-->

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word dan Excel Dengan Mudah

Cara membuat tabel di microsoft word - Membuat tabel dapat dilakukan dengan menggunakan banyak media. Yang paling banyak digunakan adalah dengan Microsoft office. Baik Microsoft word ataupun menggunakan Microsoft excel. Bagi anda yang membutuhkan informasi ataupun tutorial bagaimana cara membuat table, silahkan baca dan pelajari artikel ini sampai tuntas.

Masih bersama sinaukomputer.net, blog panduan belajar komputer online. Kali ini kita akan ulang pembahasan yang telah lalu tentang bagaimana cara membuat tabel, namun pada kesempatan ini kita akan membahas lengkap. Cara membuat tabel di microsoft word dan juga cara membuat tabel pada microsoft excel.

Cara membuat tabel di microsoft word 2007


Pertama kita akan pelajari cara membuat tabel dengan ms word. Silahkan bagi yang mau praktek sekalian saja dibuka dulu software Microsoft word di komputer anda. Kebetulan komputer saya software office masih 2007, jadi kita akan belajar cara membuat tabel di microsoft word 2007

  • Pertama silahkan jalankan ms word di komputer anda
  • Setelah anda masuk pada lembar kerja word, klik “insert” pada menu toolbar yang ada di atas lembar kerja anda. Kemudian klik di opsi “table”
Cara Membuat Tabel

  • Lihat menu yang keluar setelah anda mengeklik “table” , itu adalah menu yang disuguhkan office 2007 untuk fasilitas membuat tabel. Anda dapat memilih beberapa menu yang ada di situ. Berikut penjelasan masing – masing menunya.

Cara Membuat Tabel
  • Pertama lihatlah kotak – kotak yang banyak di bagian atas.  Arahkan kursor anda disana maka akan terbentuk tabel sesuai dengan langkah kursor anda. Lihat gambar di bawah ini. Saya mengarahkan kursor ke arah kanan 4 kotak dan ke bawah 3 kotak.


Cara Membuat Tabel
  • Dibagian atas otomaatis tertulis (4 x 3 table), dan pada lembar kerja, tabel langsung terbentuk sesuai dengan jumlah kotak yang kita sorot dengan kursor.

Selanjutnya menu “insert table...” yang ada di bawah kotak – kotak. Ini juga berfungsi untuk menginsert table namun dengan beberapa opsi pengaturan. 

Cara Membuat Tabel

Ketika anda mengklik di “instert table ...” maka akan keluar kotak dialog yang berisi beberapa opsi table yang bisa kita seting.

Cara Membuat Tabel

Anda dapat memasukan berapa jumlah kolom dan baris pada tabel yang akan anda buat. “Number of columns” untuk mengisi jumlah kolom, sedangkan “Number of rows” untuk memasukan jumlah baris. Setelah itu kemudian klik “Ok” maka tabel akan terbuat sesuai dengan apa yang kita inputkan.

Selanjutnya disana masih ada menu Draw table, Excel spreadsheet dan Quick tables. Kita langsung saja masuk ke menu quick table. Karena dua menu sebelumnya biasanya jarang kita gunakan. Mungkin kita akan membahasnya di lain kesempatan.

Klik di menu “Quick tables” maka akan muncul disebelah kanan berbagai macam format table yang siap anda gunakan. Tamplate ini telah distering sedemikian rupa sehingga kita tidak lagi mengaturnya untuk menyesuaikan dengan kontent kita.

Cara Membuat Tabel

Anda dapat memilihnya seduai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Cara ini adalah cara membuat tabel di microsoft word  paling praktis dan mudah. Namun terkadang apa yang akan kita buat tidak selalu muncul pada tamplate tersebut.

Cara membuat tabel pada microsoft excel


Masih dalam ruang lingkup office software, tabel juga dapat kita buat di Microsoft excel. Seperti yang telah saya katakan di depan bahwa office yang saya gunakan masih versi 2007. Jadi ms excel juga masih 2007. Namun tidak masalah karena tidak ada perbedaan yang jauh.

Oke sekarang kita lanjut dengan cara membuat tabel di microsoft excel 2007. Silahkan anda jalankan software ms excel 2007 atau seri berapa yang anda miliki. Sama saja.

Tidak sama dengan table yang telah kita buat dengan ms office. Cara membuat tabel di ms excel sedikit berbeda. Namun lebih mudah, karena kita hanya perlu membuat border yang dibuthkan.
Dari lembar kerja ms excel anda silahkan blok yang anda ingin buat garis atau ingin anda buat menjadi table.

Cara Membuat Tabel

Kemudian lihat pada toolbar menu dan klik pada menu “border”. Setelah itu akan muncul kotak dialog  yang dapat anda gunakan untuk membuat border pada table yang akan anda buat. Untuk memberi garis pada semua kotak yang kita blok, maka klik “all borders”

Cara Membuat Tabel

Selain cara tersebut anda juga dapat membuat table dengan insert table. Cara yang digunakan hampir sama dengan cara membuat tabel di microsoft word. Namun hasilnya berbeda.

Cara Membuat Tabel

Pertama blok kotak yang akan anda buat menjadi tabel. Setelah itu kemudian klik “insert” pada toolbar menu kemudian klik “table”. Kemudian akan muncul kotak dialog lagi, langsung saja klik “Ok”


Maka tabel akan terbentuk langsung, dan anda dapat mengganti desain tabel sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Baik merubah jenis border, shading dan lain sebagainya.


Setelah anda buat table baik di Microsoft Word ataupun Microsoft Excel, anda bisa mengaturnya dan menyesuaikan dengan format yang ingin anda buat. Anda dapat melakukan “merge” menambah kolom atuapun baris, hingga tabel yang anda buat benar – benar pas sesuai dengan format yang anda buat.

Demikian sedikit tutorial tentang bagaimana cara membuat tabel baik dengan menggunakan Microsoft word dan juga Microsoft Excel. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Tetap ikuti update artikel di sinaukomputer.net. Jangan lupa share ke semua teman anda agar semua mendapatkan manfaat seperti yang anda rasakan. Sekian dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Tabel di Microsoft Word dan Excel Dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel