20 Jan 2018

Jenis - Jenis Printer Lengkap Dengan Penjelasan Dan Kelebihannya

Printer merupakan salah satu perangkat yang sekarang banyak dibutuhkan. Printer sangat membantu keperluan mencetak untuk berbagai media cetak. Jenis - jenis printerpun semakin beragam. Mulai dari printer biasa hingga printer yang menggunakan teknologi terbaru. Printer model lama masih digunakan, namun tidak sebanyak penggunaan printer model baru. Selain itu, printer juga tersedia dalam printer biasa untuk cetak dokumen dan printer khusus untuk media cetak tertentu. Seperti beberapa jenis printer berikut ini.

Munculnya teknologi printer, membuat pencetakan dokumen menjadi lebih efisien dan berkualitas. Bukan hanya dokumen, beberapa jenis printer pun bisa digunakan untuk mencetak pada media selain kertas. Pada kesempatan kali ini, sinaukomputer secara khusus akan menjelaskan tentang beberapa mcam jenis printer yang digunakan hingga saat ini. Berikut informasi selengkapnya.

Jenis - Jenis Printer Dan Penjelasannya Lengkap Dengan Perbedaan Serta Kelebihannya

Sudah kita ketahui bersama, berbagai macam model printer dibuat dengan tujuan semakin memudahkan dan mempersingkat kerja kita. Inilah beberapa jenis printer yang dimaksud :

1. Printer dot matrix

jenis - jenis printer

Terdapat jenis - jenis printer dengan beragam model. Salah satunya adalah printer dot matrix. Printer jenis ini masih digunakan dan merupakan salah satu primadona sampai sekarang. Cara kerja dari jenis printer yang satu ini seperti namanya dot matrix, atau berupa titik. Dalam mencetak dokumen, printer ini bekerja dengan menyatukan titik-titik seperti kerja mesin ketik. 

Terdapat cartridgeyang nanti akan ditekan dan menghasilkan titik pada kertas. Printer dot matrix termasuk dalam jenis printer generasi pertama. Dibandingkan sekarang, tentu saja jenis printer sudah ketinggalan.Teknologi lama dalam printer dot matrix berbeda dengan printer-printer keluaran sekarang.

Walaupun printer dot matrix merupakan teknologi lama, masih ada orang-orang yang lebih suka menggunakan printer ini. Jenis jenis printer dan fungsinya tentu berbeda. Printer ini bisa berfungsi untuk mencetak dalam ukuran kertas yang lebih beragam.Tentunya ini menjadi salah satu keunggulan dari printer dot matrix. 

Harga cartridge untuk printer ini juga lebih murah atau terjangkau. Selain lebih ekonomis, printer ini juga bisa mencetak hingga 3 sampai 4 lapis kertas. Hal tersebut karena pada printer dot matrix menggunakan pita yang mencetak lebih tebal. Keunggulan ini sering dimanfaatkan untuk mencetak dokumen-dokumen salinan atau yang menggunakan karbon. Printer model lama ini cukup berbeda dengan printer-printer sekarang. Seperti menggunakan kabel dan port lama. Untuk pilihan warna, bisa menggunakan warna merah, biru, dan hitam.

Lihat juga : Sejarah printer dan perkembangannya hingga sekarang

2. Printer ink jet atau bubble jet

jenis - jenis printer

Generasi selanjutnya setelah printer dot matrix adalah jenis - jenis printerjet. Printer desk jet, ink jet, atau bubble jet tidak menggunakan cartridge seperti pada dot matrix. Jenis printer ink jet atau bubble jet memakai tinta sebagai alat cetaknya. Printer model ini merupakan yang paling banyak digunakan sekarang. Baik printer desk jet, ink jet, atau pun bubble jet tidak terlalu berbeda. 

Hanya saja penyebutan yang tidak sama dari tiga printer tersebut. Tiga model ini sama-sama memiliki kemampuan mencetak yang relatif cepat. Dibanding model dot matrix, printer jet ini bisa mencetak dokumen dengan warna lebih bagus. Namun untuk hasil yang bagus, perlu berhati-hati memilih tinta karena banyak tinta palsu yang beredar.

Printer ink jet, desk jet, atau bubble jet termasuk ekonomis dan juga tidak membutuhkan perawatan khusus. Perawatan printer ini mudah, seperti halnya dalam mengisi ulang tinta printer. Setiap jenis jenis printer dan cara kerjanya tidak lah sama. Berbeda dengan dot matrix yang menggunakan kabel dengan port model lama. 

Jenis printer ink jet, desk jet, atau bubble jet ini sudah memiliki port USB. Jadi lebih praktis dan mudah dalam melakukan instalasi atau pun mencetak dokumen. Printer model ini pun bisa digunakan untuk mencetak dokumen berwarna hingga mencetak sebuah foto. PPM serta DPI pada printer jet pun lebih baik dari printer dot matrix.

Lihat juga : Spesifikasi printer Ink Jet Canon Ip2770 lengkap

3. Printer laser jet


jenis - jenis printer
Sudah terlihat dari namanya, laser jet. Printer dengan teknologi terbaik ini mampu mencetak dokumen dengan sangat cepat. Jauh lebih baik dari jenis - jenis printer sebelumnya, dot matrix, ink jet, atau pun bubble jet. Printer laser jet merupakan printer dengan kemampuan mencetak paling cepat dibandingkan dengan jenis printer yang lain. 

Cara kerja printer laser jet juga tidak sama dengan keluaran sebelumnya yang menggunakan cartridge atau tinta. Printer laser jet menggunakan bubuk toner untuk pewarna atau pencetak dokumennya. Printer laser jet tersedia dalam beberapa ukuran, dari yang kecil hingga ukuran yang besar. Printer laser jet ini sangat cocok untuk penggunaan di kantor yang memerlukan mesin dengan kemampuan cetak yang cepat.

Ada banyak jenis-jenis printer dan gambarnya yang bertebaran di internet. Anda bisa melihat desain dari jenis printer laser jet. Berbagai perusahaan elektronik pun banyak yang membuat jenis printer ini. Keunggulan yang dimiliki dibanding printer lain adalah DPI dan PPM yang lebih baik. Selain itu, dapat mencetak dalam berbagai ukuran kertas. 

Dibandingkan model lama, jenis printer ini bisa menggunakan kertas dengan ukuran yang lebih bervariasi. Keunggulan lain yang dimiliki printer laser jet adalah kemampuannya. Bukan hanya sebagai mesin cetak dokumen saja, printer laser jet juga memiliki fungsi sebagai mesin fotokopi atau pun untuk scanning.Memang tidak semua, namun beberapa produsen printer membuat printer laser jet yang digabung dengan fungsi-fungsi tersebut.

4. Printer thermal


jenis - jenis printer

Selanjutnya ada jenis mesin cetak atau printer yang disebut printer thermal. Cukup berbeda dengan penggunaan pada jenis - jenis printerpada umumnya. Printer thermal lebih banyak digunakan untuk mencetak nota berukuran kecil bukan dokumen naskah seperti printer lain. Printer thermal juga sering disebut sebagai pos printer. 

Cara kerja dari printer unik adalah menggunakan panas untuk bisa mencetak. Berbeda pula dengan printer dot matrix yang menggunakan pin, karena printer thermal tidak memakai pin. Bekerja dengan teknologi panas membuat printer yang satu ini tidak berisik bahkan tidak mengeluarkan suara saat mencetak.

Dilihat dari ukurannya, printer thermal memiliki keunggulan yakni lebih praktis dan tidak terlalu memakan tempat.Untukjenisjenis printer danpenjelasannyaterkait keunggulan yang dimiliki, printer thermal lebih tajam dalam mencetak. Printer thermal banyak digunakan seperti untuk mesin ATM, mesin EDC, mesin antrean, untuk karcis parkir, hingga nota pembelian pada mesin-mesin kasir. 

Jenis printer yang satu ini juga tidak menggunakan kertas biasa. Untuk kertas yang digunakan adalah kertas nota khusus yang lebih kecil dan memiliki permukaan yang lebih licin. Kertasnya langsung dimasukan ke dalam mesin sehingga terlihat lebih rapi dan tidak memakan banyak tempat. Keunggulan lain yang dimiliki printer thermal adalah kemampuannya dalam mencetak. Hampir sama seperti printer laser jet, printer thermal sangat cepat dalam mencetak dokumen.

5. Direct to garment printer




Kebutuhan mencetak bukan hanya untuk dokumen saja. Kini printer juga banyak dibutuhkan untuk mencetak berbagai jenis objek. Seperti pada industri garmen yang menggunakan printer DTG atau direct garment printer. Jenis - jenis printer yang digunakan di industri tekstil. Khusus printer yang satu ini, bukan naskah atau dokumen yang dicetak. 

Printer DTG cenderung lebih banyak digunakan untuk mencetak sebuah gambar atau desain. Bahan untuk dicetak tentu saja juga bukan kertas. Printer DTG ini banyak digunakan untuk mencetak sebuah pola untuk kain, atau bahan-bahan tekstil lainnya. Printer juga memiliki cara kerja yang berbeda dengan printer biasa. Warna yang dihasilkan juga lebih beragam.

Keunggulan dari direct to garment printer atau DTG ini adalah bisa membantu meningkatkan jumlah produksi pada industri garmen. Warna yang dihasilkan pun cukup bagus dan memiliki daya serap warna yang lebih baik. Jenis-jenis printer dan perbedaannya pada hasilnya memang tergantung printer yang digunakan. 

Jenis printer khusus garmen ini mampu mencetak dengan kualitas tinggi. Walaupun menggunakan printer, kualitas cetakannya tidak mudah luntur. Ini akan sangat membantu bagi pelaku bisnis garmen untuk menghasilkan kain atau produk yang berkualitas. Produk yang bisa memanfaatkan mesin cetak ini antara lain adalah kain bermotif, kaus polos, hingga sapu tangan.

6. Printer label


jenis - jenis printer
Printer khusus lainnya adalah jenis printer label.Jenis - jenis printermodel ini digunakan untuk mencetak label yang ukurannya kecil dan dalam jumlah banyak. Bentuk dari printer ini cukup ringkas. Ukurannya tidak terlalu besar seperti printer biasanya. Biasanya printer jenis ini dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang memerlukan pelabelan. 

Seperti pada toko atau tempat yang menjual beragam produk dan membutuhkan label harga. Printer ini bisa dimanfaatkan untuk mencetak label harga. Jadi akan lebih cepat untuk memberi label harga pada setiap produk yang dijual. Printer ini dapat membantu pengawasan dan pengenalan produk di sebuah toko menggunakan label harga.

Keunggulan yang dimiliki printer label tentu bisa mencetak dalam jumlah banyak. Mulai dari mencetak harga atau pun mencetak barcode sebuah produk. Jenis-jenis printer dan keunggulannya yang berbeda-beda, menjadikan printer penggunaanya berbeda. Printer biasa lebih sering digunakan di tempat yang sering mencetak dokumen. 

Sedangkan printer label ini lebih banyak dibutuhkan oleh dunia usaha atau yang membutuhkan pelabelan. Printer label menggunakan teknologi thermal sehingga hasilnya pun lebih bagus dari printer biasa. Hasil cetakan printer ini lebih tajam. Ukuran printer label tergolong kecil dan bentuknya pun lebih ringkas. Printer ini tidak akan menghabiskan banyak tempat. Mudah dibawa, dan juga ditempatkan di tempat sempit.

7. Plotter


jenis - jenis printer
Satu lagi printer khusus yang banyak digunakan adalah plotter. Printer ini tidak mencetak dokumen seperti printer biasa. Plotter atau wide format printing merupakan mesin cetak khusus yang digunakan untuk mencetak dengan media besar. Jenis - jenis printerplotter sangat dibutuhkan di dunia usaha, khususnya advertising. 

Sudah banyak yang menggunakan jenis printer ini untuk mencetak berbagai media cetak untuk keperluan iklan. Seperti mencetak spanduk, poster, brosur, atau banner. Plotter juga banyak digunakan untuk mencetak kartu nama atau ID card. 

Jenis-jenis printer dan kegunaannya dalam memenuhi kebutuhan manusia memang sangat membantu. Apalagi jenis printer ini memiliki keunggulan pada kualitas PPI dan DPI yang sangat bagus. Hasil cetakannya pun sangat tajam dan bisa bertahan cukup lama. Plotter menjadi printer yang mampu mencetak untuk ukuran besar hingga beberapa meter. Plotter dapat digunakan untuk mencetak ukuran A3 hingga yang mencapai 3 meter lebih seperti baliho.

Nah, mungkin diluar sana masih ada beberapa jenis printer lainnya yang belum sempat di bahas di sini. Namun setidaknya ada 7 macam jenis printer yang sudah kita bahas di sini. Semoga bisa menambah wawasan kita tentang dunia komputer. Sekian dan semoga bermanfaat.

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih
EmoticonEmoticon