Cara Merakit Komputer PC Sendiri Ternyata Cukup Mudah

Laptop adalah perangkat elektronik yang menemani kehidupan manusia di era modern.Namun, masih ada banyak orang yang belum bisa meninggalkan PC (PersonalComputer).PC memang membutuhkan sumber daya listrik untuk mengoperasikannya, tetapi PC memberikan performa yang maksimal serta harga yang lebih terjangkau. Apalagi jika pemilik PC mengetahui cara merakit komputer. 

Pastinya biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan seperangkat komputer lebih murah bila dibandingkan dengan laptop. Merakit komputer bukanlah sesuatu yang sulit. Cara merakit komputer PC dapat dipelajari secara autodidak melalui tutorial cara merakit komputer yang dapat dicari di internet. Apalagi cara merakit komputer dilengkapi dengan gambar. 

Cara Merakit Komputer PC Sendiri


Berikut ini ada penjelasan mengenai cara merakit komputer beserta gambarnya yang dapat dipraktekkan di rumah.

1. Persiapkan Alat dan Komponen Komputer

Langkah pertama dalam cara merakit komputer sendiri adalah mempersiapkan alat dan komponen yang dibutuhkan. Alat yang dibutuhkan untuk merakit komputer antara lain sekrup dan obeng. Sedangkan, komponen komputer yang harus ada selama proses perakitan komputer meliputi monitor, keyboard, mouse, harddisk, RAM, prosesor, motherboard, heatsink atau kipas, dan casing CPU.


2. Pasang Prosesor ke Motherboard

Cara merakit komputer dengan benar yang selanjutnya adalah memasang prosesor ke dalam motherboard. Prosesor merupakan otak dari komputer. Tanpa adanya prosesor, komputer tidak akan bisa menjalankan fungsinya dalam memudahkan pekerjaan manusia. Oleh karena itu, cara merakitdari prosesor ke motherboard harus dilakukan dengan hati-hati.


cara merakit komputer pc

Prosesor dipasang ke dalam motherboard dengan cara membuka soket pengunci prosesor yang berada di motherboard. Kemudian, oleskan pasta khusus untuk merekatkan prosesor dengan motherboard. Lantas, letakkan prosesor ke dalam motherboard dengan hati-hati. Sebaiknya, gunakan pinset untuk meletakkan prosesor ke motherboard karena prosesor berukuran kecil.Selain itu, gunakan sarung tangan agar prosesor atau motherboard tidak terpapar oleh debu atau kotoran. 

Prosesor atau motherboard yang kotor dapat menghambat kinerja komputer serta merusak perangkat komputer secara perlahan. Jika prosesor sudah terpasang di atas motherboard, maka tutup dan kencangkan lagi soket pengunci prosesor sampai kencang.

Artikel terkait : Daftar tipe dan harga Motherboard Gigabyte terbaru 2018

3. Pasang RAM ke Motherboard

Cara merakit komputer yang selanjutnya adalah memasang RAM ke motherboard. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Fungsi dari RAM adalah untuk menyimpan aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk menunjang kinerja komputer. RAM memiliki kapasitas memori yang tidak besar. Rata-rata RAM berkapasitas 1 GB sampai dengan 2 GB.

cara merakit komputer pc

Cara memasang RAM ke motherboard dilakukan dengan membuka tuas kunci RAM yang menempel pada motherboard. Kemudian, pasang RAM dengan cara menyesuaikan lekukan RAM dengan lekukan slot untuk RAM yang ada pada motherboard. Hubungkan setiap ujung RAM dengan tuas pengunci RAM yang ada di motherboard. RAM terpasang dengan baik dan dapat digunakan jika sudah terdengar bunyi klik antara RAM dengan tuas pengunci RAM di motherboard.

4. Pasang Slot Power Supply pada Casing CPU

Sebagian besar casing CPU sudah dibekali dengan power supply atau saluran penyalur energi listrik ke komputer. Namun, masih ada banyak casing CPU yang tidak terdapat slot untuk power supply. Sehingga, slot untuk power supply harus dipasang secara manual. Cara merakit komputer untuk memasang slot power supply ke di casing CPU dimulai dengan menentukan pada bagian mana slot untuk powersupplyakan dipasang. 


cara merakit komputer

Biasanya slot untuk power supply dipasang pada bagian sudut atas casing CPU, bagian paling bawah casing CPU, atau disesuaikan dengan model casing CPU. Jika sudah menemukan slot untuk memasang power supply, maka siapkan sekrup yang ukurannya sesuai dengan lubang sekrup yang terdapat di casing CPU. Sekrup tersebut berfungsi untuk menguatkan slot untuk power supply yang terpasang pada casing CPU. 

Kencangkan slot power supply pada casing CPU dengan menggunakan obeng yang sudah disiapkan sebelumnya. Slot untuk power supply terpasang dengan benar dan dapat digunakan jika slot tersebut tidak jatuh atau goyah.

5. Pasang Harddisk

Harddisk merupakan komponen komputer yang sangat penting. Harddisk merupakan media penyimpanan internal komputer yang berfungsi untuk menyimpan beragam data yang ada di komputer. Harddisk sendiri letaknya pada bagian di dalam CPU. Oleh karena itu, untuk memasang harddisk dapat dilakukan dengan memosisikan casing CPU dalam posisi berdiri untuk menemukan slot untuk harddisk. Setelah itu, pasang harddisk pada slot yang sudah disediakan.


cara merakit komputer

Kencangkan harddisk dengan menguncinya menggunakan baut dan obeng. Selain itu, perangkat penyimpanan tidak hanya seputar harddisk. Ada media penyimpanan lain yang harus ada di dalam CPU, yaitu DVD-RW. Komponen ini berfungsi untuk membaca file yang disimpan dalam bentuk CD atau DVD. DVD-RW berlokasi pada casing CPU bagian atas.Kemudian, gunakan baut dan obeng untuk mengunci DVD-RW agar tidak bergerak. Jangan lupa untuk menghubungkan DVD-RW dan harddisk dengan menggunakan kabel.

6. Pasang Motherboard ke Casing CPU


cara merakit komputer

Cara merakit komputer yang selanjutnya adalah memasang motherboard ke dalam casing CPU. Sebelum memasang motherboard, ketahui terlebih dulu letak slot untuk motherboard yang ada di CPU. Biasanya slot untuk motherboard berada di sisi bagian dalam dari casing CPU. Jika sudah menemukan slot untuk motherboard, segeralah pasang motherboard ke dalam CPU. Gunakan baut untuk menempelkan motherboard pada casing CPU.Setelah itu, kunci motherboard dengan menggunakan obeng.

7. Pasang Kartu VGA


cara merakit komputer
http://www.playtool.com
Sebenarnya ada beberapa jenis motherboard yang sudah dibekali dengan kartu VGA. Namun, jika motherboard belum dilengkapi dengan kartu VGA, maka memasang kartu VGA harus ada dalam cara merakit komputer. Kartu VGA dapat dipasang pada motherboard dengan cara membuka slot pengunci kartu VGA yang ada pada motherboard. Kemudian, pasang kartu VGA sesuai dengan posisinya.Jika kartu VGA sudah terpasang dengan tepat, segera tutup slot pengunci kartu VGA.

8. Tutup Casing CPU


cara merakit komputer

Jika semua komponen komputer sudah terpasang dengan benar, maka cara merakit komputeryang terakhir adalah menutup kembali CPU dengan casing penutup. Sehingga, komponen yang ada di dalam CPU terhindar dari debu dan kotoran.

Cara menutup casing CPU sangatlah mudah. Cukup dengan memasang casing penutup CPU dan mengencangkannya dengan baut atau sekrup. Setelah itu, hubungkan kabel yang ada pada slot powersupply ke sumber aliran listrik yang tersedia. Selain itu, hubungkan monitor, mouse, dan keyboard pada slot yang sudah disediakan.

9. Cek Hasil Perakitan Komputer

Cara merakit komputeryang dilakukan secara autodidak dapat dilihat hasilnya dengan program Fost yang disediakan oleh BIOS. Program Fost merupakan program yang berfungsi untuk mendeteksi kinerja dari perangkat keras yang terpasang pada komputer. Jika sudah masuk ke dalam program Fost, segera atur kapasitas penyimpanan pada harddisk dan durasi booting komputer.

Baca artikel penting lainnya :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Merakit Komputer PC Sendiri Ternyata Cukup Mudah"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...