21 Nov 2017

Cara Daftar Pasang Listrik Baru Secara Online Ternyata Mudah

Pasang listrik online ? Kenapa tidak. Sekarang ini semua serba online, mulai dari toko online, taksi online dan juga ojeg online pun ada. Era manual sepertinya sudah akan mulai ditinggalkan, kita bisa melihat dari fenomena yang terjadi di kehidupan kita yang serba online. Hingga PLN pun sekarang sudah bisa kita akses secara online. Ada banyak fitur yang bisa kita dapatkan mulai dari beli pulsa listrik pln online, hingga pasang listrik baru online pun bisa.

Mungkin anda bertanya – tanya, mengapa website sinau komputer yang notabene berisi bahasan soal tips dan trik belajar komputer, malah sekarang membahas cara pasang listrik baru online ? Tidak perlu heran, karena sistem online yang sedang berkembang saat ini merupakan buah dari kita belajar komputer. Dengan anda bisa mengoperasikan komputer tingkat dasar hingga tingkat dewa, bisa anda aplikasikan untuk melakukan berbagai macam kebutuhan secara online. Termasuk yang akan kita bahas yaitu cara daftar pasang listrik baru secara online.

Selain itu, ini juga merupakan pengalaman pertama saya keluar dari kebiasaan yang sudah terjadi di sekeliling kita dimana apabila kita bermaksud untuk pasang listik baru biasanya dilakukan oleh “tukang listrik” begitu sebutanya. Buah dari bisa menggunakan komputer dan internet, secara otomatis timbul pertanyaan yang bisa kita ajukan kepada mbah kita “google”. Ahirnya diperoleh jawaban yang pasti bahwa bisa sekali cara mendaftar pasang listrik baru online langsung ke PLN.

Oleh karena itu, di sini saya ingin berbagi kepada anda semua tentang pengalaman saya yang mencoba untuk pasang listrik baru secara online dari website resmi PLN, dan juga tindak lanjutnya serta kesimpulan yang penting yang perlu anda siapkan apabila ingin menempuh jalur yang saya tempuh. Yuk langsung saja kita mulai dari yang pertama.


Cara Mendaftar Pasang Listrik Baru Online Dengan Mudah


Hal pertama yang harus anda siapkan adalah KTP (Kartu Tanda Penduduk), laptop atau komputer dan jaringan internet. Anda bisa gunakan Smartphone anda sebagai wifi atau jaringan internet yang lainnya.

Baca  tutorial ini : Cara menyambungkan wifi HP ke laptop

Jika sudah siap, langsung saja meluncur dengan Browser anda ke website resmi PLN di alamat http://www.pln.co.id. Untuk mendaftar sambungan baru klik di “Pasang Sambungan”

pasang listrik online

Tunggu bebrapa detik, website sedang menyiapkan form untuk mengisi data diri dan juga blangko pendaftaran listrik baru online. Usahakan jaringan internet anda cukup baik, agar lebih cepat.

pasang listrik online

Silahkan baca syarat dan ketentuan yang berlaku, scroll terus ke bawah kemudian di bagian akhir klik “setuju”. Setekah itu akan muncul informasi penting yang perlu anda ingat dan anda penuhi. Klik saja “Ok”

cara daftar pasang listrik baru secara online

Kemudian anda akan dibawa ke halaman baru, sebuah format data yang harus anda isi “data pelanggan” dan “data pemohon”, serta data tarif/daya baru yang anda inginkan

cara daftar pasang listrik baru secara online

Isi form pendaftaran dengan benar sesuai dengan data yang tertera pada KTP anda, jika sudah lanjut ke sheet “data pemohon” anda bisa centang di “copy berdasarkan data pelanggan” untuk mempercepat pengisian data.

cara daftar pasang listrik baru secara online

Setelah mengisi semua data diri, kemudian scrol ke bagian bawah untuk mengisi Tarif/ daya baru. Isikan dengan benar sesuai kebutuhan anda. Berikut contoh cara pasang listrik baru daya 900.


Setelah selesai mengisi, klik “Hitung Biaya” untuk mengetahui berapa besar biaya yang anda harus bayarkan ke rekening PLN. Bila data anda ada yang salah, maka akan ada notifikasi untuk dikoreksi dan mengulanginya lagi.

pasang listrik baru online

Nah, itulah rincian biaya yang harus anda bayarkan. Scroll ke bawah, beri tanda centang pada pernyataan bahwa data yang dimasukan benar, kemudian masukkan kode “capta” dengan benar, lalu klik “simpan permohonan”

cara pasang listrik baru online

Masih ada beberapa tahapan lagi proses pasang listrik online langsung dari PLN. Sekarang coba cek email anda yang sudah anda isikan pada saat mengisi format data pelanggan. Nah bagaimana anda bisa sampai pada tahapan ini bila belum bisa membuat atau menggunakan email ? Itulah sebabnya, belajar komputer sangat bermanfaat.

Baca lagi :  Cara membuat Email di Google

Pertama anda akan mendapatkan email berupa kode transaksi yang harus anda verifikasi, ikuti saja petunjuk yang ada pada email tersebut, lihat kotak berwarna merah pada gambar di berikut ini

cara pasang listrik baru online

Setelah anda berhasil melakukan verifikasi kode transaksi, anda akan menerima email kode bayar dan perintah untuk melakukan pembayaran di loket PLN atau di Bank. Untuk cara yang lebih mudah, anda bisa bayar pasang listrik online ini melalui kantor pos dengan membawa kartu Identitas (KTP) dan juga berkas kode bayar yang sudah anda terima via email.


Bila anda sudah terbiasa melakukan pembayaran di ATM, untuk urusan yang satu ini anda juga bisa melakukannya di ATM. Untuk cara pembayaran pemasangan listrik baru via atm, dari menu utama anda bisa pilih Bayar, kemudian pilih PLN lanjut ke menu PLN Non Taglis, kemudian masukkan kode bayar yang sudah anda dapat dari email, setelah itu tekan Benar. Mesin akan memproses dan akan memunculkan data anda dengan rincian di layar. Jika sudah benar, tekan Bayar.

Cara bayar pasang baru listrik lewat atm terkadang berbeda antara atm Bank anu dan Bank itu. Yang perlu diperhatikan adalah pilih menu bayar, PLN, Non Taglis. Itu saja, pasti anda akan diperintahkan untuk memasukkan kode bayar. Dan jangan khawatir, proses pembayaran tidak akan bekerja sebelum mesin menampilkan data yang benar di layar ATM. Jadi sangat aman dan mudah.

Sampai di sini pembahasan cara daftar pasang listrik baru secara online ? tentu tidak. Masih ada beberapa hal yang perlu saya informasikan dan perlu anda ketahui kelanjutanny. Simpanlah struk pembayaran yang keluar dari mesin ATM, atau resi dari kantor pos dan yang lainnya. Sebagai bukti bahwa anda benar – benar sudah melakukan pembayaran.

Mungkin anda bertanya ? Lalu bagaimana proses pemasangannya ?

Nah, petugas PLN akan melakukan pemasangan dalam 5 hari hingga 3o hari kerja. Biasanya sih, tidak sampai lima hari sudah ada petugas yang datang untuk melakukan penyambungan dan pemasangan meteran ke rumah kita, jadi anda tidak perlu khawatir ?

Lalu bagaimana apabila dalam 5 hari kerja belum ada petugas yang datang. Gampang, anda tinggal telephone call PLN 123 dengan format (kode area)123. Pilih nomor 3 untuk informasi pemasangan baru.

Anda akan disapa oleh customer service dengan suara lembut, kemudian akan menanyakan perihal apa yang ingin anda bantu. Sebutkan saja pengaduan anda, jangan lupa pegang bukti pembayaran untuk menyebutkan nomor atau kode bayar agenda pemasangan listrik baru anda. Setelah itu biasanya, pengaduan anda akan langsung ditindaklanjuti dengan pemasangan oleh petugas PLN.

Yang cukup berkesan di sini, beberapa kali saya menghubungi call centar 123. Selalu ditutup dengan kata “kami ingatkan anda untuk tidak memberi imbalan kepada petugas kami”. Siiiip sekali.

Oke, berarti sampai dengan proses ini kita sudah berhasil melakukan pemasangan listrik baru secara online. Tentu saya belum, Ini baru setengah perjalanan kita. Bagaimana kelanjutannya ?

Petugas PLN akan melakukan penyambungan listirk dari jalur listrik PLN sekaligus memasang meteran listrik di rumah anda. Apakah listrik sudah bisa dinyalakan ? Tentu saja belum. Karena penyambungan pertama adalah dari listik PLN ke meteran. Sementara dari meteran ke instalasi listrik rumah anda merupakan tahap yang kedua dengan prosedur yang akan kita bahas lebih lanjut berikut ini.

Sebelumnya, saya akan bercertita pengalaman saya pada saat pasang listrik baru  dengan cara online kemarin. Meteran sudah dipasang, tapi petugas tidak kunjung datang untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih tersisa. Ahirnya, kembali saya menghubungi call center 123. Dari situ saya mendapatkan informasi berikut ini.

Untuk melakukan penyambungan listrik dari meteran ke instalasi rumah, PLN membutuhkan beberapa syarat diantaranya, material elektronik yang disediakan oleh pelanggan karena jalur dari meteran ke instalasi rumah merupakan hak pelanggan. Apa yang perlu kita sediakan. material kita hanya butuh pembatas arus atau fuse atau orang kita kenal dengan istilah "sikring", dan yang sekarang marak digunakan yaitu saklar MCB, Box dan satu lagi batang kuningan sebagai arde (ground). 

Itu dari segi material, kemudian satu lagi yang penting yaitu adanya sertifikat SLO. Apa itu SLO ? Yaitu Sertifikat Layak Operasi. Apakah kita harus mengurusnya di PLN ? Tidak ! SLO dikeluarkan oleh perusahaan lain yang sifatnya menjadi rekanan PLN dalam hal ini salah satu kewenangannya yaitu mengeluarkan sertifikat SLO dengan prosedur tertentu.

Sampai di sini saya minta anda tidak perlu ribut dan risau atau merasa berbelit - belit. Semua prosedur cara daftar pemasangan listrik baru ini sangat baik. Untuk apa ada SLO segala ? Nah, disinilah yang penting. Pemasangan instalasi listrik baik untuk rumah, ruko, parbrik dan lain sebagainya, harus benar - benar terpasang sesuai dengan standarnya. Karena untuk urusan listrik cukup berbahaya. Oleh karena itu, diperlukan pengecekan dan superfisi untk mengeluarkan sertifikat SLO. 


Inilah contoh Sertifikat Laik Operasi yang dikeluarkan oleh PT KONSUIL. Perlu anda ketahui, ada tiga badan dimana anda bisa mendapatkan sertifikat SLO ini, yaitu PT KONSUIL, JASERINDO dan PPILN.

Ketiga badan tersebut memiliki website yang aktif. Anda bisa browsing di internet untuk mendapatkan informasi selengkap - lengkapnya untuk mendapatkan SLO. 

Ada beberapa syarat administerasi yang perlu anda penuhi untuk pengajuan SLO. Pertama KTP, Gambar Installasi Listrik dan Denah Lokasi Pemasangan. Yang perlu kita garis bawahi adalah yang ke dua. Gambar installasi yang dimaksud adalah bukan gambar yang kita buat sendiri, melainkan gambar dari pihak installatir listrik yang memiliki badan usaha.

Apakah anda bingung ?

Sama, pada saat itu saya juga bingung tapi semuanya ternyata mudah. Jika anda sudah memasang instalasi listrik sendiri. Anda tinggal menghubungi pihak instalatir untuk melakukan superfisi dan pengecekan sekaligus meminta untuk digambarkan. Apabila jaringan listrik rumah anda belun dipasang. Lebih baik anda gunakan jasa instalatir yang memiliki badan usaha, sebagai syarat dikeluarkannya SLO.

Singkatnya, sudah terbayangkan prosedur pasang listrik baru online di benak anda ? Setela SLO keluar, anda tinggal mengubungi PLN melalui call center 123 untuk melakukan penyambungan dan pemasangan saklar pemutus dari meteran ke instalasi rumah atau bangunan anda. 

Memang cukup panjang cara daftar pasang listrik baru secara online langsung dari PLN. Tapi anda akan sangat puas karena listrik yang anda pasang benar - benar memenuhi standar operasi yang tepat. Untuk memudahkan anda memahami prosedurnya, berikut kita simpulkan beberapa hal penting untuk yang perlu anda siapkan apabila ingin pasang listrik online dari internet.

  1. Anda bisa melakukan registrasi Pasang Baru Online, sebelum atau sesudah instalasi bangunan terpasang.
  2. Gunakan jasa instalatir yang memiliki badan usaha untuk memasang jaringan listrik bangunan atau rumah anda. Hal ini agar anda mendapatkan gambar instalasi jaringan yang nantinya bisa digunakan untuk pengajuan SLO
  3. Jika kebetulan instalasi listrik sudah terpadang, mintalah kepada badan instalatir untuk melakukan superfisi standarisasi jaringan listrik anda dan membuatkan gambar jaringan tersebut.
  4. Setidaknya ada 3 badan yang terlibat dalam proses ini. PLN, Badan Instalasi Listrik, dan badan yang mengeluarkan SLO. 
Mungkin ini sampai di sini saja informasi yang bisa saya sampaikan kepada anda dengan maksud berbagi informasi dan sekaligus tutorial komputer dengan pengaplikasian bagaimana dengan ilmu komputer yang kita kuasai, bisa kita manfaatkan untuk berbagai kebutuhan termasuk cara daftar pasang listrik baru secara online. Sekian, semoga bermanfaat.

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih
EmoticonEmoticon