-->

Cara Membersihkan Sampah Di Komputer Mudah Dengan Beberapa Metode

Cara membersihkan sampah di komputer ternyata perlu kita pelajari sebagai pemakai komputer. Mengapa demikian ? Karena sampah - sampah tersebut membuat komputer kita menjadi berat, sehingga kerjanya semakin lemot. Dari mana sampah itu berasal ? dan bagaimana cara membersihkannya ? Yuk kita ikuti tutorial tentang cara membersihkan sampah - sampah di komputer dengan menggunakan beberapa metode.

Barusan sudah kita singgung sedikit mengenai sampah komputer. Ternyata tidak hanya dapur rumah tangga yang menghasilkan sampah setiap harinya. Komputer yang kita gunakan setiap hari juga mengalami hal yang sama. Sampah tersebut pada dasarnya seperti jejak yang kita tinggalkan ketika kita menempati satu tempat kemudian kita meninggalkannya. Setiap kita melakukan perintah di komputer seperti membuka file, menyimpan file, copy file, memutar vidio dan mp3, akan meninggalkan jejak yang kian lama kian bertambah.

Sampah tersebut ternyata merupakan salah satu sumber yang membuat komputer menjadi lemot. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi komputer lemot yaitu dengan menghapus file - file sampah tersebut. Lalu bagaimana cara membersihkan sampah pada komputer ? Yuk langsung saja kita mulai tutorialnya.

Baca : Cara meningkatkan Kinerja Komputer

3 Cara Membersihkan Sampah Di Komputer Paling Mudah


 Anda boleh pilih salah satu dari ketiga cara yang ingin saya bagikan kepada anda pada kesempatan ini. Namun apabila anda akan menggunakan ketiganya, itu pun tidak masalah. Baik, kita mulai yang pertama.

Cara membersihkan sampah komputer dengan "Disk Cleanup"


Sebenarnya komputer kita telah banyak dibekali dengan tools - tools yang berfungsi untuk berbagai macam kebutuhan. Pihak windows juga sudah mempertimbangkan jauh - jauh akan hal ini sehingga dibuatlah satu sistem yang bisa digunakan untuk membereskan sisa - sisa sampah komputer. Disk Cleanup merupakan aplikasi bawaan windows yang langsung ada pada saat kita install windows di komputer.

Baik, berikut langkah - langkah membersihkan sampah di komputer dengan menggunakan aplikasi Disk Cleanup ini :

1.  Jalankan aplikasi (program) ini, caranya klik menu stratup>>all program>>accesories>>sistem tools >> Disk Cleanup


2. Selanjutnya, pilih Disk directory yang ingin kita bersihkan. Misal di sini saya pilih disk C yang merupakan sistem dari windows di komputer. Kemudian klik "Ok"


3. Kemudian sistem akan menganalisa dan menampakkan file - file yang perlu dibersihkan.


4. Selanjutnya, beri tanda centang pada file - file yang ingin dibersihkan. Anda bisa lihat disana ada temporary files, tumbnails, dan lain seterusnya. Kemudian klik "Ok" untuk mengeksekusinya.

Cara membersihkan cache atau sampah komputer dengan "Run"


"Run" merupakan satu perintah dengan memasukkan kode - kode tertentu di komputer kita yang tidak bisa kita akses langsung dari program - program yang ada di dalam windows. Nah, untuk mengakses Run bisa kita lakukan dengan menekan tombol "Windows" + "R".

Oke, langsung saja ada beberapa file - file sampah yang bisa kita lihat dengan menggunakan "Run" dan kita bisa menghapusnya dengan mudah. Pertama kita akan hapus temporary file di komputer kita.

Caranya :

1. Jalankan/ aktifkan "Run", dengan menekan "Windows" + "R"
2. Ketik pada kolom "Run" kata %temp%

cara membersihkan sampah di komputer

3. Setelah itu, klik "Ok" atau tekan "Enter"
4. Kemudian kita akan dibawah ke directori temporary file yang ada di komputer kita.

cara membersihkan sampah di komputer

5. Ada cukup banyak, cara membersihkannya cukup "Ctrl + A" kemudian tekan "Delet" seperti menghapus file pada komputer.

6. Selanjutnya kita akn bersihkan lagi temporary file, namun kali ini perintah tidak menggunakan tanda "%", langsung saja ketik "temp" pada kolom Run

cara membersihkan sampah di komputer

7. Sama seperti langkah di atas, tekan enter atau klik "Ok", kemudian bersihkan file dengan "Delet" semua file yang muncul di direktori "temp"

8. Satu langkah lagi cara membersihkan sampah pada komputer dengan perintah "Run". Ketik kata "prefetch"

cara membersihkan sampah di komputer

9. Kemudian tekan enter, atau klik "Ok", akan muncul jendela konfirmasi, klik saja "Continue". Kemudian akan muncul windows Explorer dengan banyak file di dalamnya. Seperti biasa, hapus semua file tersebut.

cara membersihkan sampah di komputer

Cara membersihkan sampah pada komputer dengan software


Cara ketiga yang biasanya orang gunakan untuk membersihkan sampah file di komputer adalah dengan menggunakan software dari luar. Ada banyak sekali software yang berfungsi untuk membersihkan sampah komputer. Salah satunya dan ini yang saya gunakan adalah ccleaner.

Untuk mendapatkan software ini anda cukup download secara gratis untuk versi gratisannya. Hanya dengan menggunakan free version pun sudah cukup dan bisa kita gunakan untuk membersihkan file - file sampah di komputer kita.

1. Pertama silahkan download dan pasang (intall) software ini di komputer anda.

cara membersihkan sampah di komputer

2. Setelah selesai terinstall di komputer, langsung saja jalankan program tersebut.


3. Cara membersihkan komputer dari file - file sampah dengan ccleaner cukup mudah. Setelah anda jalankan program ini, klik di menu "cleaner" yang bergambar sapu. Kemudian klik "analyze". Tunggu hingga proses analisa selesai.

4. Setelah proses analisa selesai, maka akan didapat banyak file - file sampah di komputer kita yang sebaiknya dihapus. Untuk menghapus kita tinggal klik "Run Cleaner"



Nah, demikianlah beberapa cara membersihkan sampah di komputer, dan tidak menutup kemungkinan masih banyak cara - cara yang lainnya. Silahkan dicoba, mau dengan cara mana saja tidak jadi soal, selama kita melakukannya dengan benar.

Sebaiknya anda juga perlu membaca  :
Sekian, sampai ketemu di tutorial belajar komputer selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membersihkan Sampah Di Komputer Mudah Dengan Beberapa Metode"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel