-->

Cara Seting Blog di Blogger

Cara Seting Blog di Blogger - Terdapat banyak pengaturan ketika anda masuk ke dalam menu pengaturan di dashboard blog anda. Dari mulai seting tanggal dan waktu hingga seting jadwal posting. Bagi anda yang ingin mempelajari setingan blog di blogger, mari kita belajar bersama sinaukomputer.net.

Masih ingat pembahasan tempo hari tentang cara mengganti template blogger. Nah itu juga salah satu pengaturan yang menjadi bagaian pembahasan kita. Namun untuk yang itu sengaja saya sampaikan di depan.

Baca lagi : Cara Mengganti Template Blogger


cara seting blog do blogger

Oke, langsung saja yah, dibuka browser sobat dan silahkan masuk ke dashboard blogger sobat. Akses menu ada di sebelah sisi kanan. Disana sobat akan melihat beberapa menu - menu seperti Post, Page (Laman), Komentar dan lain sebagainya.

Nah, anda bisa melihat langsung seperti gambar di atas ini. Kebetulan pengaturan blogger saya pake bahasa Indonesia jadi penampakanya seperti itu. Mungkin ditempat anda beda. Tidak masalah.

Cara Seting Blog di Blogger

cara seting blog do blogger

Mari kita lanjutkan dengan menengok satu persatu apa isi dan pengaturan apa saja yang ada di masing - masing menu tersebut.

1. Ikhtisar


Kita mulai dari yang pertama, Ikhtisar dengan icon gambar rumah atau "Home". Screen Shot yang ada pada gambar di atas adalah isi dari menu Ikhtisar. Disitu berisi berbagai jenis laporan yang menunjukan keadaan blog anda.

Di tengah - tengah terdapat grafik penayangan atau trafic blog. Sedangkan di sebelah kananya terdapat beberapa data tentang komentar, penayangan di hari ini, jumlah postingan blog dan jumlah pengikut.

2. Pos


Menu selanjutnya adalah Pos atau Posting. Silahkan anda klik di menu tersebut untuk masuk ke dalamnya. Di menu pos ini, anda bisa melihat daftar seluruh postingan yang ada di blog anda. Terdiri dari dua jenis. Yang telah diposting dan yang berupa Draft.

Di sini anda dapat melakukan beberapa hal yaitu, membuat postingan baru, mengedit postingan, menghapus postingan. Selai itu di laman menu pos, anda juga bisa melihat statistik dari masing - masing postingan.

3. Laman / Page


Laman atau dalam bahasa Inggris Page adalah sebuah halaman statis yang dapat dibuat namun tidak dapat muncul secara langsung di blog. 

Untuk apa fungsi laman ini ?

Sebenarnya laman hampir dama dengan pos, namun fungsinya lebih khusus untuk membuat halaman tertentu dari sebuah blog selain kontent atau artikel.

Di menu tersebut anda dapat melakukan beberapa hal diantaranya membuat laman baru, mengedit laman dan menghapusnya. Contoh laman biasanya digunakan untuk membuat halaman, contak, about, kebijakan privasi dan yang sejenisnya.

4. Komentar (Comment)


Di menu komentar anda akan disajikan daftar komentar yang masuk ke blog. Di sini anda dapat mengontrol dan menverifikasi serta menghapus komentar yang masuk ke blog anda. 

5. Statistik


Selanjutnya adalah menu statistik. Di sini anda disuguhkan data statistik secara detail tentang keadaan statistik blog anda. Data tersebut diperoleh dari Google Analytic, mengingat blogger adalah salah satu produk buatan Google.

Di menu ini juga terdapat sub menu yaitu, ikhtisar, pos, sumber lalu lintas, dan pemirsa. Apa sih data - data ini ?

  • Ikhtisar berisi rangkuman data posi yang ada di bawahnya. Disana terdapat gambar grafik, data penayangan, sumber lalu lintas, pos dan lokasi visitor blog anda.
  • Pos berisi darfat statistik masing - masing posting. Ditampilkan dari yang paling banyak visitornya hingga yang paling rendah
  • Sumber lalu lintas berisi data darimana datangnya visitor yang mengunjungi blog anda
  • Pemirsa berisi data negara visitor blog anda, dari man dia menakses blog, dan dengan sistem operasi apa saja.

Dari data - data ini kita bisa memantau kondisi blog kita. Dan sekaligus kita dapat memikirkan langkah selanjutnya untuk kemajuan blog.

6. Kampanye


Halaman menu tersebut berisi tentang panduan atau informsi bagaimana caranya memulai untuk mengkampanyekan blog anda. Saya kira cukup jelas untuk masalah kampanye, intinya blogger membantu kita untuk melakukan kampanye blog.

7. Tata Letak


Anda dapat menedit menu - menu seperti menambah dan menhapus gadget pada sidebar. Menambahkan iklan dan gambar. Dan juga mengatur penempatannya di blog. Apakah berada di samping, atau di bagian footer.

8. Template


Hal ini telah dijelaskan sebelumnya dalam pembahasan mengenai mengganti template blog. Di dalam menu tersebut, anda bisa masuk ke menu bahasa pemrograman. Kita dapat mengganti template sesuai kehendak kita. 

9. Setelan


Menu selanjutnya adalah "Setelan" atau pengaturan. Di sini terdapat sub menu yang cukup banyak dan kompleks. Diantaranya adalah seting dasar, pos, komentar, pengaturan email, bahasa pemformatan dan pengaturan lainya.

Di dalam menu inilah sejatinya kita melakukan seting blog. Mengatur dan mengganti judul blog, mengubah domain sendiri hingga menentukan berapa jumlah postingan yang tayang pada halaman utama blog.


Namun untuk membahasnya kita perlu waktu yang cukup banyak jadi kita lanjutkan saja di postingan berikutnya yah. Sekarang saya cukupkan sampai di sini saja terlebih dahulu cara seting blog di blogger. Kita ketemu lagi di kesempatan mendatang.


Gak mau nunggu sampai besok, gak perlu juga, baca langsung aja sekarang :

----> Cara seting blog di blogger II (Lengkap)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Seting Blog di Blogger"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel