-->

Cara Merawat Printer : Lakukan Cara Ini Agar Printer Anda Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Printer – Ada cara yang dilakukan untuk merawat printer, konon katanya hal ini akan membuat printer lebih awet dan tahan lama. Langkah sederhana berikut layak anda terapkan untuk merawat printer anda. Simak selengkapnya hanya di sinaukomputer.net

Printer merupakan salah satu aksesoris komputer yang penting. Dengan printer kita bisa mencetak dokumen yang telah kita buat di dalam komputer. Kadang - kala, printer ini cepat sekali rusaknya, bahkan tidak pernah dipakai sekalipun. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi sedikit hal yang mudah - mudahan bermanfaat untuk teman - teman semua. Bagaimana cara merawat printer agar tetap awet tidak seperti biasanya.

Sekilas Tentang Printer



Printer atau alat pencetak merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mencetak file menjadi bentuk fisik. File ini bisa berupa gambar atau foto dan juga dapat berupa tulisan.

Printer terdiri dari berbagai macam komponen penting. Diantara komponen printer adalah Cartridge. Cartridge adalah kotak tempat tinta yang dilengkapi dengan Head (Kepala cetak) yang berfungsi sebagai tempat keluarnya tinta. Selain itu, printer juga dilengkapi dengan mikro kontrol yang berguna untuk mengatur system keluarnya tinta.


Sebenarnya semua komponen yang terdapat didaam printer merupakan komponen penting. Tetapi dari semua komponen, ada beberapa yang dianggap paling penting yaitu Cartridge. Cartridge adalah komponen printer yang paling cepat rusak. Hal ini terjadi karena Cartridge merupakan komponen yang selalu bergerak dan bergesekan dengan kertas. 

Penting dibaca : Mengenal jenis - jenis printer dan penjelasannya

Ini membuat ktridge tidak akan utuh selamanya. Tetapi ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat Cartridge sedikit lebih awet dari biasanya. Apa saja yang perlu dilakukan ? Oke langsung saja di sini saya kebetulan menggunakan printer yang paling banyak digunakan oang yaitu canon. Inilah tips cara merawat printer canon dan juga printer jenis lainya.

Cara Merawat Printer Canon


Ada beberapa cara yang dilakukan untuk merawat printer. Perawatan yang dilakukan, lebih terfokus pada satu bagian komponen yang terpenting yaitu Cartridge. Langkah- langkah yang dapat anda lakukan untuk merawat printer sebagai berikut :

1. Jangan mendiamkan printer (tidak digunakan) dalam waktu yang sangat lama

Kenapa demikian ? Bukankah apabila suatu barang jarang kita pakai akan membuat awet barang tersebut ? Tidak untuk barang elektronik.

Printer apabila tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama akan membuat Head (Kepala cetak) berkarat. Ini akan mengganggu keluarnya tinta. Selain itu sisa- sisa tinta yang ada pada kepala cetak dapat juga mengering. Hal ini dapat membuat tinta tidak keluar ataupun hasil cetak printer bergaris.

Nah ini akan sangat bermasalah. Oleh karena itu tips pertama untuk merawat printer adalah gunakan terus printer anda walaupun hanya dengan selembar kertas.

2. Jangan mencetak dokumen dalan jumlah banyak sekaligus

Tips Sederhana Cara Merawat Printer yang kedua adalah mengasihani printer. Printer juga punya batasan kemampuan sobat semua. Jadi jangan perlakukan dia sebagai makhluk yang tanpa batas.

Head Cartridge mempunyai batas maksimum dan waktu maksimum untuk dapat digunakan dengan baik. Apabila ingin mencetak dalam jumlah banyak. Usahakan secara bertahap.

Misal anda sobat akan mencetak 100 halaman. Maka lakukanlah 30 halaman terlebih dahulu, kemudian istirahat beberapa menit kemudian lakukan lagi. Dan seterusnya.

Bagi anda yang memiliki printer infus, atau istilahnya printer yang telah dimodifikasi sehingga tinta berada diluar kemudian dihubungkan dengan selang masuk ke dalam kartridge. Salah satu cara merawat printer infus diantaranya adalah ini.

3. Lakukan Cleaning secara seperlunya dan jangan berlebihan

Sobat yang pernah menggunakan printer pasti tahu istilah “Cleaning” dalam perawatan printer. Cleaning ini dilakukan apabila tinta yang keluar kurang jelas atau sedikit tersendat.

Tujuan cleaning adalah untuk memerintahkan kepada head (kepala cetak) untuk menyerap tinta yang ada dalam kotak tinta.

Apabila terlalu banyak melakukan cleaning tempat tinta yang terdapat dalam printer akan kebanjiran. Ini merupakan cara sederhana untuk merawat printer yang paling populer.


4. Perhatikan Urusan Tinta Printer

Printer selalu berhubungan dengan tinta. Terutama untuk jenis printer inkjet seperti Canon ip2770. Salah menejemen tinta printer, bisa - bisa printer anda akan mudah rusak. Berikut ini bebrapa opsi yang harus anda perhatikan sebagai upaya merawat printer dari sisi tinta :
  • Cek selalu tinta printer, jangan sampai telat mengisi tinta printer
  • Perhatikan ketika mengisi tinta printer, tinta warna jangan sampai tertukar satu dan yang lainnya. 
  • Jangan memegang micro chips dengan tangan saat pengisian
  • Pastikan anda menggunakan merk tinta yang sama dengan merk printer yang anda gunakan. 
Penting : Tutorial cara mengisi tinta printer canon Ip2770 


5. Sesekali lakukan teknik maintenance berikut ini

Terakhir, cara merawat printer selanjutnya anda bisa lakukan seperti ini. Buatlah gambar empat bulatan berwarna hitam, merah, hijau dan kuning. Sobat bisa membuatnya dengan software microsoft word, insert shapes. Pelajari lagi Insert Shapes pada Microsoft Word 2007.




Setelah itu kemudian sobat cetak dengan resolusi ( Kualitas gambar ) yang paling tinggi. Lakukan ini secara berkala misal sebulan sekali atau dua bulan sekali. Ini bertujuan untuk membuat kinerja Cartridge menjadi lebih baik.

Selain itu juga dapat digunakan untuk mengecek apakah Cartridge dalam kondisi baik atau tidak. Apabila warna dapat tercetak dengan baik dan benar. Berarti Cartridge dalam kondisi baik.

Baca Juga :

Demikian beberapa tips Cara Merawat Printer agar lebih awet dan tahan lama. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya. Ingat belajar komputer tidak harus mahal, bersama sinaukomputer.net kita bersama berbagi ilmu belajar komputer. Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Merawat Printer : Lakukan Cara Ini Agar Printer Anda Awet dan Tahan Lama"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel