-->

Cara Mengubah Format Video Tanpa Software Cukup Beberapa Detik

Cara mengubah format video dapat kita lakukan dengan beragam cara. Pada umumnya merubah format dilakukan dengan menggunakan Converter atau software Converter. Namun tahukah anda, ada satu cara yang ternyata cukup mudah dan sangat simple. Bahkan kita bisa menyelesaikan pekerjaan ini hanya dalam hitungan detik. Mau tau ? simak selengkapnya di tutorial kali ini yang akan membahas bagaimana cara mengubah format video tanpa software.

Kebutuhan terhadap format video tertentu biasanya datang dari seorang yang gemar melakukan editing video. Saya juga pernah terkendala dengan hal seperti ini. Software editing vidio yang saya gunakan tidak suport semua file format video. Jadi karena saya merekam vidio hanya dengan kamera HP, jadi mau tidak mau saya harus merubah format vidio tersebut untuk bisa masuk ke software editing vidio yang saya gunakan waktu itu. Nah cara merubah format file video tanpa software sama sekali tidak terpikirkan, jadi saya gunakan sebuah software untuk mengubahnya.

Oke, terlepas dari semua itu, apapun latar belakang anda yang akan mengubah format vidio yang pasti caranya sangat mudah dan praktis. Namun perlu diketahui, mungkin saja ada beberapa format vidio yang tidak bisa dirubah dengan menggunakan cara ini. Kalau anda menemukanmya, silahkan menggunakan cara yang lainnya.

Cara Mengubah Format Video Tanpa Software di Komputer Windows 8


Merubah format video dengan cara ini, anda bisa lakukan di komputer windows apapun. Kebetulan yang saya gunakan komputer yang menggunakan windows 8. Anda tidak perlu khawatir sama sekali karena cara mengubah format video tanpa software di windows 7, 10 atau yang lain, caranya kurang lebih sama. Langsung saka kita mulai.

1. Langkah pertama hidupkan komputer anda.
2. Cari file video yang akan anda rubah formatnya, untuk mencobanya anda cari file vidio dengan ukuran yang tidak terlalu besar.
3. Selanjutnya, anda hanya perlu memunculkan Extensi dari file tersebut. Extensi bisa kita katakan juga tipe file yang biasanya tertulis pada bagian belakang file. Contoh : Vido.mp4. 
4. Caranya, dari windows explorer tempat dimana video berada klik view di toolbar menu. Kemudian pilih atau beri tanda centang pada keterangan "file name extension"


 5. Setelah itu, sekarang kita bisa melihat file vidio sudah terlihat extensinya. Coba lihat ini


Sekarang kita mencoba cara mengubah format video ke mp4 tanpa software dengan contoh vidio tersebut. Caranya sangat gampang sekali dan mungkin anda tidak pernah menduganya. Yaitu cukup dengan "rename" dan mengganti Extensi file dengan format yang kita inginkan.


Anda boleh memberi nama file yang sama dengan aslinya, atau merubahnya. Namun yang terpenting anda tidak boleh salah memberi extensi file. Sekarang extensi file kita ganti dengan .mp4


Setelah selesai tekan Enter, dan akan muncul kotak pemberitahuan, maka klik saja "Yes". Dan coba lihat properties file video tersebut.



Apakah bisa diputar ?

Untuk membuang keraguan anda, silahkan anda mencobanya sendiri, namun perlu diingat seperti apa yang sudah saya utarakan diatas. Bisa saja ada format video yang memang tidak bisa kita rubah dengan menggunakan cara ini. Untuk anda yang komputernya masih pake Windows 7, bisa lihat tutorialnya di vidio berikut ini :

Mungkin ini saja dulu tutorial singkat cara mengubah format video tanpa software yang bisa kita sampaikan pada kesempatan ini. Jangan lupa, baca dan pelajari tutorial menarik lainnya seperti :
Dan masih banyak tutorial penting seputar belajar komputer, internet, multimedia, dan lain sebagaimnya hanya di sinaukomputer.net. Sekian, semoga bermanfaat.

Untuk yang sedang jomblo atau baru di tinggal kekasih yukh simak tutorial cara mendapatkan nomor wa seseorang dengan sangat mudah, barang kali jodoh kamu sedang menanti :


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengubah Format Video Tanpa Software Cukup Beberapa Detik"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel