-->

Mengenal Bagian - Bagian Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Bagian - bagian Komputer terdiri dari beberapa jenis. Namun secara umum perangkat komputer memiliki dua buah bagian inti yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Sebagaimana kita tahu, perangkat keras merupakan komponen atau bagian dari komputer berupa fisik yang bisa kita sentuh. Sedangkan perangkat lunak, adalah bagian dari komputer yang berwujud digital yang tidak bisa kita sentuh.

Namun pada kesempatan ini, kita hanya ingin membahas sebuah materi yang seharusnya menjadi pembahasan kita pada permulaan materi di blog ini. Namun karena satu hal, bab pengenalan perangkat atau bagian - bagian komputer kita bahas pada kesempatan saat ini. Tidak mengapa karena ilmu komputer tidak harus anda mulai dari hal - hal yang dasar.

Baiklah, apa yang akan kita bahas pada kesempatan ini sebenarnya sangat general. Dan ini juga sebuah materi yang khusus bagi anda yang membutuhkan informasi sangat dasar mengenai beberapa bagian dari sebuah komputer. Sebagaimana telah dijelaskan diatas, bahwa ada dua bagian penyusun komputer yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.

Khusus mengenai perangkat keras komputer, telah dibahas di blog ini pada kesempatan yang sudah lewat. Jadi pada kesempatan ini tidak akan dibahas lagi secara detail. Silahkan merujuk pada artikel sebelumnya.

Baca di sini : Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Di kesempatan ini, kita akan mengulang pembahasan secara umum tentang beberapa bagian dari komputer beserta penjelasan singkatnya.

Bagian - Bagian Komputer dan Fungsinya


Mungkin anda masih ingat ketika kita pertama kali mendapatkan pelajaran komputer di Sekolah Dasar. Materi yang diajarkan adalah bagian-bagian perangkat komputer. Apakah anda masih ingat apa saja itu ? Inilah pembahasan mengenai komponen atau bagian dari perangkat komputer ala sinaukomputer.net.

1# - Perangkat Keras Komputer


bagian bagian komputer dan fungsinya

Sebuah Personal Copmuter (PC) secara fisik dapat kita lihat, terdiri dari beberapa bagian yaitu Monitor, CPU, Keyboard & Mouse. Itulah yang kita katakan dengan perangkat keras. Yaitu bagian - bagian komputer yang bisa kita lihat secara fisik dan bisa kita sentuh. Nah, sekarang kita bahas secara singakt satu - persatu dari komponen tersebut.

1. CPU (Central Processing Unit)


bagian bagian komputer dan fungsinya

Dari dulu kita mengenal sebuah kotak balok yang tingginya tidak lebih dari satu meter tersebut dengan naman CPU. Biasanya bagian ini diletakan di bawah meja, pada zaman sisem operasi "DOS" diletakan di bawah monitor. Atau terkadang juga kita melaihat sekarang CPU diletakkan di sisi kanan monitor.

Di dalam kotak tersebut terdapat banyak sekali perangkat - perangkat penting yang membuat komputer kita berfungsi sebagaimana mestinya. Di dalam box CPU tersebut itulah yang kemarin kita bahas dalam satu materi khusus yaitu perangkat keras komputer. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan anda baca kembali di link diatas yang sudah saya sertakan.

2. Monitor

bagian bagian komputer dan fungsinya

Belajar mengenai bagian - bagian komputer dan fungsinya beserta gambarnya selalu saja kita berurusan dengan perangkat yang satu ini. Kalau kita melihat dari sudut pandang sistem, monitor merupakan bagian atau komponen output dari sebuah perangkat komputer. Monitor berperan sebagai display atau tampilan yang diinformasikan dan diproses di dalam CPU.

3. Keyboard & Mouse

bagian bagian komputer
Kalau anda bertanya kepada anak - anak sekolah dasar yang sudah mendapatkan pelajaran komputer. Sebutkan bagian-bagian perangkat komputer yang paling kamu ketahui ? Mereka dengan spontan akan menjawab Mouse atau Keyboard. Tidak salah, memang dua perangkat ini termasuk bagian - bagian komputer yang memiliki fungsi penting.

Berbeda dengan Monitor, kalau ditinjau dari sistemnya, dua benda ini termasuk komponen input Keyboard & Mouse berfungsi untuk memberikan perintah atau masukan kepada CPU untuk diproses dan kemudian ditampilkan dalam layar monitor. Keyboard secara khusus berfungsi untuk memberikan perintah berupa karakter angka tau huruf dan juga simbol. Sedangkan mouse, memberikan perintah enter, option dan juga geser.

Baca : Cara menggunakan Keyboard & Mouse

2# - Perangkat Lunak Komputer (Software)


Belajar mengenal bagian - bagian komputer dan fungsinya, mau tidak mau kita pasti membahas dua hal ini. Pertama yang sudah kita bahas adalah perangkat keras, dan sekarang perangkat lunak atau Software. Kalau kita ambil definisi bebas, perangkat lunak merupakan komponen atau bagian dari komputer yang memiliki wujud digital yang tidak bisa kita sentuh secara fisik.

Komponen ini seperti ruh pada komputer. Sebuah PC tanpa perangkat lunak tidak akan bisa anda gunakan untuk apapun. Begini secara mudahnya. Komputer itu, merupakan benda yang bisa kita perintah sesuai dengan fitrahnya sebagai komputer. Namun untuk melakukan perintah tersebut kita membutuhkan bahasa atau komponen yang bisa menghubungkan kita dengan komputer. Itulah perangkat lunak.

Tanpa perangkat lunak anda tidak bisa membuat komputer memainkan sebuah lagu kesayangan anda. Anda juga tidak bisa menyuruhnya menulis untuk mengerjakan tugas - tugas atau pekerjaan anda. Untuk menggambar, dan lain sebagainya.

Baca selengkapnya : 10 macam perangkat lunak komputer yang perlu anda ketahui

Itulah peranan penting bagian ini. Software atau perangkat lunak komputer terdapat banyak sekali jenis dan macamnya yang memiliki fungsi berbeda - beda. Namun ada yang paling penting, yaitu sebauh sistem operasi dasar yang menyatu dengan perangkat keras yang merupakan ruh dari sebuah komputer.

Jangan lewatkan juga :
Sepertinya itu saja yang bisa kita bahas pada kesempatan ini. Sekali lagi, ini adalah materi ilmu komputer yang sangat dasar sekali. Namun tidak ada salahnya kita ulas lagi untuk sekedar menambah wawasan kita semua. Semoga bahasan tengan bagian - bagian komputer dan gambarnya serta fungsinya bisa bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Bagian - Bagian Komputer Dan Fungsinya Beserta Gambarnya"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel