-->

Cara Uninstall Program di Komputer Dengan Mudah

Cara Uninstall Program di Komputer seharusnya diketahui dan dipelajari oleh setiap pengguna komputer. Mengapa demikian ? Karena hal tersebut termasuk salah satu bagian dari maintenance, yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan efektifitas komputer yang kita pakai. 

Uninstall program atau software komputer disebut juga dengan istilah mencopot atau menghapus aplikasi/software dari komputer. Hal ini karena pada dasarnya perangkat lunak (software) pada komputer bukan hanya sekedar di kopi saja, melainkan di pasang pada sistem operasi komputer. 

Sehingga ketika menghapus aplikasi tersebut menggunakan istilah mencopot atau dalam bahasa teknis disebut uninstall yang tadinya menginstall. Nah, pada kesempatan ini kita akan belajar mengenai bagaimana cara Uninstall program atau software dari komputer.

Cara Uninstall Program di Komputer

Mengapa Perlu Uninstall Program Dari Komputer

Sebelum kita masuk pada tutorial, mungkin diantara anda ada yang bertanya - tanya. Mengapa sih kita perlu mencopot atau menghapus software yang sudah terpasang di komputer kita. Apa alasannya ? Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan. Berikut ini beberapa hal yang membuat kita perlu meng Uninstall program komputer. 
  • Program (software) sudah tidak lagi kita gunakan
  • Program out of date sehingga ingin diganti dengan seri yang baru
  • Software atau program eror dan tidak dapat digunakan
  • Aplikasi atau software komputer memakan kapasitas yang cukup besar sehingga hardisk penuh
Perlu diketahui, Uninstall program yang sudah tidak berguna atau eror atau program dengan kapasitas besar yang tidak efektif dapat memperbesar space hardrive komputer. Hal ini dapat menjadi solusi mengatasi komputer lemot. 

Cara Uninstall Program di Komputer


Baiklah, tidak perlu berlama - lama lagi karena tutorial ini juga tidak panjang. Cukup mudah dan singkat. Berikut ini langkah - langkah uninstall program dari komputer. 

1. Pertama kita akan mengakses Control Panel, klik Start Menu >> Control Panel

Cara Uninstall Program Komputer Dengan Mudah

2. Setelah itu anda akan dibawa menuju ke jendela kontrol panel, ada berbagai macam menu yang bisa kita akes dari sini. Untuk uninstall program komputer silahkan pilih Program and Features

Cara Uninstall Program Komputer Dengan Mudah

3. Kemudian anda akan dibawa pada jendela baru yang berisi list atau daftar program /software/ aplikasi yang terpasang di komputer anda. 

Cara Uninstall Program Komputer Dengan Mudah

4. Langkah selanjutnya adalah memilih atau select program yang akan anda hapus dengan cara klik sekali. Setelah itu klik tulisan Uninstall pada bagian atas

Cara Uninstall Program Komputer Dengan Mudah

5. Pada beberapa software, anda akan dimintai persetujuan apakah anda benar - benar ingin menghapus pemasangan softwaer ini. Bila iya, klik Yes, dan proses Uninstall akan dilanjutkan hingga software terhapus dari komputer anda.

Setelah Uninstall Program Komputer

Apa yang dilakukan setelah melakukan Uninstall Program di Komputer ? Biasanya setelah selesai Uninstall Program, komputer secara otomatis akan menyimpan sampah atau bekas installasi program. Atau terkadang masih ada sisa - sisa file dari software tersebut yang tidak ikut terhapus dengan proses Uninstall yang dilakukan pada komputer. 

Maka hal yang perlu anda lakukan adalah membersihkannya. Bisa anda hapus secara manual jika anda mengetahui file yang mana yang dimaksud. Atau anda bisa gunakan software maintenance komputer yang ringan dan cukup terkenal Ccleaner. 


Mungkin ini saja tutorial singkat yang bisa blog ini hadirkan kepada anda sebagai sarana belajar komputer online secara otodidak. Semoga dapat bermanfaat untuk semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Uninstall Program di Komputer Dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel