-->

Sejarah Printer, Jenis Dan Perkembangannya Hingga Sekarang

Sejarah printer menjadi salah satu pembahasan yang cukup penting untuk anda yang benar - benar ingin menekuni dunia komputer. Printer atau mesin pencetak merupakan salah satu aksesories komputer yang paling penting dibandingkan dengan yang lain. Hal ini jelas karena Printer seolah menjadi mesin ajaib yang bisa membuat file digital di dalam komputer menjadi sebuah benda fisik berupa kertas yang bergambar atau berisi tulisan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini sinaukomputer.net ingin berbagi informasi khusus tentang sejarah printer, lebih khusus lagi tentang sejarah printer canon ip2770.

Untuk mengetahui sejarah perkembangan printer dan berbagai jenisnya kita perlu merujuk dari beberapa sumber untuk bisa memperoleh data yang cukup lengkap. Namun anda tidak perlu khawatir karena di sini anda cukup membacanya secara rinci dan lengkap yang terkumpul dari berbagai macam sumber informasi tentang sejarah mesin printer dari dulu hingga sekarang.

Sejarah Printer Komputer

sejarah printer
http://www.panoramio.com/photo/26290131
Tidak banyak yang membahas mengenai awal mula ditemukannya mesin yang sekarang kita namakan printer ini. Ada sumber yang menyebutkan bahwa mesin printer pertama kali dibuat oleh orang - orang tiongkok yang mencoba untuk memulai mencetak dengan mesin yang sederhana sekitar abad ke-14 silam. Mereka menciptakan Block Printing yang menghasilkan tinta yang kemudian digunakan untuk mencetak.

Namun karena salah satu kendala yang dihadapi yaitu sulitnya huruf atau font mereka sehingga printer tersebut tidak bisa berkembang dengan baik. Sejarah printer kemudian mencatat orang - orang Eropa yang memiliki bentuk huruf yang lebih sederhana dan mudah dibuat. Pada saat itu, dunia tkonologi Eropa sedang berkembang pesat, mereka mencoba untuk mengubah mesin ketik menjadi sebuah mesin pencetak yang mampu mencetak lebih cepat.

Kemudian seorang lelaki yang konon sebagai pengusaha emas Johannes Gutenberg mengembangkan peluang ini dan berhasil membuat sebuah mesin pencetak yang menjadi cikal bakal berkembangnya pencetak buku dalam jumlah banyak dan cepat.

Tidak kita pungkiri, apabila kita akan membahas secara detail tentang sejarah printer dan perkembangannya dari pertama kali ditemukan, sangat sulit diketahui sumbernya karena memang pada saat itu teknologi belum banyak orang yang mengenal dan merespon dengan sangat tajam seperti saat ini. Seperti sejarah printer canon pixma ip2770 yang sangat fenomenal diantara banyak bermunculan jenis - jenis printer scanner yang canggih dan mutakhir sampai sejauh ini entah bagaimana ceritanya.

Baca dulu : Spesifikasi Printer Canon iP2770

1# - Sejarah Printer Dot Matrix


sejarah printer
http://blog.thelifeofkenneth.com
Kita lupakan zaman dimana printer pertama kali ditemukan. Sekarang kita mulai membahas sejarah printer yang jauh lebih mutakhir dan hingga saat ini masih banyak digunakan di berbagai tempat yaitu jenis Dot Matrix.

Tahukah anda seperti apa jenis printer Dot Matrix ini ?

Jika anda pernah mengetahui jenis printer yang bisa digunakan untuk kertas rangkat seperti pada faktur atau sejenisnya, itulah dot matrix. Tidak menggunakan tinta melainkan menggunakan pita yang digunakan pada mesin ketik hanya saja sekarang menggunakan teknologi digital yang mutakhir.

Ingin tahu sejarah printer Dot Matrix ini ?

Sebagaimana sumber yang dilangsir dari wikipedia, dimulai dari tahun 1925 hingga pada tahun 1957 IBM memperkenalkan printer Dot Mtrix pertama. Kemudian pada tahun 1968 produsen dari Jepang menunjukan model printer Dot Matrix dengan format serial pertama dengan ukuran matrix cetak 5 x 7. Printer Dot Matrix ini sengaja dibuat untuk lembaga pemerintahan, laboratorium ilmiah, dan juga untuk pendidikan. Dengan pencapaian ini ia mendapatkan penghargaan di tahung 2013.

Sejarah Printer Dot Matrix secara singkat tersebut cukup menggambarkan kita bahwa memang jenis printer ini yang termasuk printer generasi pemula setelah awal mula dibuatnya printer yang mencetak dalam jumlah banyak.

Terlepas dari sejarah, printer ini sekarang masih banyak digunakan dengan midel digital terbaru. Namun tetap menggunakan pita ketik untuk sistem tintanya. Kalau kita lihat dari spesifikasinya, printer ini memang sengaja dibuat khusus. yaitu untuk printer ganda dan hanya menggunakan satu macam warna saja yaitu hitam, merah dan  terkadang biru.

Kita dapat dengan jelas melihat printer ini ketika di kantor pos, degan kertas khusus printer ini bisa mencetak double karena secara sistem terdapat penekanan pada saat mesin pencetak berjalan. Bagaimanapun sejarah printer mencatat jenis printer ini yang tidak begitu berubah dari awal ditemukannya hingga sekarang.

2# - Sejarah Printer Inkjet


sejarah printer

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi demi teknologi ditemukan dengan berbagai kosep terbaru. Salah satunya ada pada mesin pencetak atau printer yang sedang kita bicarakan ini. Pada tahun sekitar 1984 lahirlah satu jenis perinter yang sekarang paling banyak dipakai orang. Printer Inkjet merupakan jenis printer yang menggunakan cairan tinta dan pencetak. Seperti yang sudah kita bahas pada printer canon ip2770. Sejarah printer canon ip2770 yang fenomenal itu dimulai dari ditemukannya sistem prnter inkjet ini.

Sejarah Printer Inkjet berkembang sangat pesat karena memang dari segi kualitas printer ini mampu menyesuaikan dan dipakai di berbagai bidang. Mulai dari perkantoran, pendidikan, dan juga untuk kepentingan pribadi seperti mencetak foto dan lain sebagainya. Printer jenis ini berkembang salah satunya karena penggunaan tinta yang sudah lengkap sehingga segala kebutuhan pencetakan terwakili.

Printer ini juga sangat mudah dimodifikasi, tadinya kotak tinta yang volumenya terbatas akan di buang dan diganti yang baru, atau di sini ulang dengan cara memasukkan tinta ke dalamnya dengan alat suntik atau syringe. Namun sekarang bisa disiasati dengan menggunakan selang kecil yang dimasukkan pada kotak tinta (cartridge) sedangkan tintanya berada diluar printer sehingga tidak perlu lagi bongkar pasang kotak tinta untuk mengisi ulang.

Sejaeah printer dot matrix yang kita tahu menggunakan pita sebagai pencetak sekarang sudah menggunakan tinta cair atau fluid untuk menggoreskan tulisan atau gambar diatas kertas. Sungguh kemudahan yang luar biasa.

Penting dibaca : Jenis - jenis printer lengkap dengan penjelasannya

3# - Sejarah Printer Laser Jet


sejarah printer


Berikutnya yang juga merupakan salah satu jenis printer yang banyak digunakan orang saat ini adalah jenis printer Laser. Perkembangan teknologi di berbagai bidang ternyata juga tidak membuat printer diam begitu saja. Sejarah printer juga ikut bekembang dari teknologi sebelumnya menuju pada sistem yang lebih canggih.

Printer Laser merupakan salah satu dari dampak perkembangan teknologi yang sedang berkembang pesat ini. Peinter jenis ini mampu melakukan pencetakan dengan kualitas yang baik dalam jumlah yang banyak serta dilakukan dalam waktu yang lebih cepat dari printer jenis lainnya.

Sejarah printer laser dimulai dari printer dengan nama Ears, yang kemudian dikembangkan lagi pada tahun 1969 oleh Xerox Palo Alto Research. Kemudian pada tahun 1992 Hawlett-Packard mempublikasikan laser jenis ke 4 yang sudah memiliki resolusi 600 x 600 dot per inch. Printer Laser jet ini tidak seperti Inkjet yang menggunakan tinta cair.

Printer jenis ini menggunakan bubuk Toner yang dipadukan dengan teknologi infra merah dalam sistem percetakannya oleh karena itu, printer ini mampu mencetak dalam waktu yang cukup cepat dengan hasil yang juga tidak kalah dari printer lainnya.

Baca juga :
Mungkin saja masih ada berbagai macam jenis printer dengan sejarahnya yang luar biasa yang tidak atau belum kita temukan karena sudah sangat lama dan tidak terekspos. Namun kebanyakan pada saat ini kita masih melihat ketiga jenis printer tersebut di sekeliling kita. Itu artinya sejarah printer memang benar - benar ada dan patut kita apresiasi para pendahulu kita yang benar - benar sangat antusias dengan penemuan - penemuan barunya. Sekian, semoga bermanfaat.

Untuk anda yang berencana membeli printer baik untuk keperluan pribadi, mungkin anda bisa baca review dari beberapa tipe Printer Canon lengkap dengan daftar dan harga terbarunya.

Jangan Lewatkan :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Printer, Jenis Dan Perkembangannya Hingga Sekarang"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel