21 May 2017

Cara Cleaning Printer Canon Dengan Sangat Mudah Dan Praktis

Cara cleaning printer bisa kita lakukan dengan cukup mudah, karena sebenaranya semua pengaturan dan selft maintenance telah terdapat dalam software atau driver printer tersebut. Kata “Cleaning” yang dimaksud di sini adalah membersihkan “head cartridge” atau kepala cetak yang menjadi bagian paling penting dari sebuah printer. 

Ada yang belum tau caranya ? Tenang, kali ini sinaukomputer.net akan mengulas bagaimana cara head cleaning printer dengan praktis dan mudah.

Sebelumnya pernahkah anda terpikir untuk melakukan itu ? Mungkin sebagian orang tidak terlalu mengetahui hal itu, terutama bagi kaum hawa yang terbiasa memakai dan tidak terlalu memperhatikan hal – hal apa saja yang seharusnya dilakukan dengan printer. Pada postingan yang lalu tentang beberapa opsi sederhana untuk merawat printer, telah dijelaskan dan salah satunya adalah melakukan cleaning printer.

Cara cleaning printer juga tidak perlu anda lakukan setiap hari, karena justru akan membuat printer cepat rusak khususnya cartridge. Lakukan seperlunya saja, yaitu ketika anda rasa keluarnya tinta printer kurang maksimal yang ditandai dengan berkurangnya kualitas tulisan hasil cetak. 

Namun perlu diketahui, hal seperti ini juga bisa disebabkan karena tinta printer habis.


Oke tidak perlu panjang lebar, intinya lakukan cleaning dengan wajar, rutin dan apabila ada kemungkinan laju tinta printer kurang lancar. Sekrang bagaimana cara cleaning printer ? Yuk kita simak langkah – langkahnya  berikut ini :

Cara cleaning printer canon


Mohon maaf sebelumnya, karena printer yang saya punya adalah Canon, jadi untuk kali ini yang saya share di sini adalah cara cleaning untuk printer merk canon. Namun jangan khawatir, seri yang lainnya pun caranya tidak jauh berbeda.

1. Pertama silahkan open “device & printer” di komputer anda
2. Cari printer yang akan anda cleaning
3. Setelah ketemu klik kanan pada printer lalu pilih “printer properties”

 

4. Pada kotak dialog printer properties pilih tab “maintenance” dan perhatikan ada dua jenis “cleaning” dan yang satu lagi “deep cleaning”

 

5. Untuk pertama kali saya sarankan pilih “cleaning” saja. Kemudian akan muncul pilihan cartrid warna atau hitam yang ingin anda clening. Silahkan pilih sesuai kebutuhan anda kemudian klik “Exeute"


6. Tunggu proses cleaning selesai, pda saat proses berlangung anda dilarang menggunakan printer.


7. Setelah selesai, anda akan diberi pilihan untuk mencetak hasil cleaning, atau tidak. Terserah anda, namun untuk melihat hasi perubahan, klik saja “print” dan lihat hasilnya






8. Samakan dengan gambar yang ditunjukan di layar, apabila hasilnya sudah sesuai, berarti cukup dan anda bisa “exit”, namun apabila dirasa kurang, anda bisa ulangi sekali lagi dengan mengeklik “Cleaning”,

Untuk deep cleaning, dilakukan apabila dengan mode cleaning beberapa kali hasilnya belum ada perubahan sama sekali. Deep cleaning ini sama saja pembersihan secara dalam, dapat dikatakan dua kali level cleaning. 

Setelah deep clening ini ternyata hasilnya juga sama saja. Berarti memang karakter cartride peinter anda yang sudah berkurang. Dan apabila rusak, tidak bisa dipakai mau tidak mau anda harus menggantinya dengan yang baru.

Demikian sedikit tutorial mengenai cara cleaning printer canon yang saya aplikasikan pada printer canon ip2770, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua yang belum bisa maintenance printer dengan cara cleaning. Sekian dan sampai jumpa di tips dan tutorial selanjutnya tetap di sinaukomputer.net

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih
EmoticonEmoticon