-->

Cara Membuat Diagram Batang di Microsoft Word & excel

Cara membuat diagram batang tidaklah sulit karena sekarang kita bisa membuatnya dengan menggunakan komputer, jadi tidak susah – susah seperti ketika kita belajar matematika pada saat bersekolah di sekolah menengah. Sebelumnya tahukah apa definisi diagram dan untuk apa kita harus membuat diagram ? Simak penjelasannya dalam kesempatan ini tetap di sinaukomputer.net.

Diagram adalah satu bentuk penyajian data atau representasi informasi yang disajikan dalam bentuk geometri dua dimensi dengan dua jenis variable yang menyertainya. Contoh penyajian data dengan diagram diantaranya adalah data pertambahan penduduk dalam satu wilayah pada kurun waktu tertentu.

Kali ini kita akan belajar lebih lanjut bagaimana cara membuat diagram batang dengan menggunakan komputer, tepatnya menggunakan software Microsoft office word dan Microsoft Excel. Langsung saja pertama kita akan berlajar membuat diagram batang dengan Microsoft word.

Cara Membuat Diagram Batang di Microsoft Word 2007


Bagi temen – temen yang Microsoft officenya 2007 ke atas, jangan khawatir, karena cara ini juga dapat digunakan di ms word lainnya. Nah, inilah langkah – langkah cara membuat diagram batang. Perlu diketahui bahwa untuk membuat diagram yang sebenarnya kita membuatnya dalam Microsoft word, namun pada ahirnya tetap kita melibatkan Microsoft excel. Untuk lebih jelasnya kita mulai tutorial cara membuat diagram batang di Microsoft word 2007.

Baca juga : Cara membuat grafik di Microsoft Word

Sebenarnya untuk membuat diagram kita membutuhkan sebuah data. Biasanya data disajikan dalam bentuk tabel. Namun untuk kali ini kita tidak menggunakan data tersebut. Kita langsung saja mulai dari lembar kerja ms word.

Dari lembar kerja word anda, pilih tab “Insert” kemudian klik lagi pada icon chart.
Setelah kemuar kotak dialog chart, pilih jenis diagram batang dengan memilih template column.  Kemudian klik “OK”
Cara membuat diagram batang

Seketika itu juga akan muncul lembar kerja Microsoft excel dengan data default, seperti ini
Cara membuat diagram batang
Di sini kita sudah langsung diberikan data contoh dengan menggunaan beberpa variable yang berbeda. Kita cukup pilih satu saja, dua lainny  dihapus.
Cara membuat diagram batang
Gantilah data default pada table tersbut dan isi dengan data yang anda miliki sendiri. Misalkan anda memiliki sebuah data dalam bentuk table yang akan dibuat diagram batang. Setelah selesai anda bisa close jendela Microsoft excel. Sekarang diaram batang sudah selesai kita buat. 
Cara membuat diagram batang
Tinggal atur layoutnya dengan menu chart layouts pada toolbar.  Pilihlah sesuai dengan keinginan anda.
Cara membuat diagram batang
Jika layout yang anda pilih lengkap, yang menampilkan label pada sumbu mendatar dan horizontal serta judul diagram. Untuk merubahnya  anda arahkah kursor ke label yang ingin anda ubah kemudian klik kanan dan pilih “edit text”
Cara membuat diagram batang
Apabila data yang anda masukan salah, atau anda akan menambahkan data ke dalam diagram, klik kanan pada tengah diagram kemudian pilih edit data. Maka secara otomatis, file excel yang berisi data kita tadi akan muncuk dan tinggal kita sesuaikan atau tambahkan.
Untuk lebih jelas lagi, anda bisa melihat video tutorial singkat cara membuat diagram batang di Microsoft word berikut ini :



Cara Membuat Diagram Batang di Microsoft Excel


Lebih mudah lagi apabila kita akan membuat diagram batang dengan menggunakan Microsoft excel. Karena kita tidak perlu import dari software atau program lain. Seperti yang kita lakukan pada saat membuat diagram batang di word tadi.

Untuk membuat diagram batang di excel terlebih dahulu anda siapkan datanya. Biasanya berupa table sederhana. Di sini saya beri contoh table pertambahan jumlah penduduk di suatu desa dalam kurun waktu 5 tahun dimulai dari tahun 2014.
cara membuat diagram batang

Untuk membuat diagram batang, pertama tentukan bahwa prtambahan penduduk berada pada sumbu vertikal sedangkan horizontal adalah tahun. Cara membuatnya blok pada kolom jumlah penduduk dan kemudian klik insert pada toolbar menu lalu pilih column.
cara membuat diagram batang

Setelah diagram muncul, anda perlu melakukan sedikit pengaturan, pertama coba anda lihat pada sumbu horizontal (axis label). Seharusnya di sana berisi tahun dari 2014 hingga 2018.  Untuk itu perlu kita sesuaikan.  
cara membuat diagram batang
Caranya klik sekali pada diagram, kemudian pilih opsi “select data” yang ada pada toolbar menu.  
cara membuat diagram batang

Kemudian akan mucnul kotak dialog “select data source” , klik saja di tombol edit untuk mengedit axis label.
cara membuat diagram batang

Kemudian  blok kolom tahun pada table yang akan mengisikan data ke kotak “Axis label” setelah itu klik “Ok”

cara membuat diagram batang

cara membuat diagram batang

Sekarang sumbu axis sudah terisi dengan data yang benar yaitu tahun sesuai dengan table yang jadi acuan kita untuk membuat diagram batang.
Untuk melakukan pengaturan seperti memberi judul diagram, atau memberi keterangan pada axis label caranya sudah kita bahas diatas pada materi cara membuat diagram di word. Jadi saya kira tidak perlu dibahas lagi karena caranya sama persis.

Nah demikian cara membuat diagram batang di excel ataupun di Microsoft word. Saya yakin setelah melihat tutorial ini anda dapat dengan mudah membuatnya. Cukup sekian dari saya, semoga sedikit tutorial cara membuat diagram batang ini dapat bermanfaat unutk anda sekalian. Berikut saya sertakan video tutorialnya, semoga bisa lebih jelas. 


Sekian dan kita lanjutkan pada kesempatan lainnya dengan materi selanjutnya. Jangan lupa, baca juga tutorial - tutorial penting lainnya hanya di sinaukomputer.net

Baca Juga : Cara membuat Pie Chart di Microsoft Excel

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Diagram Batang di Microsoft Word & excel "

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel