-->

Cara Mengatur Startup Windows 7 Paling Mudah

Cara mengatur startup windows 7 bisa dilakukan hanya dengan beberapa langkah mudah. Anda bisa masuk ke sistem konfigurasi windows dari startup menu. Kemudian menuju tab start up untuk melakukan pengaturan dan konfigurasi yang anda inginkan. Pada kesempatan kali ini, sinaukomputer.net akan membahas tentang bagaimana setting startup pada komputer khususnya yang menggunakan windows 7.

Memang sekarang boleh dibilang bukan jamannya lagi windows 7, namun tidak bisa kita pungkiri, ternyata masih banyak yang setia dengan sistem operasi ini. Selain cara penggunanya yang mudah, sistem kerjanya cukup stabil, dan juga  merupakan peralihan dari windows versi sebelumnya. Termasuk dalam pengaturan untuk mengoptimalkan kerja windows melalui startup menu. Cara mengakses startup di windows 7 sama dengan versi sebelumnya yaitu dari menu konfigurasi. Bagaimana caranya dan untuk apa fungsinya ? kita akan simak selengkapnya sekarang.

Sebelum kita bahas caranya yang sangat mudah, tahukah anda apa itu startup ? Dan apa fungsinya ? Penulis yang belajar komputer secara otodidak memang tidak paham betul secara teori apa itu start up, namun bisa kita katakan bahwa yang dimaksud start up adalah proses saat komputer pertama kali menyala dan langsung terkoneksi dengan windows.

Ketika komputer kita menyala, ada beberapa program atau software komputer yang juga aktif secara bersamaan seperti misalnya anti virus, dan aplikasi lainnya yang memang pada saat melakukan installasi secara default akan ikut start ketika komputer masuk ke windows. Nah terkadang hal ini akan membuat kerja komputer berat, terlebih lagi apabila program sangat banyak. Bahkan terkadang bisa membuat komputer hang.

Nah salah satu teknik untuk membuat kinerja komputer menjadi lebih baik adalah dengan mengatur program – program yang seharusnya tidak ikut aktif saat komputer menyala pertama kali. Setting startup program di windows 7 yaitu dengan menonaktifkan program – program tersebut agar tidak ikut aktif ketika komputer menyala sehingga kerja komputer akan lebih ringan. Lalu bagaimana cara mengaturnya ? Berikut langkah – langkahnya.

Cara mengatur startup windows 7


Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk masuk ke menu start up adalah dari “run program” anda bisa mengaksesnya dari start menu, klik start menu kemudian anda akan melihat kolom “search program and file” yang ada di bawah all program.

Cara Mengatur Startup Windows 7

Untuk masuk ke system konfigurasi agar kita bisa mengatur aplikasi yang ada di start up, ketikkan kata “ msconfig” kemudian klik Enter. Tunggu sebntar, di layar akan muncul jendela system konfigurasi yang berisi beberapa tab, salah satunya adalah start up.

Cara Mengatur Startup Windows 7

Anda bisa melihat di dalam kotak tersebut terdapat banyak program – program komputer dimana ketika komputer anda dinyalakan maka seluruh list program yang ada di sana ikut juga aktif. Ini apabila anda mengaktifkan semua program tersebut.

Sekarang sebaliknya kita akan mengurangi beberapa program yang dianggap tidak perlu secara otomatis aktif saat komputer dinyalakan. Cara mengatur startup program di windows 7 agar tigak aktif yaitu dengan cara menghilangkan tanda centang pada aplikasi yang dimaksudkan. Dan sebaliknya, untuk mengaktifkannya kembali, beri tanda centang pada kotak tersebut.

Cara Mengatur Startup Windows 7

Setelah anda selesai mengaturnya, klik “apply” terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan klik “Ok”. Nah dengan melakukan pengaturan ini, berarti program – program tersebut tidak lagi ikut aktif saat komputer pertama kali nyala.

Cara setting startup pada windows 7 dengan software


Ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatur program start up ini, yaitu dengan software. Namun anda perlu menginstall program tersebu di komputer anda sebelum menggunakannya. Anda tahu Ccleaner ? Dengan program cleaning registry tersebut kita juga bisa mengatur start up aplikasi atau program di komputer kita.

Bagi anda yang belum memiliki program ini, anda bisa download terlebih dulu dan menginstalnya di komputer anda. Nah cara mengatur aplikasi startup di windows 7 dengan software ini sangat mudah.

1. Pertama jalankan program Ccleaner

2. Di sana terdapat banyak menu di sisi sebelah kiri, untuk mengatur start up anda klik di “Tools” kemudian lanjutkan klik “startup”

Cara Mengatur Startup Windows 7

3. Untuk menonaktifkan pilih slah satu program yang terdapat dalam list kemudian klik “disable” di sini sebelah kanan. Untuk mengaktifkan kembali juga sama, hanya yang di klik “enable”.

Cara Mengatur Startup Windows 7

Anda bebas memilih diantara dua cara tersebut. Keduanya sama – sama mudah dilakukan. Hanya saja apabila di komputer anda belum di pasang aplikasi ccleaner maka anda harus menginstall terlebih dahulu untuk bisa menggunakan cara yang kedua.


Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga apa yang sudah kita pelajari tentang cara mengatur startup windows 7 bisa bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan sampai jumpa di tutorial komputer selanjutnya, tetap di sinaukomputer.net. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatur Startup Windows 7 Paling Mudah"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel