-->

Cara Mengetik dengan Cepat dan Tepat

Cara mengetik dengan cepat memang tidak bisa sereta merta kita lakukan ketika baru pertama kali belajar komputer. Namun demikian, hal ini dapat kita pelajari dan kita usahakan salah satunya yaitu dengan latihan. Skil mengetik dengan cepat memang penting. Terutama untuk anda yang memiliki pekerjaan berhubungan dengan ketik - mengetik. 

Kali ini, sinau komputer mencoba untuk berbagi beberapa tips bagaimana cara agar teknik mengetik kita bisa cepat dan benar. Tentu saja banyak faktor yang bisa mempengaruhinya, salah satunya jenis keyboard yang kita gunakan dalam mengetik. Dan juga penguasaan fungsi dan menu keyboard tentu juga dapat membuat kita semakin cepat dalam mengetik. 

cara mengetik dengan cepat

Apa Itu Mengetik

Mengetik dapat diartikan sebagai, menulis dengan menggunaan mesin, mesin ini dapat berupa mesin ketik manual atau juga dapat dengan komputer. Sekarang sudah bukan jaman mesin ketik, tetapi mesin ketik juga kadang masih dapat kita temukan dibeberapa tempat. Sebagian bersar sudah berindah dari manual menjadi digital yaitu komputer.

Kalau anda perhatikan, setiap orang mempunyai ciri khusus masing- masing dalam mengetik. Kebanyakan orang belum bisa mengetik dengan cara yang benar. Termasuk penulis, karena belajar dengan cara otodidak saya juga dengan seenaknya sendiri. Tetapi bagaimanakah kaidah mengetik dengan cara yang benar ? Penulis berupaya menyimpulkan beberapa hal yang dapat mengarah kepada cara mengetik dengan benar.

Tips Cara Mengetik Dengan Cepat dan Tepat


Saya akui, kemampuan menulis yang ada pada diri kami sendiri juga masih jauh dari kesan cepat, apalagi cepat dan tepat. Namun, mari kita belajar bersama - sama, bagaimana sih kita bisa mengusahakan agar kemampuan mengetik kita meningkat. 

Umumnya, mengetik dikatakan benar apabila sudah menggunakan 10 jari dengan penggunaan jari yang benar serta tepat. Saya rasa juga demikian, oleh karena itu berikut ini saya pikir tips yang bisa kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. 

# Gunakan Keyboard Yang Nyaman

Kita tidak perlu lagi membahas bagaimana cara menggunakan keyboard. Pasti anda mengerti bukan. Namun menurut pengalaman saya, kualitas, jenis dan juga kondisi keyboard sebagai alat ketik cukup menentukan bagaimana pola kita mengetik. Oleh sebab itu, tips pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan mengganti menggunakan keyboard yang nyaman. Anda bisa membelinya di toko komputer dengan berbagai macam pilihan, silahkan anda coba terlebih dulu sebelum anda membelinya. 

# Tempat Dan Posisi Duduk Anda Ketika Mengetik

Tips kedua untuk bisa mengetik dengan cepat dan tepat yaitu posisi tempat duduk dan meja komputer anda. Menurut saya, hal ini cukup penting dan menentukan karena posisi yang salah dan kurang nyaman akan membuat kita cepat lelah dan yang pastinya berpengaruh terhadap kecepatan dan ketepatan. Oleh karena itu, anda perlu mencoba - coba bagaimana posisi yang paling pas untuk anda ketika mengetik. Bila perlu anda membeli sebuah kursi hidraulik yang bisa anda atur ketinggiannya.

# Posisi Jari Tangan Yang Tepat
Belajar dari nol mungkin hal yang wajar dan biasa, namun akan sangat sulit ketika kita merubah kebiasaan yang sudah mendarah daging dalam diri kita. Ketika kita sudah terbiasa mengetik dengan posisi jari tangan yang salah bertahun - tahun, tentu akan sangat sulit mengembalikan dan memulainya kembali dengan posisi yang benar. 

Berikut ini posisi jari tangan yang benar pada saat mengetik menggunakan teknik 10 jari, mari kita cocokan dengan posisi jari kita saat mengetik sekarang ini. Dan merubahnya semampunya.

Tangan kiri :
  • Jari telunjuk pada tombol F
  • Jari tengah pada tombol D
  • Jari masin pada tombol S
  • Jari kelingking pada tombol A
Tangan Kanan :
  • Jari telunjuk pada huruf J
  • Jari tengah pada tombol K
  • Jari manis pada tombol L
  • Jari kelingkin pada tombol “titik dua”
Sedangkan jempol berada pada di posisi tombol spasi. Posisi diatas adalah posisi awal atau titik awal jari - jari kita pada keyboard. Untuk menekan huruf lain, maka digunakan jari tangan yang paling dekat dengan itu. Misalnya huruf Q, tentu saja yang benar menggunakan jari kelingking tangan kiri. Demikian juga dengan huruf P, kita gunakan kelingkin tangan kanan. Demikian seterusnya. 

# Sering Berlatih
Tips berikutnya ketika kita sudah mengerti bagaimana cara dan posisi yang benar ketika mengetik, langkah berikutnya adalah melatih diri sesering mungkin dengan menggunakan teknik yang benar. Betapapun kerasnya batu apabila terkena tetesan air terus - menerus dalam waktu yang cukup lama, pasti akan berlubang. Sama halnya dengan belajar dan merubah kebiasaan. Jika kita berniat dengan sunguh - sungguh, dan mau belajar. Pasti apa yang kita inginkan bisa terwujud. 

# Gunakan Bantuan Aplikasi Untuk Berlatih

Sebenarnya kita tidak perlu bingung dengan masalah ini. Jika anda bosan terus mengetik dan berlatih, anda bisa gunakan aplikasi belajar mengetik 10 jari menggunakan aplikasi atau software. Dengan demikian, anda seolah - olah sedang dilatih cara menggunakan keyboard dengan benar dalam mengetik. Hasilnya, anda akan terbiasa dengan hal itu dan lambat laun akan menjadi sebuah prilaku dalam mengetik dengan benar cepat dan tepat. 

Mungkin itu saja tips singkat bagaimana cara mengetik dengan cepat dan benar. Semoga tips singkat ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian, dan tetap simak terus update tips dan tutorial belajar komputer di blog sinau komputer. Selamat belajar !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengetik dengan Cepat dan Tepat"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel