-->

Cara Menggunakan Ccleaner Pada Komputer Itu Seperti Ini

Cara menggunakan ccleaner tidaklah sulit, bahkan tergolong cukup mudah. Software atau aplikasi yang juga digunakan di HP memang sangat ringan jadi cukup banyak orang yang menggunakannya. Terlebih lagi, di HP atau pada komputer & Laptop kita bisa mendapatkan fersi gratisannya. Nah untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini sinau komputer akan berbagi kepada anda tentang fungsi dan cara menggunakan ccleaner di komputer.

Sebelum masuk ke detail cara penggunaannya. Tidak ada salahnya kita mengenal software atau aplikasi ini. Ccleaner merupakan salah satu perangkat lunak komputer yang tergolong sebagai aplikasi maintenance (software maintenance). Keunggulan software ini dibandingkan dengan jenis yang lainnya adalah karena ringan dan simpel cara penggunaanya.

Baca : Macam dan jenis perangkat lunak komputer dan fungsinya

Sebagai software maintenance fungsi ccleaner cukup banyak dan lengkap, namun yang paling terkenal dan merupakan fungsi utamanya adalah sebagai pembersih sampah – sampah yang ada di komputer terutama registry. Disamping cara menggunakan aplikasi ccleaner yang tergolong mudah, software ini juga suport di berbagai jenis sistem operasi.

Saya kira tidak perlu panjang lebar, sekarang kita langsung mulai saja tutorial kali ini yaitu tentang bagaimana cara menggunakan ccleaner dengan berbagai menu dan fiturnya. Sebelumnya, apakah temen – temen sudah punya softwarenya ? Jika belum silahkan download dan install softwarenya. Download di sini

Cara Menggunakan Ccleaner Pada Komputer


Kita bisa menggunakan seri gratisan dari software ini dan cukup efektiv untuk membersihkan file sampah dan juga melakukan beberapa pengaturan tertentu. Berikut fitur dan cara penggunaanya.

Jalankan ccleaner dengan double klik pada desktop atau klik sekali jika anda meletakkannya di taskbar menu.

cara menggunakan ccleaner

Nah inilah tampilan utama ini, cukup simpel dan sangat sederhana. Di sini bisa kita lihat ada beberapa menu di sebelah kiri (cleaner, registry, tools, option). Di bagian atas terlihat spek komputer kita langsung terdeteksi oleh ccleaner.

Cara Membersihkan File Sampah Menggunakan Ccleaner


Nah langsung saja, bagaimana kita membersihkan sampah komputer dengan menggunakan salah satu fungsi software ini ? Berikut langkah – langkahnya.

1. Secara otomatis ketika kita pertama kali menjalankan ccleaner, langsung default pada menu “cleaner” paling atas.

cara menggunakan ccleaner

2. Langkah selanjutnya adalah klik pada “Analyze”, ccleaner akan meakukan analisa dan mendeteksi file – file sampah yang ada di dalam komputer kita. Tunggu beberapa detik, biasanya jika file sampah sudah cukup banyak, akan memakan waktu lebih lama.

3. Nah setelah melakukan analisa, didapatlah beberapa file –file yang dianggap sampah oleh ccleaner. Untuk anda yang sedang mengaktifkan browser juga akan diperintahkan untuk ditutup oleh ccleaner.

4. Untuk membersihkan file tersebut langsung klik “run cleaner”

cara menggunakan ccleaner

Sangat ringan dan cepat sekali kerjanya. Namun perlu anda ketahui, hal ini akan menghapus history di browser anda. Jadi, pertimbangkan waktu yang tepat untuk membersihkan file sampah di komputer anda dengan aplikasi ini.

Cara Membersihkan Registry Menggunakan Ccleaner


Selanjutnya, kita bisa menggunakan fitur lain selain untuk cleaning sampah di komputer yaitu untuk membereskan registry. Caranya juga tidak sulit.

1. Dari menu “cleanig” sekarang pindah ke menu “registry” dengan klik “registry”

2. Kemudian, klik pada “scan for issuse” untuk mencari registry yang bermasalah atau perlu dibereskan.

cara menggunakan ccleaner

3. Tunggu beberapa detik, ccleaner sedang melakukan scan dan hasilnya akan tampak pada kolom sebelah kanannya. Kemudian untuk membereskannya klik di “fix selected issuse” dan pilih “no” untuk tidak menyimpan file backupannya.

cara menggunakan ccleaner

Setelah itu lanjutkan dengan mengklik “fix all selected issuse” untuk mengeksekusi perintah tersebut

cara menggunakan ccleaner

Dua fitur dan cara menggunakan software ccleaner sudah kita bahas, tapi masih ada beberapa menu lainnya. Untuk “Options” kita tidak perlu mambahasnya karena hanya berisi pengaturan saja.

Fitur berikutnya ini merupakan fungsi tambahan yang bisa kita gunakan di software ini. Langsung saka klik pada menu “tools”

cara menggunakan ccleaner

Di sini bisa kital lihat ada beberapa fungsi tambahan diantaranya untuk mencopot aplikasi atau software yang terpadang di komputer kita. Atau dalam istilah komputer yaitu melakukan uninstall software yang telah terinstall di komputer kita.

Caranya sangat gampang sekali, sebagai berikut :

  • Dari menu “tools” pilih “uninstall”
  • Kemudian klik salah satu software yang ingin anda uninstall
  • Setelah itu klik “uninstall”

cara menggunakan ccleaner

Baca juga : Cara uninstall program komputer dari control panel

Satu lagi yang biasanya digunakan di aplikasi ini adalah untuk mengatur startup. Apa itu startup ? Yaitu sebuah pengaturan aplikasi dimana apabila diaktifkan, maka program tersebut akan secara otomatis berjalan bersamaan dengan komputer masuk ke windows pertama kali. Bagaimana cara mengatur startup di komputer dengan ccleaner ?

Silahkan dibaca : Cara mengatur startup komputer dengan software ccleaner

Baiklah, mungkin sampai di sini saja dulu tutorial kita pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang sudah kita bahas tentang cara menggunakan ccleaner bisa menambah ilmu komputer kita. Sekian, semoga bermanfaat.

Baca juga tutorial penting ini :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggunakan Ccleaner Pada Komputer Itu Seperti Ini "

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel