-->

Cara Merawat Komputer Laptop Dengan Baik Agar Awet & Tahan Lama

Cara merawat komputer atau laptop sebenarnya cukup simpel dan mudah. Anda tidak perlu repot seperti merawat anak ayam yang ditinggal induknya. Hanya lakukan beberapa maintenance sederhana. Namun, merawat komputer bias sedikit rumit apabila komputer kita sudah terlanjur sakit atau membutuhkan upgrade hardware atau perangkat. Nah, mau tau hal – hal penting tentang cara perawatan komputer ? Simak selengkapnya sesaat lagi.

Awet dan tidaknya komputer biasanya tergantung ussernya. Bagaimana cara anda menggunakannya, itu sedikit banyak mempengaruihi kinerja komputer dan itu akan berdampak juga pada keawetan komputer. Oleh karena itu, perlu diketahui apa – apa saja yang perlu dilakukan atau cara - cara pemeliharaan dan perawatan pc, komputer atau laptop secara detail.

Cara Merawat Komputer & Laptop Dengan Baik


Baik, sebagaimana kita tahu bahwa komputer atau laptop terdiri dari dua macam perangkat yang menyusunnya. Yaitu hardware (perangkat keras) dan juga Software (perangkat lunak). Setidaknya ada dua perawatan yang perlu kita lakukan pada komputer kita yaitu hardware dan software.

Perawatan Komputer Secara Hardware (perangkat keras)


Sebelumnya, sudah tahukah anda apa saja perangkat keras (hardware) yang ada di dalam komputer kita ? Dan apa saja fungsinya ? Nah, bagi anda yang belum, ada baiknya ada mengetahuinya, karena sangat berhubungan erat dengan tindakan perawatan hardware komputer.

Baca : Penjelasan lengkap tentang perangkat keras komputer dan fungsinya

Cara merawat komputer dari sisi hadware, dilakukan apabila kondisi komputer sering eror. Seperti tidak bisa startup, atau tidak bisa masuk ke windows. Gambar di monitor kabur , suara audio tidak keluar atau berbagai macam kondisi lainnya. Berikut beberapa teknik perawatan komputer hadware secara berkala.

# Hard Disk

Perangkat ini cukup penting, karena berperan sebagai penyimpan data permanen di dalam komputer, termasuk perangkat sistem operasi komputer. Oleh karena itu, apabila hard disk eror, ciri yang paling sering adalah. Sistem komputer tidak bisa menemukan file untuk boating.

cara perawatan komputer laptop

Inilah sebabnya mengapa perawatan berkala pada komputer perlu dilakukan. Yang berhubungan dengan perawatan hard disk adalah unit hardisk itu sendiri, kabel penghubung ke motherboard, dan juga kabel power. Cek semua komponen tersebut.


# RAM

Random acces memory, biasanya cukup awet namun terkadang ada beberapa masalah pada slot yang kotor atau konektornya beku. Biasanya karena komputer terlalu lama tidak digunakan. Cirinya hampir sama, komputer tidak bisa masuk ke windows. Copot ram, bersihkan dengan penghapus, dan pasang lagi.

# Motherboard

Cara merawat komputer dengan baik seharusnya memang dilakukan secara berkala. Komponen yang satu ini paling jelas apabila terjadi kerusakan. Biasanya komputer akan mati total, atau terkadang juga kipas prosesor masih bisa nyala namun komputer selalu restart terus tanpa bisa masuk ke windows.

Cara perawatan motherboard jarang dilakukan. Biasanya ini tergantung dari pemakaian jaringan listrik rumah anda. Apabila sering down ini akan berpengaruh terhadap kesehatan motherboard komputer. Jadi solusinya gunakan UPS agar arus listrik stabil.

# Temperatur (Suhu) Komputer 

Oh iya, cara merawat PC ini hampir sama juga pada laptop yaitu untuk urusan pendingin. Kalau di laptop kita bisa memberi pendingin di bagian bawah, kalau di PC kita bisa tambahkan kipas di segala penjuru di dalam box CPU. Dengan cara ini kita bisa sedikit mengendalikan suhu ruangan sehingga tidak cepat panas.

cara merawat komputer

Cara merawat komputer dari sisi software (perangkat lunak)


Di kesempatan yang lalu kita sudah membahas berbagai macam dan jenis perangkat lunak komputer. Masih ingat ? Disana kita sebutkan salah satu macam perangkat lunak yaitu perangkat yang berfungsi untuk maintenance.

Baca lagi : Jenis – jenis perangkat lunak komputer dan fungsinya

Metode atau cara merawat komputer dari sisi perangkat lunak salah satunya adalah dengan menggunakan software maintenance ini. Namun apakah hanya itu saja ? Tentu saja tidak, berikut ini beberapa opsinya :

# Hapus file yang tidak berguna di komputer

Terkadang berbagai macam file kita simpan di komputer tanpa tau apa fungsinya dan kapan akan digunakan. Apalagi file film dan audio. Sering kita mengkoleksinya, padalah kita tidak memutarnya setiap hari. Bahkan kita sudah lupa. File – file seperti ini perlu anda hapus agar tidak memenuhi ruang hardisk komputer anda.

Cara yang paling tepat anda backup di CD atau DVD, sehingga apabila sewatu – waktu anda membutuhkan. Anda tinggal mengambilnya.

# Uninstall software komputer yang tidak anda gunakan

Seperti halnya file – file yang tidak berguna. Aplikasi atau software komputer yang tidak anda gunakan lebih baik di copot (uninstall) agar tidak memperberat kerja komputer. Apalagi software dengan kapasitas memory yang cukup besar. Pastikan di dalam komputer anda, hanyalah software yang anda gunakan sehari – hari saja. Inilah salah satu cara merawat komputer agar tidak lemot.

Baca : Cara uninstall program komputer

# Bersihkan file sampah di komputer

Setiap kali kita melakukan perintah di komputer, bersama dengan itu juga komputer mengeluarkan file sampah. Jika file ini menumpuk juga akan membuat komputer kita menjadi menurun kinerjannya. Oleh karena itu, file – file ini perlu dibuang. Anda bisa menggunakan software maintenance untuk mempermudah pekerjaan ini. Tentang bagaimana cara membersihkan file sampah di komputer bisa dibaca dengan detail di sini langkah demi langkah :

Tutorial : Cara membersihkan file sampah di komputer

# Gunakan Antivirus Update

Perlu diperhatikan, ini adalah salah astu cara merawat komputer agar tidak terkena virus. Banyak diantara kita, sudah menggunakan antivirus tapi masih juga komputernya banyak virus. Penyebabnya adalah antivirus yang digunakan tidak up to date.

Memang berhati – hati dari kemungkinan serangan virus itu lebih baik daripada harus menggunakan bermacam – macam antivirus. Tetapi kombinasi dua metode ini apabila diterapakan cukup efktive untuk mencegah dan menangkal virus masuk ke komputer kita.

Recomended : 6 Antivirus untuk PC terbaik

“Banyak Jalan Menuju Roma” seperti pepatah tersebut, ada banyak juga cara lainnya yang bisa anda gali untuk melakukan maintenance komputer atau laptop anda. Semoga cara merawat komputer & laptop singkat yang kita bahas kali ini bisa bermanfaat untuk sahabat Sinau Komputer dirumah. Jangan lupa baca juga tutorial bermanfaat lainnya :

Penting untuk diketahui :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Merawat Komputer Laptop Dengan Baik Agar Awet & Tahan Lama"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel