-->

Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi ke Generasi

Komputer menjadi salah satu perangkat penting yang dibutuhkan di era modern seperti sekarang.Berbagai model dan tipe komputer yang semakin canggih dengan desain cantik terus bermunculan.Namun, awal komputer muncul tidak secanggih ataupun sebagus sekarang. Sejarah komputer pada awal penemuannya memiliki bentuk yang cukup besar dan jauh berbeda dengan komputer sekarang. Komputer yang sekarang merupakan komputer generasi kelima. Sebelumnya ada komputer-komputer yang belum terlalu sempurna dari generasi ke generasi. Dan berikut adalah perkembangan dari perangkat komputer dari awal penemuan hingga sekarang.

Perkembangan Dan Sejarah Komputer Dari Generasi Pertama Hingga Sekarang 


Komputer pada generasi pertama, kedua, ketiga, keempat, hingga kelima memiliki perbedaan pada bentuk atau pun kemampuannya.Berikut ulasan untuk sejarah komputer lengkap dari awal hingga sekarang.

1. Penemuan komputer

Nama Charles Babbage dikenal sebagai bapak komputer. Nama tersebut tercantum dalam sejarah komputer sebagai penemu pertama dari teknologi yang sekarang disebut komputer.Beliau merupakan seorang ahli matematika asal Inggris. Kesulitan-kesulitan perhitungan menggunakan tabel matematika, memotivasi seorang Charles Babbage untuk membuat cara agar bisa menghitung secara mekanik dan mengurangi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi pada perhitungan biasa. 

Bapak komputer ini kemudian menemukan mesin penghitung yang disebut sebagai Difference Engine pertama. Setelah kepergian Charles Babbage, mesin diferensial temuannya dilanjutkan dan dirakit oleh anaknya.Walaupun tidak menciptakan komputer seperti sekarang, tetapi penemuan mesin tersebut menjadi salah satu bagian yang dikembangkan dalam teknologi komputer sekarang.

Penemuan Charles Babbage ini memang sangat penting dalam sejarah komputer dan bermanfaat hingga sekarang.Sosok bapak komputer ini juga diketahui memiliki banyak penemuan lain. Mulai dari sistem pos yang dijalankan di Inggris, pilot kereta api atau bagian paling depan lokomotif yang bekerja membersihkan rel dari benda-benda yang dapat mengganggu perjalanan kereta. 

Ilmuwan yang lahir tahun 1971 ini mendapatkan banyak penghargaan atas penemuan-penemuannya, terutama untuk teknologi diferensial yang sangat penting pada sejarah komputer.Bapak komputer ini juga diberi gelar profesor matematika dari Universitas Cambridge. Pemerintah Inggris memberikan dana untuk penelitian Babbage. Sampai pada akhirnya di tahun 1942, bantuan dana untuk Babbage dihentikan oleh pemerintah Inggris.

Baca : Jenis - Jenis Jaringan Komputer & Penjelasannya

2. Komputer Generasi Pertama

sejarah komputer, komputer generasi pertama

Jauh berbeda dari komputer sekarang yang beratnya hanya 2 sampai 4 kilo.Komputer generasi pertama mempunyai berat mencapai 30 ton pada bagian mesinnya. Sejarah komputer pada generasi pertama ini memang menarik untuk dibahas. Jika melihat komputer sekarang dan generasi pertama, pasti sangat jelas terlihat perbedaannya. Mulai dari ukurannya hingga cara kerja dan kemampuan komputernya. 

Tahun 1937, muncul ABC atau Atanasoff Berry Computer yang dianggap sebagai komputer elektronik pertama. Beberapa tahun kemudian, muncul lagi ENIAC atau Electronic Numerical Integrator dan Calculator.Teknologi digital elektronik tersebut merupakan rancangan dari John Mauchly dan J. Presper Eckert. Rancangan yang sebenarnya sudah ada sejak 1942 tersebut baru dikerjakan dan selesai tahun 1946 di Universitas Pennsylvania yang dulunya adalah Moore School of Electrical Engineering.

Sejarah perkembangan komputer pada tahun 1946 hingga 1959 atau generasi pertama ini tentu berbeda dari komputer sekarang. Komputer yang disebut sebagai ENIAC tersebut memiliki 10 ribu kapasitor, 70 ribu resistor, 75 ribu saklar, dan 18 ribu tabung hampa udara. Sudah sangat jelas bentuknya yang begitu besar dan bahkan untuk tempatnya membutuhkan ruang yang luas hingga 500 meter persegi.

Sejarah komputer pada generasi ini memang memiliki ukuran besar.Daya listrik untuk menjalankan mesinnya bahkan mencapai 140 kilowatt. Mesin dari komputer pertama ini juga membutuhkan ruangan yang luas hingga 167 meter persegi. Kemampuan atau program komputernya juga tidak sama seperti sekarang. Pada generasi pertama tersebut, komputer dikembangkan untuk peluru kendali dan desain pesawat.Program komputer pada generasi pertama disebut sebagai machine language.

3. Komputer Generasi Kedua

Tahun 1960an penggarapan komputer mulai dilakukan oleh para ilmuwan.Sejarah komputer pada generasi kedua ini mulai dikembangkan dengan transistor yang membuat komputer lebih kecil dari generasi sebelumnya. Penggunaan transistor tersebut juga membuat komputer dapat bekerja dengan lebih maksimal.

sejarah komputer, komputer generasi kedua

Bahasa mesin pada komputer pun diganti dengan bahasa assembly pada komputer generasi kedua ini.Pada awal tahun 1960 komputer sudah cukup sukses dan digunakan untuk berbagai bidang.Tidak seperti generasi pertama yang lebih pada perhitungan, komputer generasi kedua yang sudah menggunakan transistor ini digunakan pada instansi pemerintahan dan perguruan tinggi untuk pengerjaan suatu perhitungan ilmiah.Namun harga mesin ini memang masih sangat mahal.

Selain ukuran yang lebih kecil dari komputer generasi pertama, kemampuannya juga lebih cepat dan mampu melakukan real sharing dan juga proses secara real time. Daya listrik yang digunakan pada komputer generasi kedua juga lebih kecil. Komputer generasi kedua ini merupakan sejarah komputer yang sukses di pasaran. 

Hal tersebut karena bukan hanya untuk program bisnis, komputer generasi kedua sudah bisa diterapkan manfaatnya untuk bidang pendidikan, industri, dan kesehatan. Komputer generasi kedua ini pun memiliki kemampuan untuk mencetak data, menghitung daftar gaji, hingga mendesain sebuah produk.Walaupun sudah lebih baik dari sebelumnya, komputer generasi kedua masih memiliki kekurangan yaitu pada transistor. Sejarah komputer dan perkembangannya pada generasi kedua ini memiliki kekurangan pada transistor yang digunakan ternyata membuat komputer panas dan bisa merusak komponen internal lainnya.

4. Komputer Generasi ketiga 

komputer generasi ketiga

Berganti pada komputer generasi ketiga yang berkembang sangat pesat sejak 1964 hingga 1970. Jack Billy yang merupakan seorang ilmuwan berhasil membuat penemuan baru yaitu integrated circuit atau IC. Chip kecil tersebut adalah hasil penelitian Jack Bill untuk mengatasi masalah transistor yang menimbulkan panas pada komputer sebelumnya. Komputer dengan transistor pun perlahan mulai ditinggalkan.

Sejarah komputer generasi ketiga yang paling inovatif adalah penggunaan IC tadi yang dapat menjadi tempat pemasangan untuk banyak komponen komputer. IC tersebut juga masih digunakan pada mesin komputer sekarang. Di dalam IC komputer generasi kedua ini terpasang 6 buah transistor.Memang sedikit, dan jauh berbeda dengan komputer sekarang yang memiliki jutaan transistor pada prosessornya.

Berbeda dari komputer sebelumnya, komputer generasi ketiga sudah lebih canggih karena bisa digunakan untuk berkomunikasi antara satu komputer dengan komputer lain. Inovasi IC pada prosesor komputer membuat sejarah komputer generasi ketiga memiliki kinerja yang lebih cepat dan bisa untuk multiprocessing. Komputer generasi kedua ini memiliki kecepatan proses 10 ribu kali lipat dari komputer pertama. 

Untuk menyalakan komputer juga tidak menggunakan daya listrik yang terlalu besar seperti sebelumnya. Selain daya listrik yang turun, harga komputer juga turun dan lebih murah dari komputer generasi kedua. Kapasitas memori komputer generasi ketiga ini juga lebih besar dengan teknologi yang disebut magnetic core storage.

Baca juga : Cara melihat spek komputer dengan sangat mudah

5. Komputer Generasi Keempat 

komputer generasi keempat
Sejarah komputer dari masa ke masa terus berkembang pesat.Pada komputer generasi keempat misalnya yang lebih ringkas ukurannya. IC yang digunakan untuk komputer generasi ini juga dibuatkan dalam chip tunggal yang memiliki kemampuan untuk menampung komponen internal komputer dengan jumlah mencapai ribuan. Sudah bermunculan perusahaan-perusahaan yang membuat IC dan teknologi komputer yang lebih baru. Seperti teknologi LSI atau Large Scale Integration yang juga disebut sebagai Bipolar LSI. 

Chip kecil berbentuk persegi empat menjadi kemajuan di dunia komputer. Chip tersebut membuat komputer lebih cepat dan ukurannya juga lebih kecil. Pada perkembangannya chip untuk LSI ini berubah menjadi VLSI atau Very LSI. Chip dengan ratusan ribu IC. Teknologi tersebut terus dikembangkan hingga muncul komputer mikro.Semikonduktor dan bagian mikroprosesor juga dibuat dalam bentuk chip.

Pada tahun 1970an muncul perusahaan yang memperkenalkan mikrokomputer 4 bit.Perusahaan tersebut adalah Intel yang memiliki teknologi canggih yang juga digunakan pada komputer-komputer sekarang. Pada komputer generasi keempat ini, chip yang digunakan untuk prosesor berisi 230 transistor yang bisa menjalankan 60 ribu operasi dalam hitungan detik. Muncul lagi teknologi mikrokomputer 8 bit yang dikeluarkan Intel pada tahun 1972. 

Sejarah komputer pada masa ini dikenal dengan bagian layar monitornya yang menggunakan green color atau satu warna saja.Komputer pada generasi keempat ini sudah banyak dibuat oleh perusahaan-perusahaan komersial besar. Bedanya dari komputer sekarang adalah komputer generasi keempat tidak menggunakan standar komputer seperti PC. Bahasa yang digunakan dalam pemrograman komputer generasi keempat ini sudah menggunakan Microsoft Basic dengan CPM untuk sistem kontrol pada pengoperasiannya.

6. Komputer Generasi Kelima 


Sejarah komputer generasi kelima dimulai sejak tahun 2000an sebagai komputer yang dikenal sekarang ini. Tentunya sudah menggunakan PC sebagai standar komputernya. Ada banyak perusahaan yang mengembangkan teknologi komputer. Seperti Intel dan Microsoft yang membuat teknologi PC pada sebuah komputer yang lebih canggih.Kini Teknologi PC dari perusahaan Bill Gates tersebut digunakan sebagai standar internasional untuk software dan hardware komputer. 

Sejarah komputer saat ini sudah sangat pesat dan semakin canggih.Perkembangan generasi kelima ini lah yang kemudian mengenal pentium sebagai salah satu mikroprosesor canggih untuk komputer.Banyak yang menyebut perkembangan komputer saat ini sebagai generasi pentium. Teknologi prosesor tersebut benar-benar canggih dan bisa menjalankan proses dengan kecepatan hingga 2 GHz.

Pada generasi pertama komputer menggunakan tabung hampa, transistor pada generasi kedua. Berlanjut pada generasi ketiga yang menggunakan IC dan generasi keempat menggunakan VLSI.Peningkatan kemampuan komputer generasi kelima benar-benar lebih maju dan modern dengan penggunaan mikroprosesor ULSI pada generasi kelima ini. Sejarah komputer dari generasi ke generasi yang paling banyak terjadi pada generasi kelima ini. 

Chip yang digunakan untuk menyimpan komponen internal, membuat kinerja komputer yang lebih cepat dan ukurannya pun lebih kecil. Bisa dilihat dari komputer-komputer sekarang yang lebih kecil bagian PC-nya. Layar monitor pada komputer sekarang pun memiliki jutaan warna dengan resolusi yang semakin tajam. Sejarah komputer yang dimulai dari bentuknya yang sangat besar, kini tampil dengan bentuk yang lebih kecil bahkan bisa dipindah-pindahkan. Seperti perangkat laptop yang menjadi bukti perkembangan dunia komputer.

Baca juga :
Sejarah komputer ini tentunya akan terus berkembang, apalagi sudah banyak perusahaan dan ahli komputer yang terus berusaha membuat teknologi baru pada komputer. Komputer di masa mendatang bahkan digadang-gadang bisa meramalkan masa depan. Demikian perkembangan dari sejarah komputer sejak awal penemuannya hingga berkembang menjadi perangkat yang canggih seperti sekarang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Komputer Lengkap Dari Generasi ke Generasi "

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel