-->

Cara Defrag Laptop Windows 7 Dengan Sangat Mudah

Cara defrag laptop atau komputer sebenarnya cukup mudah. Anda bisa melakukannya tanpa perlu menggunakan software pihak ke tiga. Kalau kebanyakan di Indonesia pemakai komputer menggunakan windows, maka anda tinggal gunakan tool defragment yang tersedia di sana. Namun sebelumnya, sudah tahukah anda apa itu defragment ? Kalau belum ada baiknya anda simak postingan kali ini yang akan membahas cara mendefrag komputer atau laptop.

Sebelumnya, sekedar intermezo tentang komputer. Pada postingan cara membersihkan sampah di komputer tempo hari, kita sudah pernah membicarakan bahwa ketika kita melakukan aktifitas di laptop seperti mengkopi file, menyimpan, menghapus, menginstal dan lainya, selain komputer menghasilkan file sampah, ternyata juga mengambil ruang secara otomatis di dalam hadsik. Hal ini tentu akan membuat banyak ruang - ruang atau partisi dan membuat susunan file tidak teratur. Oleh sebab itu, penting sekiranya untuk kita tahu cara defrag hardisk untuk kembali menstabilkan susunan file - file tersebut.

Nah, dari situ sekarang sudah tau kan apa itu defrag dan untuk apa kita melakukan defrag di komputer atau laptop kita ? Intinya, ketika file - file yang ada di komputer kita dalam kondisi tidak rapi atau berpartisi banyak, kestabilan komputer juga akan terganggu. Jadi sebaiknya kita lakukan ini, dan sekarang yuk kita pelajari bersama bagaimana cara defragment laptop atau komputer.


Cara Defrag Laptop/Komputer Windows 7


Berhubung komputer saya masih menggunakan windows 7, kali ini kita sesuaikan saja tutorialnya. Namun jangan khawatir untuk anda yang menggunakan windows 8, 10 caranya sama ko. Berikut langkah - langkahnya.

1. Hidupkan komputer anda,
2. Untuk mengakses tool defrag di windows, caranya klik di logo windows (start menu) >> Accesories >> System Tools >> Disk Defragmenter

cara defrag laptop

3. Setelah muncul jendela defragment, anda bisa lihat ada dua direktori atau partisi yang ada di sana dengan keterangan 0 % fragmented.

cara defrag laptop

4. Selanjutnya klik "Analyze Dsik", komputer akan memulai menganalisa kondisi hard disk, tunggu hingga proses selesai.


5. Setelah dianalisa ternyata hanya 2% yang telah terfragmen sedangkan yang lainnya masih 0%. Nah cara defrag windows 7 langsung dengan menekan  "Defragment disk". Proses ini mungkin akan memakan waktu cukup lama, tergantung dari kondisi hard disk anda. Jadi anda bisa sembari melakukan kerjaan yang lain.



Sekedar saran saja, untuk memudahkan kita mengatur defragment di hard disk, lebih baik gunakan schedule otomatis setiap mingu atau setiap bulan. Pengaturanya di "configure schedule".

Disana anda bisa menentukan mingguan, harian atau bulanan. Memilih hari untuk defrag otomatis dan jam berapa, kemudian juga direktori apa saja yang dipilih. Kalau sudah klik "Ok"

cara defrag laptop

Nah setelah selesai defrag, bila perlu anda bisa restart komputer. Atau apabila anda masih harus menyelesaikan pekerjaan, maka sekalian saja tunggu selesai anda menyelesaikan pekerjaan anda.

Selain dengan cara ini, anda juga bisa melakukan defrag dengan menggunakan software. Anda bisa download defrag windows 7 dan windows seri yang lain di internet kemudian menggunakannya. Mungkin kita akan bahas cara defrag laptop atau komputer dengan software pada kesempatan berikutnya. Sekian, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga tutorial ini :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Defrag Laptop Windows 7 Dengan Sangat Mudah"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel