29 Aug 2018

Cara Memperbaiki Beberapa Eror Printer Canon ip2770

Printer adalah salah satu perangkat keras pendukung komputer yang dipakai untuk mencetak dokumen atau foto. Untuk para pelajar dan orang kantoran, piranti ini menjadi sangat penting keberadaannya. Adalah printer canon ip2770 yang banyak dipakai sebagai standar printer yang berkualitas bagus. Namun, sebaik apapun barang bukan berarti ia tidak boleh mengalami permasalahan dan kerusakan.

Permasalahan printer terkadang bisa menjadi sangat menjengkelkan. Terutama, jika pada saat tersebut memang sedang sangat dibutuhkan, baik itu untuk urusan pekerjaan, tugas sekolah, atau bahkan skripsi. Semua bisa jadi berantakan. Terlebih dengan ditambah ketidaktahuan cara memperbaikinya. Baiklah, pada penjelasan kali ini akan dibahas mengenai cara memperbaiki printer canon ip2770.

Cara Mengatasi Eror Printer Canon ip2770



Di bawah ini akan diuraikan tentang berbagai cara untuk memperbaiki error atau permasalahan printer canon ip2770 yang sering terjadi. Untuk lebih lengkapnya, simak saja penjelasannya berikut ini!

1. Printer Canon ip2770 Lampu Kuning Berkedip 5 Kali

Setelah diteliti dan diperbaiki oleh teknisi printer, ternyata apabila lampu printer menyala sebanyak lima kali, itu mengindikasikan bahwa ada masalah dengan cartridge-nya. Biasanya tanda ini berakhir dengan kedipan warna hijau satu kali setelahnya. Bagaimana cara memperbaikinya?

Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah, buka mesin printer dan keluarkanlah cartridgenya. Jika cartridge sulit untuk diambil, tariklah dengan hati – hati agar tidak merusak bagian yang lain. Pakailah tisu muka untuk membersihkan chip cartridge. Jika sulit untuk menghilangkan kotoran sampai bersih, Anda bisa gunakan penghapus karet. Jika sudah selesai, kembalikan cartridge di tempat semula dengan benar. 

Jika sudah selesai, lakukan test apakah printer dapat bekerja dengan normal kembali. Apabila masih tidak bisa, cobalah cara resetter. Pada printer Canon ip2770, untuk meresetnya harus dengan software. Buka browser dan ketikkan “resetter printer canon ip2770”, setelah itu buka situs dan ikuti petunjuknya. Sebagai catatan, pastikan komputer Anda terlindungi dengan baik supaya virus komputer dan malware tidak merusak data Anda.

Sebetulnya resetter tidak begitu direkomendasikan karena menggunakan perangkat lunak pihak ketiga yang kurang terpercaya. Jika Anda tidak mau ambil pusing, ganti dengan cartridge yang baru saja. 

2. Printer Canon ip2770 Lampu Orange Berkedip

Masalah kedipan lampu berwarna orange ini sering kali ditemukan. Untuk mengatasinya sangat mudah. Pertama press tombol resume beberapa saat atau kurang lebih 2 – 3 detik, tunggu hingga lampu indikator yang berwarna hijau menyala. Setelah itu lepaskan. Lakukan setidaknya dua kali. Untuk mengetesnya apakah cara ini bekerja, cobalah untuk mencetak satu lembar dokumen. 

Bagaimana jika tidak terjadi apapun dan masih dalam kondisi yang sama? Bagaimana cara memperbaiki printer canon ip2770 lampu kedap kedip? Temukan akar permasalahannya, caranya hitung berapa kali kedipan lampu orange pada printer Anda. Dengan begitu Anda bisa menentukan apa yang selanjutnya akan dilakukan.

Jika lampu orange berkedip lima kali, maka bagian catridge Anda yang bermasalah bisa saja mengalami kerusakan. Untuk memperbaikinya, silakan untuk mengganti dengan ctridge baru. Jika kedipan lampu orange ada tujuh kali, maka catridge tinta warna Anda lah yang rusak, Anda bisa mengganti dengan catridge baru atau coba untuk Anda bersihkan terlebih dahulu.


Apabila lampu orange printer berkedip delapan kali, artinya wadah tinta printer Anda terlalu penuh. Untuk itu, jangan mengisi tinta terlalu penuh apalagi intensitas penggunaannya sedikit. Jika lampu orange berkedip empat kali, artinya printer Anda harus direset ulang dengan program atau aplikasi. Mereset ulang juga bisa anda gunakan untuk mengatasi printer Canon ip2770 berkedip 3 kali.

3. Lampu Printer Canon ip2770 berkedip bergantian?

Jika printer canon Anda ngadat seperti ini, jangan panik. Pertama – tama pastikan bahwa printer Anda dalam keadaan mati. Tekan tomobol resume, tahan beberpa detik, dan lepaskan. Lakukan langkah ini selama paling tidak 6 kali. Pada penahanan tonmbol resume terakhir, barengilah dengan pencetan tombol lampu hijau lalu lepaskan bersama – sama. Selesai, Ceklah apakah Anda sudah berhasil memperbaikinya. 

4. Printer canon ip2770 error lampu orang nyala terus menerus

Selain berkedip bergantian, ternyata saat error printer canon ip2770 bisa juga memberikan tanda lampu orange menyala terus menerus. Hal ini menandakan bahwa catridge warna sedang bermasalah. Cobalah untuk terlebih dahulu melakukan langkah seperti akan mencetak dokumen satu lembat seperti biasa. Maka lampu yang menyala terus menerus tersebut akan berubah menjadi menyala sebanyak 16 kali.

Untuk mengatasinya, tekan tombol resume sampai lampu hijau menyala dan berkedip dan lepaskan tekan Anda. Lakukan selama beberapa kali, jika sudah berhasil maka dokumen yang tadinya akan Anda cetak akan langsung keluar dari printer tersebut.

5. Memperbaiki Printer Canon ip2770 error 5600?

Printer canon ip2770 error 5600 dapat diperbaiki dengan membersihkan cartridge-nya. Bagian ini memang rawan sekali. Terutama bila Anda menggunakan tinta yang berkualitas rendah atau yang mengandung alkohol. Kusus untuk kode 5600 ini memberikan tanda yang mengarah pada catridge warna yang bermasalah. Apabila setelah dibersihkan masih juga error, maka sebaiknya Anda ganti dengan caridge warna baru.

6. Cara memperbaiki printer canon ip2770 error 5100

Hal ini biasanya bisa terjadi dikarenakan gerak mekanik didalamnya sedang mengalami hambatan. Untuk itu, ceklah di beberapa bagian printer. Misalnya, cek pada bagian selang apakah ada yang tertindih sehingga menyebabkan kinerjanya terganggu, lalu lihatlah pada mesin mekaniknya apakah ada yang patah atau mengalami gangguan misalnya ada benda yang masuk maka buanglah. Setelah itu printer akan normal kembali.

7. Tinta Printer Canon ip2770 tidak keluar 

Permasalahan mengenai tinta printer canon ip2770 tidak keluar memang kerap terjadi. Ini bisa disebabkan dari mesinnya, atau mungkin cara penggunaannya yang masih belum benar. Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi. Hal yang paling sering adalah karena lupa mengisi ulang tinta, untuk itu segeralah mengisinya supaya Anda bisa mencetak dokumen Anda kembali.

Jika bukan dikarenakan tinta habis, mungkin Anda harus membersihkannya dengan cara melakukan deep cleaning. Pertama buka aplikasi bawaan printer canon ip2770, pilih Start lalu pilih Devices and Printer. Kemudian pilih Printing Preferences. Akan tampil beberapa pilihan maintenance yang bisa Anda gunakan, untuk hal ini pilih Cleaning / Deep Cleaning. Untuk memaksimalkan jangan hanya melakukannya satu kali. 

Hal lain yang bisa menyebabkan hal ini adalah karena ada sumbatan pada kepala catridge. Permasalahan ini akan timbul jika printer sudah tidak dipakai dalam jangka waktu yang sangat lama, sehingga tintanya mengering dan membuat bagian head catridge tersumbat. Ambil head catridge dan bersihkan dengan air hangat. Setelah itu lap dengan tisu sampai benar – benar kering. Pasang kembali dan cobalah!

8. Kertas tidak mau masuk 

Maksudnya disini masuk adalah printer tidak mau menarik kertas untuk pencetakan. Biasanya akar permasalahannya terletak pada rolling printer. Jika Anda ingin cara paling mudah, ganti saja dengan roll printer yang baru. Akan tetapi jika Anda ingin memperbaikinya mungkin saja bisa. Caranya ambilah roller beserta karetnya dan lilitkan selotip dua kali, lalu pasang kembali. Test-lah jika sudah selesai.

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih
EmoticonEmoticon