-->

10 Macam Perangkat Lunak Komputer Dan Fungsinya Lengkap

Perangkat Lunak komputer merupakan bagian atau komponen dari komputer yang memiliki bentuk digital. Tidak berwujud fisik, tidak bisa disentuh, namun bisa kita lihat dan kita edit. Istilah lain untuk perangkat ini adalah software. Bisa juga kita artikan perangkat yang berupa data yang bisa disimpan secar digital yang bisa dibaca dan dipasang pada komputer. Contohnya seperti sistem operasi komputer dan contoh lainnya akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Setelah di kesempatan yang lalu kita bahas perangkat keras komputer, sekarang giliran kita membahas bagian atau komponen komputer yang satu lagi yaitu perangkat lunak komputer. Sebagaimana penjelasan yang terdahulu, bahwa komputer terdiri dari dua jenis komponen utama yaitu hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Dua jenis perangkat inilah yang membuat komputer kita berfungsi sebagaimana mestinya. Komputer tanpa software seperti orang yang hanya bisa diam tapi tidak mendengar, tidak bisa disuruh untuk melakukan apapun. Oleh karena itu perangkat lunak komputer sangat penting, dan pada kesempatan ini, untuk memperkaya pengetahuan komputer, kita akan coba bahas macam-macam perangkat lunak komputer dan juga fungsinya masing - masing.

10 Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya Beserta Gambarnya


Berikut ini 10 macam perangkat lunak yang setidaknya ada di komputer pada umumnya. Dan kemungkinan besar ada juga di komputer anda, yuk kita liat satu persatu.

1. Perangkat Lunak Sistem (System Operasi Komputer)



perangkat lunak komputer

Inilah perangkat lunak utama yang ada di sebuah komputer. Sistem Operasi (Operating System) merupakan perangkat yang berperan sebagai pengendali, penghubung antara perangkat keras komputer dan perangkat lunak lain. Pengontrol dan juga bertanggung jawab sebagai manager apliksai komputer. 

Bisa kita katakan, perangkat Sistem Operasi adalah perangkat lunak pertama sebagai dasar sebelum ada aplikasi (software) lain yang akan mengisi komputer. Ada beberapa macam dan jenis penyedia sistem operasi komputer ada beberapa yang cukup terkenal yaitu Windows, Mac dan juga Linux. 

Di Indonesia, prosentase paling besar pengguna komputer adalah sistem operasi Windows. Bagaimana sejarahnya saya juga tidak tahu tapi kemungkinan, karena windows memiliki jaringan pemasaran yang luas, pemakaian yang mudah dan juga bisa dipasang hampir di semua merk perangkat keras komputer.

Baca lengkap : Mengenal berbagai macam sistem operasi komputer

2. Microsoft Office (Perangkat Lunak Perkantoran)




Setelah kita tahu sebuah perangkat sistem di komputer, sekarang kita beralih pada perangkat aplikasi ? Apa itu perangkat aplikasi ? Yaitu sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki fungsi aplikatif atau terpasang dan terkoneksi dengan perangkat sistem. Tanpa perangkat sistem, perangkat aplikasi ini tidak bisa dipasang apalagi berjalan. Salah satu perangkat aplikasi yang mungkin hampir di semua komputer ada adalah software yang satu ini. Microsoft Office.

Microsoft Office merupakan satu perangkat lunak (software) yang sengaja dibuat untuk kebutuhan perkantoran. Oleh sebab itu dinamakan Office, sedangkan Microsoft adalah vendor sang pembuat software tersebut. Microsoft Office berisi banyak software - software aplikasi perkantoran dengan fungsi yang spesifik seperti Microsoft office Word yang merupakan perangkat lunak pengolah kata, Microsoft Office Excel untuk pengolah angka dan perhitungan, Office Power Point untuk kebutuhan presentasi. Dan ada beberapa lagi yang lainnya.

Baca artikel terkait dengan Microsoft Office :

3. Web Browser ( Perangkat Lunak Browser Internet)



perangkat lunak komputer

Oke, mari kita lanjutkan pembahasan kita ini tentang perangkat lunak komputer beserta gambarnya. Tadi kita sudah membahas dua buah software. Sekarang yang ketiga yaitu aplikasi web Browser. Apa itu web Browser. Kalau dalam bahasa kita biasanya dikenal dengan internet browsing. Yaitu sebuah perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk berselancar di dunia maya (internet).

Kalau software yang satu ini saya yakin semua orang tau. Bahkan yang belum pernah menggunakannya terkadang juga mengetahuinya walaupun belum pernah tahu bagaimana hakikat yang sebenarnya. Siapa sekarang yang tidak tahu Google. Tapi aplikasi yang dimaksud bukan googlenya, tapi yang kita kenal dengan Chrome. Perangkat lunak untuk mengakses internet ini cukup banyak, namun biasanya empat ini yang digunakan.

Apakah hanya itu ?

Tentu saja tidak, ada banyak perangkat lunak komputer yang berfungsi sebagai web browser diantaranya Mozila, Opera Mini, Safari dan lainnya. Bahkan dari sistem operasi windows kita juga sudah mendapatkan software untuk browsing internet yang dikenal dengan nama Internet Explorer. Namun karena runingnya cukup berat jadi kebanyakan orang memilih menggunakan software atau aplikasi lainnya.


4. Perangkat Lunak Pengolah Gambar


Yang tidak kalah penting dengan yang lainnya adalah software ini. Oleh sebab itu pada sistem operasi Windows disana juga sudah tersedia perangkat lunak jenis ini. Fungsi perangkat lunak ini spesifik pada pengolahan (edit) gambar atau picture. Berikut ada beberapa software pengolah gambar yang cukup terkenal.

1. Paint 


perangkat lunak komputer

Sofware ini merupakan aplikasi pengolah gambar yang sudah sedikit saya singgung di atas. Paint adalah perangkat lunak komputer yang disediakan oleh sistem operasi windows sebagai software pelengkap untuk editing image. Program ini memang sangat sederhana dengan pemakaian yang simpel sehingga terkesan jarang orang yang menggunakannya. Kalau saya selalu menggunakan sofware ini, karena sangat ringan dan mudah sekali digunakan.

Baca dan pelajari : Cara merubah ukuran foto dengan paint

2. Adobe Photoshop


perangkat lunak komputer

Ada lagi sebuah software pengolah gambar atau foto profesional dengan nama "Photoshop". Merupakan software dari Adobe yang sudah cukup banyak menelurkan perangkat lunak cukup handal dan berkualitas. Dengan fitur yang sangat luar biasa, perangkat lunak pengolah gambar ini bisa melakukan banyak sekali modifikasi dan efek - efek visual pada foto atau gambar. Tapi anda harus mempelajarinya sebelum bisa menggunakannya.

Baca : Membuat layar gradasi menggunakan Photoshop

3. Corel Draw


perangkat lunak komputer

Perangkat Lunak Pengolah gambar yang satu ini memiliki fitur dan fungsi yang lebih detail dari Photoshop. Dengan software ini anda bisa membuat sebuah logo, edit gambar, atau  juga menggambar dengan cara yang unik. Namun konsekuensinya tentu saja anda harus pelajari terlebih dahulu. Silahkan dana coba.

5. Perangkat Lunak Pemutar Video


perangkat lunak komputer

Kita lanjutkan pembahasan perangkat lunak komputer beserta fungsinya dengan software atau perangkat yang berikutnya. Komputer memang merupakan satu piranti yang multi fungsi. Selain untuk bekerja, komputer juga bisa kita gunakan untuk menonton film atau video. Di sini peran salah satu perngkat lunak aplikasi yaitu pemutar vidio. Ada banyak sekali software pemutar vidio dan Windows juga sudah menyediakan perangkat lunak pemutar vidio yang cukup mumpuni yaitu Windows Media Player. 

Apa hanya ini saja ? Tentu saja tidak, ada banyak sekali aplikasi atau software komputer yang berfungsi sebagai pemutar vidio seperti Media Player Clasic, GOM Player, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

6. Perangkat Lunak Pemutar Audio


perangkat lunak komputer

Selain pemutar Vidio seperti yang sudah kita jelaskan diatas, ada juga perangkat lunak komputer yang hanya memutar file audio. Namun kebanyakan keduanya bisa dilakukan. Artinya setiap perangkat pemutar vidoo pasti bisa memainkan file Audio. Windows mencukupkan hanya satu aplikasi saja sebagai pemurat vidio sekaligus pemutar audio. 

Kalau anda masih ingat ketika anda pertama kali belajar komputer pada masa yang telah lalu. Winamp, merupakan software atau perangkat lunak komputer dengan peran utama sebagai software pemutar musik yang paling populer kala itu.

Perangkat lunak aplikasi ini terhubung dengan perangkat keras ( sound card) yang sebelumnya telah dikendalikan oleh perangkat lunak komputer sistem. Sehingga anda bisa mendengar suara audio di speaker anda.

7. Perangkat Lunak Perekaman Audio


Berikutnya ada juga perangkat lunak komputer yang berfungsi sebagai perekam audio atau perekam suara. Tidak sama dengan pemutar suara atau audio. Perangkat ini terkoneksi dengan sound card (perangkat keras) yang bisa digunakan untuk merekam suara melalui device seperti microphone. Lagi - lagi windows juga telah menyediakan perangkat ini. Hanya saja, sangat minim dan kita tidak bisa melakukan editing terhadap hasil rekaman suara kita.

perangkat lunak komputer

Dengan software bawaan windows ini kita bisas merekam suara dengan perangkat tambahan berupa microphone, atau menggunakan microphone yang ada pada headphone.

Ada banyak lagi perangkat lunak perekam audio yang cukup terkenal. Bahkan software ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur editing audio, efek, dan juga anda bisa melakukan rekam suara multi track layaknya studio music. Salah satu perangkat lunak komputer untuk editing audio contohnya Cool Edit Pro.

perangkat lunak komputer

8. Perangkat Lunak Antivirus


Ternyata tidak hanya manusia yang bisa terjangkit virus dan bakteri yang menimbulkan penyakit. Komputer anda juga bisa terkena virus yang mengganggu dan membuat eror. Virus juga merupakan perangkat lunak, tapi ini sifatnya mengganggu dan hanya orang iseng yang membuatnya. Kemudian dengan adanya kejadian ini. Banyak perusahaan software membuat sebuah perangkat lunak komputer yang berfugnsi untuk menangkal adanya kemungkinan bahawa virus ini.

Software antivirus ini juga sangat banyak. Terkadang juga memiliki spesifikasi yang khusus. Namun ada beberapa yang sudah cukup populer dan memang bisa diandalkan. Apakah anda juga menggunakan antivirus ini ?

perangkat lunak komputer

9. Perangkat Lunak Maintenance



Mungkin anda juga menggunakan software ini di komputer anda. Program komputer yang satu ini dibuat dengan fungsi untuk memaintenance beberapa pengaturan - pengaturan di komputer. Contoh saja, setiap kali kita membuka komputer pasti akan meninggalkan jejak yang tersimpan pada memori di dalam komputer kita. Lama kelamaan akan menjadi banyak. Ada juga eror - eror yang tidak kita lihat dan tidak juga bisa kita deteksi secara manual. Dengan perangkat lunak komputer inilah kita bisa membersihkan dan menstabilkan komputer.

Baca tutorial : Cara membersihkan sampah pada komputer dengan metode yang mudah

Contoh yang cukup terkenal ringan dan sampai sekarang masih banyak digunakan yaitu Ccleaner. Saya yakin anda mengetahuinya. Ada juga yang memiliki spesifikasi sangat lengkap dan detail. Tone Up Utility, dan masih banyak lagi yang lainnya.

10. Perangkat Lunak Device Driver


perangkat lunak komputer

Terakhir dalam bahasan kita kali ini yaitu perangkat lunak (software) driver. Yang dimaksud driver adalah pengendali atau pengontrol atau bisa juga kita katakan penggerak. Driver biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkt keras atau accesories yang dipasang pada komputer agar bisa berfungsi dengan perintah yang kita jalankan melalui sistem operasi.

Perangkat lunak ini jelas sangat banyak karena hampir menyertai seluruh komponen komputer dan juga aksesories tambahan komputer. Contoh paling mudah adalah driver printer. Printer adalah perangkat keras yang dapat kita koneksikan dengan komputer kita, namun membutuhkan sebuah perangkat lunak komputer tambahan yaitu driver agar bisa terhubung dengan sistem komputer kita.

11. Perangkat System Lainnya

Terdapat satu sistem perangkat lunak yang bekerja sebelum sistem operasi komputer aktif. Fungsinya menginisialisasi perangkat keras dan melakukan identifikasi serta pengaturan konfigurasi dasar. Itulah BIOS komputer. Terpasang pada Flash Memory dalam bahasa Assembly yang bisa kita akses melalui keyboard sebelum komputer masuk pada sistem operasi di hardisk.

Jangan lupa baca juga :


Nah selesai sudah pembahasan kita tentang 10 perangkat lunak komputer dan fungsinya. Sebenarnya tidak hanya ada 10 saja melainkan ada ratusan mungkin juga ribuan software yang memiliki fungsi sama dengan apa yang sudah kita bicarakan. Mudah - mudahan 10 contoh ini bisa menambah wawasan kita tentang komputer. Sekian, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Macam Perangkat Lunak Komputer Dan Fungsinya Lengkap"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel