-->

Komputer Tidak Bisa Startup ? Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Komputer tidak bisa startup merupakan satu permasalahan yang umum terjadi, penyebabnya bisa bermacam - macam dan tidak bisa kita ketahui saat itu juga. Namun para pakar komputer yang telah makan garam dengan ilmu ini, menjelaskan ada beberapa penyebab dan sekaligus cara mengatasi permasalahan tersebut. Kabar gembiranya, sekarang sinau komputer akan membagikannya untuk pembaca sekalian. Selamat menyimak. 
Komputer adalah perangkat yang memiliki banyak manfaat. Kita dapat melakukan sangat banyak pekerjaan dengan menggunakan satu alat ini. Dalam satu waktu, komputer dapat menjalankan beberapa kegiatan sekaligus. Hal ini yang membuat komputer menjadi salah satu perangkat yang banyak dibutuhkan untuk berbagai tujuan. Baik untuk tujuan pekerjaan, pencarian informasi, sampai dengan untuk tujuan hiburan.

komputer tidak bisa startup

Namun, seperti halnya perangkat lunak lainnya, komputer juga dapat mengalami berbagai masalah. Ada banyak masalah yang kerap terjadi pada komputer yang kita miliki. Masalah yang sering terjadi salah satunya adalah komputer tidak bisa startup. 

Masalah ini adalah masalah yang kerap terjadi. Saat Anda menyalakan komputer, tiba-tiba komputer Anda tidak dapat masuk ke program sistem operasi seperti windows dan sebagainya. Layar komputer Anda blank, hanya terdapat kursor dan layar kosong saja. Apa yang membuat masalah ini terjadi? Bagaimana cara mengatasinya? Kita akan membahas hal tersebut di sini.


Penyebab komputer tidak bisa startup


Komputer tidak bisa startup adalah masalah yang sering dialami banyak orang. Penyebab komputer tidak bisa startup ada banyak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Penyebab pertama adalah adanya virus yang menyerang komputer Anda. Virus dapat menyerang bagian mana saja pada komputer kita. Virus ini dapat merusak file, membuat aplikasi tertentu tidak dapat bekerja, dan yang paling parah adalah membuat komputer tidak bisa startup.

2. Penyebab yang kedua adalah karena adanya software yang tidak cocok atau tidak kompatibel dengan komputer Anda. Dalam menginstal sebuah software, kita harus berhati-hati karena tidak semua software kompatibel satu dengan yang lainnya.

3. File sistem operasi corrupt merupakan penyebab selanjutnya. File corrupt kerap terjadi pada komputer kita. File yang corrupt biasanya tidak dapat dibuka. Lalu apa jadinya jika file sistem operasi kita yang corrupt. Maka, komputer kita pun tidak dapat dijalankan.

Berbagai penyebab tersebut adalah hal yang dapat terjadi baik karena kesalahan kita sebagai pemilik komputer ataupun terjadi secara mendadak. Jika hal tersebut terjadi, hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui cara mengatasi komputer tidak bisa startup yang tepat.

Cara mengatasi komputer tidak bisa startup


Cara mengatasi komputer tidak bisa startup windows dapat dilakukan berdasarkan dari penyebab kerusakan. Adapun cara untuk mengatasi komputer tidak bisa startup diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Masalah software yang tidak kompatibel

Jika masalah terjadi karena adanya software yang tidak kompatibel, Anda dapat melakukan perbaikan dengan cara masuk ke komputer yang Anda miliki dengan menggunakan save mode. Safe mode ini bisa dimasuki dengan menekan tombol f5 pada keyboard pada saat Anda pertama kali menyalakan komputer dan layar baru menyala. Setelah Anda dapat masuk dengan safe mode. 

Hal yang harus Anda lakukan adalah memeriksa aplikasi yang sekiranya menjadi penyebab komputer tidak bisa startup. Bisa jadi software yang terakhir kali Anda instal atau software lain yang mencurigakan. Setelah menemukannya, Anda bisa melakukan unistall pada software tersebut dengan masuk ke bagian control panel kemudian pilih uninstall a program. Setelah selesai uninstall, Anda bisa melakukan restart pada komputer Anda.

Baca : Macam - macam perangkat lunak (software) komputer

2. Masalah yang disebabkan virus

Jika masalah terjadi karena serangan virus, yang perlu Anda lakukan adalah masuk dengan safe mode dan scan komputer Anda dengan antivirus yang Anda miliki. Jika virus terdeteksi, segera hapus program yang terjangkit virus dan lakukan restart ulang.

3. Masalah file yang corrupt

Untuk mengatasi masalah ini, masuk ke bagian bios dan ubah boot option yang utama menjadi flaskdisk atau DVD room (sesuai Anda akan melakukan instal ulang dengan media apa). Tekan tombol apapun saat muncul pesan ‘press any key to boot from...’ . Setelah itu, Anda bisa memilih repair your computer dan melakukan repair sampai selesai.

Lihat juga : Komputer tidak bisa booting ? Cari tahu mengapa dan cara mengatasinya

Nah, itu tadi beberapa penyebab komputer tidak bisa startup dan bagaimana cara mengatasinya. Jika Anda menemukan masalah yang serupa, Anda dapat melakukan cara tersebut di atas untuk mengatasinya. Anda juga dapat mengunjungi teknisi terdekat jika apa yang Anda lakukan tidak berhasil membuat komputer Anda kembali berfungsi. Selamat mencoba!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Komputer Tidak Bisa Startup ? Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel