1 Oct 2018

Cara Mudah Reset Printer Canon Ip2770 Cukup Hitungan Detik

Printer IP2770 dikenal sebagai printer sejuta umat karena kebanyakan orang memilih printer ini baik untuk kebutuhan rumah maupun kantor. Selain karena harga yang cukup terjangkau, printer dari Canon ini memang mempunyai kualitas yang cukup baik untuk pemakaian sehari-hari. Bahkan tidak hanya itu, ternyata proses maintenance dan trouble shootingnya pun cukup mudah. Hingga cara reset printer Canon IP2770 ini pun bisa kita pelajari sendiri. 

Belum selesai sampai di situ, kemudahan trouble shooting tersebut bisa kita lihat dari banyaknya sumber yang telah mengulas bagaimana cara memperbaiki printer canon dengan berbagai ciri atau tanda – tandanya. Namun demikian, terkdang reset printer sering ditempuh untuk mengatasi permasalahan printer yang kurang spesifik atau user belum mengetahui persis solusinya. 

Lalu, apakah sebenarnya yang biasa menjadi penyebab printer harus direset ? Ada berbagai masalah yang mungkin saja ada pada printer Canon Anda. Indikasi printer eror bisa kita lihat dari lampu LED menyala secara bergantian atau blinking. Sealain itu ada beberapa penyebab yang bisa jadi membuat printer canon kita perlu direset. 

1. Printer Bekerja Terlalu Keras 

Setiap jenis printer, termasuk Canon IP2770 mempunyai kapasitas untuk sekali cetak. Idealnya printer digunakan untuk mencetak tidak lebih dari 50 lembar untuk sekali pencetakan. Apabila Anda memaksakan untuk mencetak lebih dari jumlah tersebut, printer akan kelelahan dan perlu direset. Oleh sebab itu perlu kiranya anda mengetahui spesifikasi printer canon ip2770 sebelum memilih printer ini.

2. Terjadi Masalah Pencetakan 

Salah satu masalah pencetakan yang sering terjadi adalah kertas yang tergulung. Jika Anda menempatkan kertas pada posisi yang kurang tepat, kemungkinan kertas tersebut akan macet selama proses pencetakan. Alhasil, printer berhenti mencetak dan lampu indikator reset akan menyala. 

Cara Mereset Printer Canon ip2770 Dengan Mudah 


Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa printer membutuhkan reset, kini saatnya untuk mengetahui langkah-langkah tepat mereset printer Canon IP2770. Pada dasarnya mereset printer terbagi menjadi 2 cara, yaitu manual dan menggunakan software. 

Pada penanganan pertama, disarankan untuk melakukan reset manual terlebih dahulu. Apabila printer tetap tidak mau bekerja meskipun sudah direset secara manual, Anda perlu menempuh jalan yang kedua yaitu menggunakan software resetter. 

Cara Reset Printer Canon ip2770 Manual 

reset printer canon ip2770

Reset manual yang dimaksud di sini adalah tanpa menggunakan bantuan software. Hal ini menandakan bahwa printer canon ip2770 memang dibekali dengan berbagai macam pengaturan tanpa menyentuh software. Berikut ini langkah – langkah reset printer canon manual 
  • Jika printer masih dalam keadaan hidup, tekan tombol off untuk mematikan. 
  • Tanpa mencabut kabel power listrik, tekan tombol Resume selama 2 detik.
  • Sambil menekan tombol resume, ikuti dengan menekan tombol power hingga printer menyala kembali. 
  • Lepaskan tombol Resume tanpa melepas tombol power. 
  • Masih tetap menekan tombol power, tekan tombol Resume sebanyak 3 kali. LED orange dan hijau akan menyala secara bergantian, dengan warna orange sebagai nyala terakhir. 
  • Lepaskan tombol secara bersamaan. 
  • Anda akan melihat LED hijau kembali menyala. 
Setelah melakukan proses reset, laptop atau komputer Anda akan mendeteksi perangkat baru. Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini dan abaikan saja. Printer Canon IP2770 Anda berada dalam Service Mode dan siap untuk diatur ulang. 

Cara Reset Printer ip2770 Canon Dengan Software 


Demikian tadi cara mereset printer Canon secara manual. Jika beberapa langkah tersebut tidak efektif untuk memulihkan kinerja printer, Anda perlu beralih ke opsi kedua yaitu mereset printer menggunakan software. Untuk mereset dengan cara ini, Anda membutuhkan software resetter Canon IP2770. Pastikan software tersebut sudah terinstall di komputer Anda sebelum memulai proses reset. 

Cara mereset printer menggunakan software terbilang cepat dan mudah. Jika Anda belum mempunyai software resetter, ikuti langkah-langkah berikut ini: 
  1. Download software resetter untuk Canon IP2770. 
  2. Extract software yang telah didownload pada folder yang diinginkan. 
  3. Anda juga perlu menyiapkan 2 lembar kertas dan pasang pada tatakan printer. Kertas tersebut akan digunakan untuk proses pencetakan saat melakukan reset printer. 
  4. Buka software resetter. 
  5. Pilih tombol Main. Setelah itu, biasanya printer akan bekerja dan mencetak 1 halaman bertuliskan D=000.0. 
  6. Setelah selesai, tekan tombol EEPROM Clear yang diikuti dengan menekan tombol EEPROM.
  7. Printer akan melakukan proses pencetakan yang kedua. Pada halaman tersebut Anda bisa melihat hasil cetakan berupa kode-kode. 
  8. Jika telah selesai mencetak, maka printer telah selesai direset. 
  9. Matikan printer dan hidupkan kembali, printer sudah siap untuk digunakan. 
Memang selalu ada solusi yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki printer. Apa lagi jenis printer Canon ip2770 yang termasuk jenis printer yang mudah perawatan dan juga perbaikannya. Terlepas dari semua itu, ada pepatah mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jadi merawat printer dengan sebaik – baiknya, menggunakannya dengan benar lebih baik daripada memperbaiki printer yang rusak karena pemakaian kita yang kurang tepat. Sekian, semoga bermanfaat !

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih
EmoticonEmoticon