-->

Cara Mengatur Magrin Kertas Pada Microsoft Word

Cara mengatur margin pada microsoft word penting untuk dipelajari, karena untuk membuat halis pekerjaan kita terlihat rapi, pengaturan margin yang tepat juga bisa membuat kita lebih hemat kertas, karena semua huruf dan kata dalam tulisan kita tersusun rapi secara maksimal. Biasanya pengaturan margin ini dilakukan karena ada beberapa factor. Pertama memang sudah ketentuan yang berlaku, seperti ketika anda menulis skripsi atau tesis untuk kuliah, maka margin tulisan biasanya telah ditentukan. Ukuran margin skripsi biasanya 4, 3, 3, 3. 

Sebenarnya cara mengatur margin khususnya pada Microsoft word amat sangat mudah, namun bagi anda yang belum bisa atau baru mulai belajar software office mungkin masih sedikit lupa – lupa ingat. Oleh karena itu, pada ksesmpatan kali ini, sinaukomputer.net ingin berbagi tutorial sederhana bagaimana cara mengatur margin kertas pada Microsoft word.

Sebelumnya apa ada yang belum tahu fungsi margin pada microsoft word ? Secara umum fungsi margin adalah mengatur jarak tulisan pada kertas ke sisi atas, bawah, kanan dan kiri ujung kertas. Jadi mudahnya, jarak dari tepi kertas ke sisi tulisan yang kita buat.

cara mengatur margin pada microsoft word

Oke, tidak perlu terlalu jauh, kita langsung saja mulai tutorial langkah langkah mengatur margin kertas  atau cara mengatur margin pada Microsoft word 2010. Anda yang menggunakan office 2007 atau seri yang lainnya tidak perlu khawatir, karena pengaturannya sama.

Cara mengatur margin pada microsoft word 2010


Pertama buka lembar kerja anda yang ada di Microsoft word, baik yang sudah anda selesaikan atau lembar kerja kosong tidak masalah. Di sini saya ilustrasikan dengan lembar kerja yang telah berisi tulisan untuk melihat efek dari pengaturan margin yang kita lakukan.
Dari lembar kerja klik “page setupe”  pada toolbar menu, kemudian pilih “margin”

cara mengatur margin pada microsoft word
Nah, dalam software ini telah disiapkan beberapa pengaturan margin default dari Microsoft word. Sebenarnya anda telah dimudahkan karena tinggal sekali klik. Maka jika anda cukup dengan menggunakan ukuran margin yang telah tersedia, maka cukup klik di slah satu ukuran yang tersedia.
cara mengatur margin pada microsoft word

Dalam menu tersebut juga telah ditampilkan ukuran untuk masing – masing sisinya, Top (atas), Bottom (bawah), Right (kanan), Left (kiri).

Untuk anda yang menginginkan margin dengan ukuran tersediri yang kebetulan tidak terdapat di sana, anda bisa mengaturnya sendiri. Berikut cara mengatur margin sesuai keinginan.

Dari menu margin tadi klik di “Custom Margin”
Kemudian anda tinggal mengatur nilai – nilai pada kotak, top, bottom, right dan left dengan meng klik akan panah keatas untuk menambah, dan anak panah ke bawah untuk mengurangi, atau anda langsung saja masukan angka secara langsung sesuai ukuran yang anda inginkan.
Setelah selesai klik “Ok”

Dengan begitu margin tulisan anda telah diatur atau diseting sesuai dengan keinginan anda atau sesuai dengan aturan yang ditentukan. Tidak sulit kan, dan saya yakin anda yang belum bisa langsung bisa mempraktekannya setelah membaca tutorial ini. Untuk lebih jelasnya lagi anda bisa lihat video singkat pengaruran margin pada ms word berikut ini.


Biasanya, pengaturan margin didahului dengan pengaturan jenis dan ukuran kertas. Bagi anda yang belum bisa melakukannya, bisa baca tutorial sebelumnya :


Demikian saja sedikit tutorial tentang cara mengatur margin pada microsoft word pada kesempatan kali ini. Semoga bisa menambah sedikit ilmu untuk anda yang sedang belajar office word. Sekian dan jangan lupa baca juga tutorial Microsoft word lainnya hanya di sinaukomputer.net.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatur Magrin Kertas Pada Microsoft Word"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel