-->

Mengenal Pengertian, Fungsi Dan Bagian - Bagian Microsoft Power Point

Microsoft Powerpoint adalah satu bagian dari software Microsoft Office yang sangat terkenal dan telah digunakan di seluruh dunia. Microsoft Office kita akui memang merupakan software yang sangat kompleks dan lengkap sebagai aplikasi perkantoran. Software ini dapat kita katakan bisa memenuhi segala tuntutan pekerjaan khususnya untuk perkantoran. Dan kita telah membahas beberapa bagian dari software ini yaitu Microsoft Word dan Excel. Sekarang kita akan mencoba membahas satu lagi yaitu power point, kita mulai dari mengenal pengertian power point.

Sekilas, memang tidak banyak yang mengenal software ini. Karena fungsinya yang cukup terbatas, yang menggunakan pun dapat kita katakan hanya orang - orang tertentu saja. Tidak semua orang menggunakannya. Mungkin anda juga tahu sekilas tentang fungsi Power Point yaitu untuk keperluan presentasi. Sebagai langkah awal kita akan belajar Software ini, mari kita bicarakan dan berkenalan dengan pengertian dan fungsi power point.

Pengertian Microsoft Power Point 


Tidak ada pengertian secara baku tentang Microsoft Power Point ini, hanya saja kita bisa simpulkan dari berbagai macam sumber yang membahas pengertian dan fungsi power point dimana Microsoft Power Point adalah sebuah softare bagian dari Microsoft Office yang berfungsi untuk kebutuhan presentasi yaitu digunakan untuk membuat aplikasi atau perangkat penunjang dalam proses presentasi.

Wujud jendela kerja Microsoft Power Point hampir sama dengan MS Word dan juga Excel karena memang masih dalam satu kesatuan. Hal ini merupakan satu keunggulan yang ditonjolkan oleh software Office ini. Dengan menguasai satu jenis software dari Microsoft Office ini, kita akan dengan mudah menguasai yang lainnya.

Sekarang kita telah tahu dan memahami sedikit lebih banyak dari sebelumnya tentang pengertian power point presentation. Yaiut sebuah software pendukung presentasi dengan bentuk slide yang bergerak dengan model animasi yang bisa kita kreasikan dan kita tentukan sendiri. Tidak hanya itu, anda bisa juga membuat sebuah vidio dari slide animasi yang kita buat di Microsoft Power Point ini. Mau tau lebih jauh ? Yuk kita lanjutkan dengan membahas fungsi dari software ini.

Fungsi Microsoft Power Point 

Sebenarnya dari pembahasan mengenai pengertian microsoft power point diatas kita sudah bisa memahami apa sebenarnya manfaat dan fungsi dari software ini. Tentu saja adalah sebagai alat yang digunakan untuk membuat presentasi, betul sekali. Namun kita bisa gali lebih jauh dan inilah beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dari software ini.
  • Membuat presentasi lebih mudah dan praktis
  • Mempercepat pekerjaan yang apabila dilakukan manual akan memakan banyak waktu
  • Membuat Vidio presentasi dengan langkah yang mudah
  • Sebagai salah satu alat atau aplikasi yang mempermudah kita dalam proses pembuatan presentasi
  • Membuat presentasi menjadi powerfull dan aplikatif 

Mungkin anda masih bisa jelaskan lebih banyak dari yang bisa saya jelaskan mengenai fungsi dan manfaat dari Software Power Point ini. Namun secara umum bisa kita katakan yang paling utama dan semua orang tau, bahwa fungsi microsoft power point adalah untuk membuat keperluan membuat presentasi yang menarik dan mudah.

Oke, sekarang kita lanjutkan lagi pembahasan kita pada kesempatan ini dengan mengenal jendela kerja Microsoft Power Point. Seperti apa tampilan dan apa saja bagian bagian power point yang perlu kita ketahui pada awal pembahasan tentang pengertian dan fungsi power point ini.

Bagian - Bagian Microsoft Power Point

Seperti yang sudah kita sedikit singgung diatas, Power Point merupakan bagian dari Microsoft Office, sehingga tampilan jendela kerjanya hampir dapat kita katakan sama seperti yang lainnya yaitu Microsoft Word dan Microsoft Excel. Coba anda lihat jendela kerja Microsoft Power Point di berikut ini.

pengertian microsoft power point

Ini adalah penampakan jendela Microsoft Power Point di Office 2010, kebetulan komputer yang saya pakai pada saat membuat tulisan ini, program MS Office yang ada hanya 2010. Tapi tenang saja, di seri yang lain tampilannya juga tidak terlalu berbeda jauh dari ini.

So, anda bisa melihat, posisi lembar kerja tetap ada di bagian tengah, hanya saja ada sedikit split karena di sebelah kiri dipakai untuk menampilkan slide yang sudah dibuat sehingga akan lebih mudah untuk melakukan editing. Akan sedikit kurang lengkap apabila setelah kita membahas habis tentang pengertian microsoft power point, kita tidak melanjutkan dengan mengenal bagian - bagiannya walaupun secara singkat.

1. Lembar Kerja Microsoft Power Point

pengertian microsoft power point

Inilah lembar kerja atau kertas kerja pada power point, sekilas kita bisa melihat "ruller" pada bagian atas dan sisi sebelah kiri seperti pada microsoft word dan excel. Nah disinilah kita akan membuat tulisan atau memasukkan gambar untuk bahan presentasi kita. Lembar kerja power point ini biasa disebut dengan slide.

2. Quick Access Toolbar

pengertian power point

Seperti kita jumpai pada lembar kerja software Microsoft Office yang lain, pada microsoft power point juga terdapat Quick Access toolbar. Anda bisa mengcustom untuk menambah atau mengurangi menu - menu yang ada di sana.

3. Tab Menu


pengertian power point

Yang ini tab menu yang ada di Microsoft Power Point, sedikit berbeda isinya kalo kita bandingkan dengan word atau excel. Semua mengacu pada fungsi masing - masing software dan kegunaanya.

4. Ribbon Menu

pengertian power point

Bagian - bagian microsoft power point selanjutnya "Ribbon Menu". Kalau kita lihat pada Home, hampir dan mirip sekali dengan Word, ada pengaturan jenis huruf, paragraf, shape dan sebagainya. Cukup bisa kita pahami fungsi tersebut karena sudah kita kenal pada microsoft word.

5. Footer Menu


Pada bagian bawah, anda akan melihat menu ini, ini berfungsi hanya untuk mengatur tampilan jendela kerja power point dan juga kita melihat ada pengaturan zoom in dan zoom out.

6. Scoll Bar dan Slide View


pengertian power point

Nah, mungkin tampilan ini yang tidak kita temukan pada microsoft Word dan Excel. Karena Power Point pada dasarnya berupa slide, jadi kita dimudahkan dengan adanya menu ini. Scorll bar untuk menuju slide yang akan kita edit misalnya, tinggal kita tarik atau scroll ke bawah.

Apa masih ada bagian - bagian microsoft Power Point yang lainnya ? Tentu saja ada, dan kita tidak bisa membahas secara detail fungsinya satu per satu karena akan sangat panjang sekali dan tentu saja akan membuat kita jenuh.

Mungkin sampai di sini dulu pembahasan kita mengenai Power Point sebagai langkah awal mengenal pengertian power point dan juga fungsi microsoft power point serta sedikit mengenal bagian - bagian microsoft Power Point. Semoga bisa bermanfaat dan kita akan masuk pada materi sinaukomputer selanjutnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Langsung ke materi selanjutnya : Cara mengoperasikan Microsoft Power Point

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Pengertian, Fungsi Dan Bagian - Bagian Microsoft Power Point"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel