16 Nov 2017

Sistem Operasi Komputer, Pengertian Dan Juga Macamnya

Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang tersusun dari tiga komponen perangkat, yaitu perangkat pengguna komputer (brainware), perangkat keras komputer (hardware), dan perangkat lunak komputer (software). Dari ketiga komponen tersebut, perangkat lunak merupakan perangkat yang paling penting bagi komputer. Perangkat lunak terdiri dari program aplikasi serta sistem operasi.Sistem operasi komputer merupakan jantung bagi komputer.

Komputer tidak bisa melaksanakan perintah jika di dalamnya tidak terdapat sistem operasi komputer. Secara ringkas, pengertian sistem operasi komputer merupakan perangkat lunak yang memiliki tugas untuk mengendalikan perangkat keras komputer serta menjalankan aplikasi yang ada pada komputer seperti Microsoft Office dan browser.

Baca juga : Sejarah komputer dari generasi ke generasi

Sistem operasi komputermengalami perubahan seiring dengan kecanggihan teknologi. Secara umum, perkembangan dari sistem operasi terdiri dari empat generasi, antara lain:

Generasi Pertama

Sistem operasi komputerpada generasi pertama masih dilakukan secara manual. Pada generasi pertama, setiap komponen komputer harus dijalankan sendiri-sendiri. Tidak ada kesatuan antara komponen sistem operasi.

Generasi Kedua

Generasi kedua dari sistem operasi sudah mengalami perkembangan. Sistem operasi tidak lagi berdiri sendiri-sendiri. Sistem operasi sudah menjadi satu kesatuan atau rangkaian yang dikenal dengan istilah Batch Processing System.

Generasi Ketiga

Sistem operasi di komputer mengalami perkembangan yang signifikan. Sistem operasi pada generasi ketiga mendukung komputer untuk melakukan berbagai macam pekerjaan dalam satu waktu. Sistem operasi pada generasi ketiga didukung fitur multi-user (pengguna yang beragam), multi-program (program yang beragam, dan multi-task (tugas yang beragam).

Generasi Keempat

Sistem operasi pada generasi keempat memiliki fitur yang lebih canggih. Sistem operasi pada generasi ini didukung oleh fitur GUI (Graphical User Interface). Dengan fitur ini, sistem operasi memiliki tampilan gambar atau ikon yang mudah dipahami.Tidak seperti sistem operasi pada generasi sebelumnya yang masih menggunakan bahasa pemrograman atau rumus tertentu.

Generasi Kelima

Generasi kelima merupakan generasi paling canggih yang ada pada sistem operasi di komputer. Sistem operasi pada generasi kelima memiliki server yang berbasis website.Sehingga, dibutuhkan jaringan internet untuk menjalankan sistem operasi ini. Selain itu, ada sistem operasi mobile yang mudah untuk dioperasikan. Sistem operasi yang berbasis mobile biasanya digunakan pada laptop dan smart phone.

Sistem operasi komputer tersusun bagian-bagian di bawah ini.

Handler

Handler merupakan bagian dari sistem operasi dalam komputeryang memiliki fungsi untuk mengendalikan sistem yang ada di dalam perangkat komputer.Tugas dari handler adalah untuk memastikan tidak terjadi kekeliruan atau masalah ketika komputer sedang dijalankan.Selain itu, handler berfungsi sebagai penghemat sumber daya.Sehingga, komputer tidak menyedot terlalu banyak daya listrik.

Driver

Driver adalah bagian dari sistem operasi komputeryang memiliki fungsi sebagai pengendali kinerja perangkat keras komputer. Driver memegang peranan penting dalam interaksi antara perangkat lunak komputer dengan perangkat keras komputer. Setiap perangkat keras komputer pasti memiliki driver masing-masing.

Resource Allocator

Salah satu bagian penting dalam sistem operasi komputer adalah resource allocator. Fungsi sistem operasi pada komputer yang satu ini adalah untuk mengalirkan sumber daya listrik ke dalam komputer serta mengatur berapa banyak sumber daya yang dikonsumsi oleh perangkat komputer.

Shell

Shell adalah bagian dari sistem operasi komputeryang kerap disebut command interpreter. Komponen sistem operasi ini memiliki fungsi untuk menginterpretasikan input dari perangkat pengguna komputer. Input ini berupa perintah untuk menjalankan aplikasi yang diminta oleh perangkat pengguna komputer.

Boot Mekanisme

Bagian inti dari sistem operasi komputerdisebut boot mekanisme atau mechanism boot. Komponen ini berfungsi untuk menjalankan prosesor agar komputer dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain itu, sistem operasi yang ada pada komputer tidak hanya terdiri dari satu jenis. Ada beberapa macam sistem operasi komputer yang dikeluarkan oleh perusahaan perangkat komputer yang berbeda-beda.


Contoh Sistem Operasi Komputer


Microsoft Windows

sistem operasi komputer

Microsoft Windows merupakan sistem operasi di komputer yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Sistem operasi Microsoft Windows dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Windows yang berada didirikan oleh Bill Gates. Microsoft Windows merupakan sistem operasi yang menggunakan sistem GUI (Graphical User Interface). Dengan tampilan tersebut, sistem operasi ini memiliki tampilan yang mudah dipahami oleh pengguna komputer. Sistem operasi Microsoft Windows sendiri mengalami beberapa kali perkembangan untuk menciptakan sistem operasi yang paling unggul. Pengembangan terbaru dari sistem operasi Microsoft Windows adalah Microsoft Windows 8.

IBM

Salah satu contoh sistem operasi komputer yang memiliki banyak pengguna adalah IBM.IBM merupakan sistem operasi yang dirilis oleh dua perusahaan perangkat komputer terbesar di dunia, yaitu International Business Machine Corporation dan Microsoft Corporation. Sistem operasi IBM merupakan sistem operasi untuk menggantikan sistem operasi DOS yang sudah ketinggalan jaman.Sistem operasi ini memiliki desain yang mendukung mikro prosesor dari Intel. Sistem operasi IBM dilengkapi pula dengan fitur Protected Mode yang membantu menjalankan tugas komputer yang banyak tanpa menimbulkan kendala.

Macintosh Operating System

sistem operasi komputer

Macintosh Operating System atau MAC merupakan sistem operasi yang dirancang oleh perusahaan Apple Computer yang dirintis oleh Steve Jobs.Sistem operasi MAC tidak bisa digunakan untuk sembarang komputer.Hanya komputer yang diproduksi oleh Apple Computer yang dapat menggunakan sistem operasi MAC. Sistem operasi MAC memiliki banyak keunggulan dibandingkan sistem operasi yang lain. Sistem operasi MAC memiliki performa yang stabil, walau tugas yang harus dijalankan oleh komputer berjumlah banyak. Sistem operasi MAC memiliki tampilan atau user interface yang menarik serta mudah dipahami. Selain itu, keunggulan dari sistem operasi MAC adalah aman dari malware atau virus yang dapat merusak komputer.

UNIX

sistem operasi komputer

Sistem operasi UNIX merupakan sistem operasi yang dirancang oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang portabel. Sistem operasi ini dapat digunakan oleh beberapa pengguna komputer (multi–user) serta mampu menjalankan beberapa tugas komputer dalam satu waktu (multi-tasking). Sistem operasi UNIX masih menggunakan TCB atau Text Command Based. Sehingga, sistem operasi ini masih menggunakan kalimat atau rumus untuk menjalankan perintah. Sistem operasi UNIX memiliki kompabilitas yang tinggi.Sehingga, banyak perusahaan yang menyalin dan mengembangkan sistem operasi baru yang berdasarkan sistem operasi UNIX.

LINUX

sistem operasi komputer

Linux merupakan sistem operasi yang dirancang oleh Linus Trovalds. Sistem operasi Linux berasal dari pengambangan sistem operasi UNIX.Sistem operasi komputerini kerap disebut sebagai Minix atau versi mini dari sistem operasi Unix. Linux sebenarnya masih menggunakan Command Line Interface. Namun, sistem operasi Linux dapat diubah menjadi Graphical User Interface sesuai dengan jenis perangkat komputer. Sistem operasi Linux memiliki kelebihan yaitu tidak berbayar dan dapat didistribusikan tanpa royalti. Hal ini membuat Linux semakin populer karena bisa digunakan secara gratis.

Baca juga : Bahas tuntas, jenis - jenis jaringan komputer

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih
EmoticonEmoticon