18 Sep 2018

Penyebab Dan Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris

Hasil print bergaris, merupakan permasalahan yang umum terjadi pada printer. Terutama untuk printer ink jet, sebagaimana kita ketahui ada beberapa macam jenis printer yang digunakan saat ini. Bagi anda yang awam terhadap urusan printer, pasati cukup dibikin bingung dengan hal ini, dan tidak sedikit orang mengira printernya rusak. 

Tidak sepenuhnya salah, karena indikasi hasil printer bergaris ini menandakan cartridge yang tidak normal dan tidak menutup kemungkinan memang sudah rusak. Akan tetapi boleh jadi tidak demikian, artinya masih bisa diatasi dengan cara – cara yang akan kita pelajari pada kesempatan ini. Sehingga dikemudian hari, apabila anda mendapati printer anda mengalami permasalahan ini, diharapkan anda bisa mencoba beberapa cara tersebut. 

Penyebab Hasil Cetakan Bergaris

cara memperbaiki cartridge printer canon yang bergaris

Seperti biasa, untuk lebih memperdalam pembahasn kita, ada baiknya kita ketahui mengapa hasil cetakan printer bisa bergaris atau tulisan terpotong garis tanpa tinta (putih). Menurut pengalaman saya, ada beberapa kemungkinan. 

1. Head Cartridge Kotor

Head cartridge merupakan bagian cartridge printer yang sangat penting. Komponen ini merupakan tempat keluarnya tinta dari dalam wadah. Jika terdapat sebagian yang kotor, tentu saja proses keluarnya tinta akan terhambat. Hal inilah yang membuat hasil cetakan printer bergaris. Perlu anda ketahui bahwa Cartridge merupakan komponen vital dari bagian - bagian printer yang lainnya.

2. Tinta Habis

Kemungkinan ke dua yang bisa saja terjadi adalah tinta habis atau hampir habis. Terkadang memang dimulai dari hasil cetak yang tidak tebal, seperti transparan, atau terkdang juga terdapat garis –garis halus yang memotong tulisan. Terlebih lagi printer ink jet dengan tinta cair yang encer. 

3. Printer Lama Tidak Digunakan

Pada saat kita membahas tentang cara merawat printer terdapat salah satu point penting ketika anda akan menyimpan printer dalam waktu yang lama. Ada tips tersendiri, yaitu hendaknya setiap dua minggu sekali gunakan printer hanya sekedar untuk mencetak satu atau dua lembar kertas saja. Jika tidak, maka inilah yang kemungkinan akan terjadi, begitu digunakan hasil cetakan bergaris. 

4. Terganjal Kotoran

Point ini hampir sama dengan point pertama, hanya saja yang ini sifatnya berasal dari luar. Debu – debu yang sangat kecil dan halus bisa saja menempel pada cartridge dan hal ini akan menghalangi keluarnya tinta dari mulut cartridge. Akhirnya sebagian hasil cetakan bergaris. 

5. Cartridge Printer Rusak

Penyebab yang sangat mungkin terjadi seperti yang sudah kita singung diatas adalah Cartridge rusak. Kerusakan ini sangat mungkin terjadi, karena pemakaian yang memang sudah dalam waktu yang sangat lama atau penggunaan yang salah. Oleh karena itu, hendaknya pengguna printer mengetahui bagaimana cara menggunakan printer yang benar. 

Mungkin ada lagi penyebab lainnya yang bisa membuat hasil cetakan printer bergaris. Namun menurut saya, kira – kira 5 penyebab itu yang sering terjadi pada umumnya. Nah sekarang apa yang harus kita lakukan apabila printer yang kita gunakan mengalami hal tersebut ? 

Khusus untuk printer Canon ink jet dengan seri ip2770 dan sejenisnya anda bisa mengatasinya dengan berbagai macam cara. Berikut ini bebrapa cara yang bisa anda coba. 

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Bergaris


1. Lakukan Cleaning Printer

Cara pertama yang bisa anda lakukan ketika muncul permasalahan ini adalah dengan cleaning printer. Memang kelihatanya sepele, namun inilah sebenarnya senjata ampuh printer ink jet terutama Canon untuk mengatasi permasalahan seputar tinta. 

Di sini tidak akan saya bahas lagi bagaimana cara cleaning printer dan ketentuan – ketentuanny karena sudah kita bahas panjang lebar pada postingan yang sudah lewat. Bagi yang belum tahu, silahkan baca lagi di sini. 

Perlu diketahui, Cleaning Printer cukup efektif apabila memang penyebab hasil printer bergaris karena Cartridge kotor. Baik karena kotoran dari dalam, maupun kotoran dari luar. Clening printer hal ini akan membersihkan cartridge dengan cara menyedot tinta yang ada di mulut cartridge kemudian mengeluarkanya. 

2. Mengisi Ulang Tinta

Jika hasil printer bergaris, anda bisa cek cartridge. Terutama yang hitam, karena pemakaiannya jauh lebih banyak dibandingkan cartridge warna. Tempel dengan tisu pada bagian Head, dan lihat, apakah tinta hanya tinggal sedikit ? Dan rasakan dengan tangan anda, berat atau ringan. Jika permasalahan hasil cetak bergaris karena tinta habis, maka solusinya dalah mengisi ulang tinta printer dengan cara yang benar. Setelah terisi, lakukan cleaning sekali dan coba gunakan printer anda kembali. 

3. Mengatasi Cartridge Kering Karena Lama Tidak Digunakan

Untuk penyebab Cartridge Kering anda bisa perbaiki dengan cara langkah – langkah berikut ini :
  • Keluarkan Cartridge dari printer 
  • Siapkan mangkuk dan isi dengan air hangat (tidak terlalu panas) 
  • Kemudian dengan hati – hati, celupkan head printer sedikit saja ke dalam air dan tunggu hingga tinta mulai keluar 
  • Jika sudah, coba lap dengan tisu yang halus di bagian head 
  • Jika memang hal ini penyebabnya, maka kita bisa melihat bekas tinta pada tisu, dan ini berarti ada kemungkinan cartridge masih dapat digunakan 
  • Pasang kembali cartridge dan lakukan satu kali Cleaning. 
4. Ganti Cartridge

Bila semua cara yang saya kemukakan diatas telah anda coba semuanya dan hasilnya tetap sama saja, berarti kemungkinan besar Cartridge anda memang sudah rusak. Namun terkadang masih bisa diperbaiki oleh teknisi printer yang handal walaupun sudah tidak bisa bertahan lama dan hasilnya tidak memuaskan. Agar lebih praktis lebih baik ganti saja Cartridge anda dengan yang baru. Praktis, mudah dan sudah pasti anda berhasil. 


Naah, mungkin itu saja yang bisa kita pelajari pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan simak terus tutorial seputar dunia komputer dan juga printer hanya di sinau komputer. Selamat beraktifitas !

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih
EmoticonEmoticon