  maka tidak ada garis yang ada. Nah bagaimana cara membuat garis tabel nya. Mari kita lanjutkan

  • Blok semua isi tabel termasuk yang belum diisi.
  • Kemudian klik border dan pilih All border



Nah sekarang tabel sudah berhasil dibuat. Nanti tinggal kita lengkapi kolom yang masih kosong, pertambahan/ penurunan dan prosentasi dengan menggunakan rumus sederhana.

Perintah Dasar Memasukan Rumus pada Microsoft Excel


Sobat komputer yang budiman. Mari kita lanjutkan pembahasan kita. Sekarang kita akan menghitung nilai pertambahan jumlah penduuk dari tahun ke tahun. 

Pada baris pertama pada kolom tahun. Untuk tahun 2010 berarti kita harus tahu data tahun 2009. Untuk  memudahkan kita, maka kita masukan saja untuk yang tahun 2009 nilai pertambahannya 200. Berarti disana kita masukan rumusnya sebagai berikut :

Panduan Belajar Microsoft Excel 2007 Untuk Pemula

Nilai pertambahan adalah Jumlah penduduk pada tahun 2011 dikurangi jumlah penduduk pada tahun 2010. Dan seterusnya.

Memasukan nilai prosentasi.

Untuk menghitung prosentasi, ambil dari nilai dari selisih pertambahan jumlah penduduk dari tahun pertama ke tahun berikutnya.


Panduan Belajar Microsoft Excel 2007 Untuk Pemula


Nah begitu kira- kira. Mungkin sobat yang sama sekali belum pernah menyentuh Microsoft Excel akan mengalami kesulitan. 

Tetpi apabila dibiasakan nanti sobat akan cepat memahami. Nah untuk pembukaan saya kira cukup yah. Besok kita lanjutkan dengan Panduan Belajar Microsoft Excel yang lebih tinggi lagi. Sampai jumpa !!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Belajar Microsoft Excel 2007 Untuk Pemula"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel