12 Feb 2017

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya, Mengenal Hardware Komputer

Perangkat keras komputer dan fungsinya merupakan salah satu pembahasan yang penting dan perlu kita pelajari sebagai dasar kita mengenal dan belajar tntang teknologi komputer sebelum masuk ke dalam pembahsan yang lebih dalam dan detail. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini SinauKomputer.Net berusaha untuk menghadirkan kontent (artikel) yang akan membahas mengenai perangkat komputer.

Kita semua telah mengetahui, bahwa perangkat komputer terdiri dari dua jenis. Perangkat keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software). Khusus dalam postingan kali ini, kita akan membahas menenai Perangkar Keras Komputer (Hardware).

perangkat komputer dan fungsinya

Di dalam artikel ini insyaAlloh akan kita pelajari bersama, komponen komponen komputer yang masuk dalam kategori perangkat keras. Saya akan mencoba menyajikan secara lengkap semampu saya perangkat keras komputer dan fungsinya beserta gambarnya selengkap – lengkapnya.

Sebelum kita masuk dalam topic utama yang akan kita bahas kali ini, ada baiknya kita bahas lebih awal mengenai pengertian perangkat keras komputer ? Apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan perangkat keras atau devinisi perangkat keras komputer ?

Pengertian Perangkat Keras Komputer

Perankat Keras komputer adalah alat – alat atau komponen yang menyusun komputer yang berbentuk fisik, dapat dilihat dan disentuh serta memiliki bentuk dan massa. Ada banyak macam alat atau barang yang masuk dalam perangkat keras yang akan kita bahas satu persatu kali ini.

Secara umum Komponen Perangkat Keras Komputer tersusun dari empat buah system utama yaitu inpute device, Processin device, storage device dan output device. Kita tidak akan membahas panjang lebar mengenai system ini. Kita langsung saja akan membahas satu – persatu macam macam perangkat keras komputer dan fungsinya.

Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya


Berikut ini komponen atau perangkat keras yang ada di dalam komputer, khususnya untuk jenis komputer PC.

1# - Motherboard (Main Board)

perangkat keras komputer dan fungsinya
Image : http://study.com
Perangkat keras penyusun komputer yang pertama adalah Motherboard atau disebut juga dengan istilah Main Board.  Melihat dari arti katanya kita bisa membayangkan bahwa ini adalah sebuah papan rangkaian inti, makanya disitilahkan dengan kata Mother. Main Board terdiri dari berbagai macam komponen yang biasanya telah terpasang permanen, selain komponen elektronik juga banyak slot – slot yang menempel di Motherboard.

Di dalam papan ini terpasang hampir semua komponen atau perangkat keras penting dari sebuah komputer seperti Processor, Ram, VGA Card, Sound Card,  dan komponen lainnya. Memang fungsi Motherboard adalah sebagai central rangkaian komputer berpadu menjadi sebuah system yang bekerja saling mendukung. Selain itu, Motherboard didesain sedemikian rupa sehingga kita bisa melakukan ekspansi terhadap kinerja komputer seperti upgrade ram, VGA card, Processor dan yang lainnya.

2# - Processor (CPU)

perangkat keras komputer dan fungsinya
imae : http://www.anandtech.com
Seperti yang telah kita bicarakan diatas, komponen ini (Processor) adalah salah satu diantara sekian banyak perangkat keras komputer yang terpasang di Motherboard. Processor disebut juga dengan CPU (Central Processing Unit). Komponen ini sebenarnya adalah sebuah IC (Integrated Circuit), yaitu sebuah silicon berbentuk persegi dengan ukuran yang cukup kecil dan didalamnya terdapat banyak sekali transistor dan komponen elektrik lainnya.

Processor merupakan salah satu komponen atau perangkat keras komputer yang paling penting. Dapat kita katakan bahwa fungsi processor adalah sebagai otak dari sebuah komputer untuk melakukan processing data dan perintah.  Processor memiliki ukuran kecepatan pemrosesan data yang dinyatakan dalam satuan Gigahertz (GHz).

3# - Memory

Perangkat keras komputer selanjutnya adalah memory. Yaitu sebuah perangkat yang diunakan sebagai ruang penyimpanan sementara dalam chip komputer. Sebuah memory ditentukan dengan ukuran dalam Kilobit (Kb) atau Megabit (Mb) dan juga Gigabit (Gb). Memory terbagi menjadi dua jenis yaitu Main Memori dan Backing storage

1 - Main Memori

Komponen memory ini berfungsi sebagai pengingat baik berupa data ataupun program. Rincian funsi dari Main Memory bisa dijabarkan sebagai berikut :

  • Menyimpan data dari input device sampai pemprosesan data oleh di cpu
  • Menyimpan data hasil proses dari cpu sebelum dikeluarkan
  • Menampung atau menyimpan sementara program masukan
  • Main Memori terbagi lagi menjadi dua jenis.

RAM (Random Access Memory)

perangkat komputer dan fungsinya
image : https://www.extremetech.com
RAM adalah sebuah jenis memory yang bisa kita akses untuk diambil isinya serta proramer dapat mengisi kembali. Data yang ada di dalam memory ini hanya bersifat sementara, dan akan hilang ketika listrik off. Di dalam RAM ada empat macam komponen yaitu input storage, Program storage, working storage dan output storage.

ROM (Read Only Memory)

ROM juga dikenal dengan istilah BIOS (Basic Input And Output System). ROM tidak seperti RAM yang bisa diambil dan diisi kembali.  ROM hanya bisa dibaca dan bersifat permanen, tidak akan hilang meskipun listrik off.

2 – Backing Storage

Komponen ini disebut juga dengan istilah system penyimpanan cadangan.  Fungsinya adalah sebagai alat penyimpanan non-aktif. Semua jenis informasi non aktif tersimpan di sini. Jenis penyimpanan backing storae dibedakan oleh serial access contohnya adalah Hard Disk, Floppy Disk, dan juga CD/DVD Room.

4# - Power Supply (Catu Daya)

perangkat komputer dan fungsinya
imae : http://www.pcworld.com
Perangkat Keras penyusun komputer selanjutnya adakah Power Supply atau disebut juga dengan istilah Catu Daya. Komputer dan  alat – alat elektronik lainnya tidak dapat bekerja tanpa menggunakan sumber daya yaitu listrik. Power Supply berfunsi sebagai pemasok listrik ke dalam rangkaian. Input yang masuk ke dalam catu daya adalah tegangan listrik AC langsung dari PLN dan kemudian diubah menjadi tegangan DC yang kemudian digunakan untuk pengoperasian berbaagai komponen komputer lainnya.

5# - Monitor

perangkat komputer dan fungsinya
Perangkat keras komputer selanjtnya adalah monitor. Tidak perlu ditanya lagi, saya yakin anda semua mengetahui perangkat ini. Monitor komputer merupakan salah satu perangkat yang masuk dalam kateori Output Device. Fungsi monitor adalah untuk menampilkan softcopy yaitu berupa tulisan dan gambar. Monitor ini terdiri dari bebrapa jenis dan juga ukuran. Diantara jenis monitor komputer yang terkenal saat ini yaitu mulai dari jenis CRT atau monitor tabung, dan juga sekarang generasi LCD dan LED.

6# - Hard Disk

perangkat keras komputer dan fungsinya

Hard Disk adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai alat penyimpanan. Terbuat dari lempengan yang dilapisi dengan material khusus sehingga dapat dimagneti di kedua sisinya. Alat ini berfungsi untuk menyimpan data dalam kapasitas tertentu. Ukuran Hard Disk bermacam – macam. Dari puluhan Gb hingga ratusan Gn bahkan sekarang sudah sampai di Tb (Terabit).

7# - VGA Card

perangkat keras komputer dan fungsinya

Video Graphic Array (VGA)  memiliki peranan penting yang menentukan kualitas gambar pada layar monitor. VGA adalah penghubung dari rangkaian centran menuju ke monitor. Kebanyakan komponen ini telah anda dan terpasang langsung secara permanen di Motherboard. Namun kemampuan dan resolusinya terbatas. Untuk komputer yang diunakan untuk Game 3D diperlukan sebuah VGA Card dengan resolusi tertentu agar hasil gambarnya sempurna.

8# - Sound Card

perangkat keras komputer dan fungsinya
Seperti halnya VGA Card, Sound Card juga sebuah komponen yang telah terpasang permanen di Motherboard. Soud Card bertanggung jawab atas keluarnya suara atau audio dari komputer. Untuk kualitas suara yang super, anda bisa gunakan sound card tambahan dengan bit/rate yang cukup tinggi. Komponen ini biasanya digunakan untuk jenis komputer recording atau mixing audio.

 9# - Keyboard dan Mouse

perangkat komputer dan fungsinya


Dua komponen ini termasuk ke dalam category input device. Keyboard dan Mouse adalah dua Perangkat Keras Komputer yang cukup penting. Tanpa kedua alat ini, anda tidak akan bisa menggunakan komputer. Fungsi Keyboard adalah untuk memasukan perintah berupa tulisan dan angka serta perintah shortcut lainnya. Sedangkan mouse berfunsi untuk mempermudah kita untuk melakukan akses dan member perintah kepada komputer.

10# - Chasing dan Fan

perangkat keras komputer dan fungsinya


Meskipun komponen ini bukanlah komponen yang paling penting, namun saya masukan ke dalam perangkat keras komputer. Chasing berfunsi untuk membunkus atau sebaai pelindung komponen – komponen komputer yang bersifat elektronik. Chasing biasnya dilengkapi dengan fan atau kipas yang berfunsi untuk pendingin. Komponen komputer akan menjadi panas apabila telah mulai bekerja, sehingga dibutuhkan sebuah alat pendingin untuk menstabilkan suhunya.

Perlu anda ketahui, macam macam Perangkat Keras Komputer yang saya sebutkan diatas adalah komponen utama yang membuat sebuah komputer dapat bekerja dan berfungsi sebagaimana mestinya. 

Adapun perangkat pendukung seperti Printer, Scanner dan lain sebagainya tidak akan saya bahas dalam kesempatan kali ini, kita akan membahsnya dalam kesempatan yang lain. perangkat keras komputer dan fungsinya lengkap akan mungkin bisa anda cari sendiri di banyak tempat, anda bisa mendapatkan sumber lainnya, akan sangat baik.

Lanjutkan dengan membaca : 10 macam perangkat lunak komputer yang perlu diketahui

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga pembahasan singkat tentang perangkat keras komputer danfungsinya dapat bermanfaat untuk para pembaca semuanya. Sekian dan kita jumpa kembali pada pembahasan selanjutnya.

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih
EmoticonEmoticon