17 Oct 2017

Kode Error Printer Canon MP287 dan Cara Mengatasinya

Penggunaan printer tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat di zaman modern seperti sekarang. Seperti printer Canon banyak dibutuhkan untuk mencetak mulai dari naskah hingga foto. Namun beberapa pengguna printer terkadang menghadapi kesulitan saat muncul kode error printer Canon, apalagi kode error tersebut muncul dengan bahasa Inggris. 

Tidak perlu buru-buru ke tempat servis atau pun merasa panik, karena beberapa kode error yang muncul biasanya dapat ditangani sendiri dengan mudah. Saat ada permasalahan pada hardware atau sistem kerja printer, lampu LED akan berkedip beberapa kali dengan warna orange. Kemudian disusul dengan munculnya kode error di monitor komputer. Seperti beberapa kode error pada model printer Canon MP287 dan Canon pixma MP237 berikut.

Beberapa kode error yang biasanya muncul pada model MP287 diawali dengan huruf E atau P. Untuk kode error printer Canon MP287 diawali huruf E biasanya ada kesalahan pada pemasangan pendukung printer seperti kertas dan tinta. Sedangkan kode P biasanya menandakan adanya masalah pada power atau bagian dalam mesin printer. 
kode error printer Canon MP287

Kode Error pada Printer Canon dan Cara Mengatasinya

Berikut beberapa kode yang muncul pada model MP287 dan cara mengatasinya.

1. Eror Kode E02 dan E03 

Kode seperti tersebutmerupakan beberapa kode error yang mengindikasikan adanya permasalahan pada pemasangan kertas atau pun pada roll printer untuk tempat kertas. Cara mengatasi kode error tersebut, adalah dengan memperbaiki posisi kertas dan memastikan tidak ada kertas rusak atau benda lain yang menghalangi roll printer.

2. Kode E04, E05, dan E07 

Berikutnya kode E04, E05, dan E07, biasanya merupakan kode error yang berhubungan pada cartridge. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan cartridge untuk kemudian dipasang ulang. Pastikan posisi pemasangannya benar, apabila tidak berhasil kemungkinan Anda perlu mengganti cartridge lama dengan yang baru.

3. Kode E08, E13, dan E16 

adalah kode error pada printer canon MP287 yang berkaitan dengan ink atau tinta. Kemungkinan permasalahannya adalah tinta yang akan habis. Mengatasinya dengan menekan tombol stop atau resume hingga display indikator menunjukkan angka 1. 

4. Kode Dengan Indikator Huruf "P"
  • P02 - Ini berarti ada permasalahan di carriage, Anda bisa mengecek roll printer dan membersihkan encoder.
  • P03 atau line feed error mengatasinya dapat dengan cek sensor untuk timing disk atau dengan membersihkan bagian main board yang mungkin berdebu.
  • P05 artinya ada kerusakan pada ASF sensor, perbaikannya dengan mengganti salah satu part seperti ASF unit, board, atau motor printer.
  • P06 berarti temperatur printer terlalu panas, solusinya dapat dengan membersihkan bagian mesin atau mengganti board jika masih muncul kode error tersebut.
  • P07 dan muncul keterangan ink absorber full. Apabila muncul kode error tersebut solusinya adalah dengan mereset printer Anda melalui menu maintenance yang ada di perangkat komputer.
  • P08 berarti temperatur terlalu panas dan cara mengatasinya adalah dengan mengganti cartridge warna printer.
  • P09 berarti ada permasalahan di EEPROM board, solusinya dengan mengganti board tersebut dengan yang baru.
  • P10 merupakan kode error untuk permasalahan pada bagian dalam printer. Cara mengatasinya adalah dengan mematikan secara total atau dengan melakukan servis printer,
  • P15 akan muncul sebagai kode error yang menandakan USB sudah over current atau Anda perlu mengganti kabel USB printer. Jika tetap tidak berhasil, berarti Anda perlu mengganti board dengan yang baru.
  • P20 merupakan kode error yang akan muncul jika ada kerusakan pada hardware, dan cara mengatasinya tentu dengan mengganti main board atau hardware printer.
  • P22 artinya scanner pada printer Anda tidak berfungsi, untuk mengatasinya adalah dengan mengganti scanner atau board. 
Selain MP287, model printer canon lain seperti MP237 juga mempunyai beberapa kode error sebagai pemberi tahu adanya permasalahan. Printer yang memiliki multifungsi ini merupakan salah satu model yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Biasanya untuk kode error printer Canon MP237 dibarengi dengan lampu LED yang berkedip beberapa kali. Berikut adalah beberapa kode error pada MP237 dan solusinya.

1.Eror 1000 dengan keterangan printer is out paper atau paper does not feed. 

Kode error ini biasnya dibarengi dengan blinking sebanyak 2 kali. Solusi apabila muncul kode error ini adalah dengan memasukan kertas dan kemudian menekan tombol Black atau Color.

2. Error 1300 paper jammed dengan blinking 3 kali.

Kode seperti ini biasanya terjadi karena adanya penghalang di bagian roll printer yang perlu Anda keluarkan. Solusinya, lihat di bagian roll apakah ada kertas yang terselip atau hal yang lainnya sehingga printer tidak bisa menarik kertas.

3. Error 1401 

Eror dengan indikator angka tersebut pada Canon MP237 sama seperti error 1403 atau 1485 dengan keterangan the fine cartridge is not installed properly. Hal ini biasanya terjadi karena ada permasalahan di bagian cartridge. Cara mengatasi jika muncul kode ini adalah dengan melepas cartridge dan kemudian dipasang kembali. Apabila belum berhasil coba dengan membersihkan bagian sensor menggunakan bahan yang lembut seperti tisu.

4. Error 1682 dengan blinking 15 kali 

Artinya ada permasalahan di cartridge. Solusi pertama adalah dengan melepas dan membersihkan cartridge tersebut terutama di bagian sensornya harus dipastikan bersih. Selain karena kotor, kode error ini mungkin muncul karena cartridge Anda sudah rusak dan perlu diganti yang baru.

5. Error 1684 dan blinking 4 kali 

Kondisi seperti ini hampir sama dengan kondisi error 1401. Anda dapat mencoba menggunakan cara yang sama dan jika belum berhasil, kemungkinan cartridge sudah perlu diganti karena mungkin rusak berat.

6. Kode error 1688 printer Canon MP237 dengan blink 16 kali 

Kode 1688 cukup mudah dikenali, hal ini biasanya karena tidak ada tinta yang di dalam wadah tinta, tinta kosong atau akan habis. Solusinya tentu dengan mengisi ulang tinta. Apabila kode tersebut muncul tetapi tinta baru diisi, coba dengan menekan tombol stop atau reset selama 6 detik.

7. Error 1700 disertai blinking 8 kali 

Eror dengan kode tersebut biasanya disertai dengan keterangan ink absorber is almost full mengindikasikan bahwa penyerap tinta printer Anda hampir penuh. Cara mengatasi permasalahan ini dengan melakukan head cleaning yang ada di perangkat komputer tepatnya di menu maintenance printer.

8. Kode error 5100 printer Canon MP237 yang dibarengi blinking 2 kali 

Bila printer canon anda mengalami hal seperti itu, berarti ada kertas rusak yang menyangkut di bagian roll printer. Cara mengatasinya hanya dengan mengeluarkan kertas rusak tersebut agar tidak menghalangi jalannya kertas dalam mencetak nanti.

9. Error B200 disertai blinking 10 kali 

Kalau Eror dengan kode B200, hal ini menjadi indikasi bahwa printer Anda perlu direset secara total. Caranya dengan mematikan printer dan mencabut seluruh kabel yang ada di printer. Biarkan printer mati tanpa ada aliran listrik selama 1 jam. Setelah itu coba nyalakan kembali printer Anda.

10. Muncul kode error dengan awal angka 5 atau 6 

Hal seperti ini biasanya dapat diatasi dengan mengistirahatkan printer secara total. Seperti kode error 5200, 5700, 6933, 6940, dan 6945 juga ditangani dengan cara yang sama yakni mematikan printer untuk beberapa menit dan kemudian menyalakan ulang.

Selain permasalahan melalui kode error, ada pula permasalahan yang sering muncul seperti black ink yang berkedip. Cara mengatasi printer Canon MP237 black ink berkedip adalah melalui test print. Sambil melakukan test print, Anda perlu menekan tombol stop/ reset dan tombol black dan tahan 5 detik. Jika tidak berhasil, diamkan sejenak dan coba ulangi langkah tadi.

Baca Juga : 
Demikian beberapa informasi yang bisa saya sampaikan mengenai kode error Printer Canon yang sering muncul beserta beberapa alternatif  cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat. Ikuti terus update artikel - artikel seputar belajar komputer, tips dan trik komputer, printer dan teknologi lainnya.

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih
EmoticonEmoticon