-->

SEO Untuk Pemula dan Bagaimana Pengaplikasianya Pada Blog atau Website

SEO Untuk Pemula - SEO merupakan hal yang penting dan harus diketahui oleh anda yang memiliki blog. Baik blog untuk pribadi, artikel (Adsense) terlebih lagi untuk marketing.

Karena pentingnya SEO ini, dapat dikatakan bahwa SEO adalah pesawat yang akan membawa blog anda maju. Apa itu SEO ? dan bagaimana aplikasinya pada blog ? Simak selengkapnya di sinaukomputer.net

Ada yang sudah tahu apa itu SEO ? Banyak. Saya yakin semua blogger sekarang sudah banyak mengerti tentang SEO, termasuk saya yang baru tahu. Oleh karena itu, saya ingin membagi hal - hal mendasar yang telah saya dapatkan untuk teman - teman semua.



Pengertian SEO


SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization. Kalo dibahasa Indonesiakan kurang lebih artinye Optimasi Mesin Pencari. Kalo definisinya, ini menurut saya. SEO adalah segala usaha yang dilakukan untuk mengoptimalkan mesin pencari untuk menemukan website kita.

Intinya, segala cara yang kita lakukan agar ketika orang mencari atau mengetikan sebuah keyword di mesin pencari seperti google, maka google akan merekomendasikan website kita. Kurang lebih pengertian yang mudah dipahami seperti itu.

Tujuan SEO


Di atas telah saya singgung sedikit tentang mengapa kita perlu SEO. Saya katakan tadi bahwa SEO adalah seperti pesawat yang akan mempercepat perjalanan kita mencapai tujuan. Tujuan masing - masing pemilik website berbeda - beda. Namun soal SEO semuanya sama.

Secara umum yang saya pahami dari banyak sumber bahwa goal dari SEO ini adalah peringkat di mesin pencari. Kemudian peringkat itu secara otomatis akan mendatangkan banyak pengunjung. Dari situ akan diperoleh tujuan dari website itu sendiri.

Jai tujuan kita melakukan SEO adalah untuk jalan kita mencapai tujuan kita membuat blog atau website yaitu mendatangkan banyak pengunjung ke blog atau website kita.

Lalu SEO itu seperti apa ? dan bagaimana aplikasinya di blog ? Oke. Kita akan lanjutkan pembahasan kita mengenai SEO untuk pemula sesaat lagi. Silahkan lanjutkan memaca !

Tutorial SEO Untuk Pemula


Sebelum kita masuk ke dalam langkah - langkah dan pengaplikasian SEO dalam blog atau website. Perlu diketahui bahwa SEO secara umum terbagai menjadi dua. On dan Off.

Apakah itu ?

On yang dimaksud adalah On Page atau optimasi yang kita lakukan pada blog kita atau segala sesuatu yang ada diblog kita. Sedangkan off yang dimaksud adalah Off Page  atau optimasi yang dilakukan di luar blog atau website.

On Pege SEO


Seperti yang sudah kita bahas tadi. On Page SEO adalah tindakan optimasi yang kita lakukan pada blog kita atau di dalam blog. Lalu optimasinya di mana saja ?

Kalo temen - temen nyari referensi tentang ini pasti akan anda dapatkan banyak sekali teknik - teknik dan teori tentang On Page SEO dao berbagai master di dunia per SEO an. Hehehe...

Di sini akan saya sampaikan sebisa dan semampu saya. Okeh. Optimasi di dalam blog sendiri ada banyak sekali aspeknya diantaranya adalah optimasi pada kecepatan loading page, optimasi kontent atau artikel, optimasi pada image (gambar), optimasi pada tema (mobile friendly) dan lain sebagainya.

Namun biasanya untuk On Page SEO sendiri yang paling dominan dan yang paling banyak dilakukan adalah pengoptimasian pada kontent atau artikel. Bagaimana mengoptimasi artikel ? Kita akan bahas nanti di kesempatan selanjutnya.

Off Page SEO


Tadi kita telah tau ada On Page dan ada Off Page. Nah, off page adalah teknik optimasi yang dilakukan diluar blog atau website kita. Untuk optimasi off page yang dimaksud di sini adalah optimasi dari luar web kita, berarti dari web - web lain.

Ko bisa begitu ?

Yah bisa saja. Saya diajari begini contoh mudahnya yang kita rasakan sehari - hari. Seorang teman anda meminta bantuan anda untuk mencari toko yang menjual bibit ayam unggulan. Diantara tiga toko anda merekomendasikan toko C kepada teman anda.

Secara otomatis nilai dari toko C akan naik di mata teman anda tadi dibandingkan toko A dan B yang tidak anda rekomendasikan. Sama halnya dengan website. Apabila banyak website yang merekomendasikan website atau blog anda. Pasti blog anda bukan blog sembarangan.

Mesin pencari menangkap hal - hal seperti itu. Rekomendasi yang dimaksud di sini adalah backlink. Nilai backlink juga diperhitungkan oleh mesin pencari. Untuk memudahkanya kita ambil contoh yang tadi.

Sekarang kalo teman anda memiliki rekomendasi dari dua orang. Pertama dari anda yang merekomendasikan toko C. Satu lagi, teman anda juga mendapatkan rekomendasi dari penyuluh peternakan. Tapi beliau merekomendasikan toko A.

Anda bukanlah peternak dan penyuluh peternakan, anda anggap saja di sini adalah orang biasa. Coba bayangkan, pasti rekomendasi dari penyuluh peternakan akan lebih diperhatikan diatas pertimbangan anda yang hanya rekan peternak misalnya.

Kembali ke topik. Website yang memiliki autoritas tinggi, akan memiliki backlink yang lebih besar nilainya dimata mesin pencari dari pada website yang biasa saja.

Lalu, bagaimana teknis supaya website kita memiliki banyak backlink yang bernilai besar atau berkualitas untuk mengoptimalkan Off Page SEO ? Kita akan bahas itu bersamaan dengan On Page SEO pada kesempatan selanjutnya.

Tips SEO Untuk Pemula


Sekarang temen - temen yang belum mengenal SEO sudah mengerti tentang SEO. Jadi, bagi temen - temen yang mempunyai blog atau website, atau yang akan memulai untuk membuat blog. Harus tahu tentang SEO. Karena SEO ini sangat penting untuk website kita.

Oh ya, bagi temen - temen yang berniat dan akan memulai belajar membuat blog. Bisa baca langkah - langkahnya, step by step di tutorial berikut :

1. Langkah - langkah membuat blog dengan blogger
2. Cara memposting artikel di blog
3. Cara mengganti tema blog dengan milik sendiri

Berikut ini adalah sekedar tips untuk temen - temen tentang SEO untuk pemula. Karena saya juga masih pemula jadi ini beerdasarkan pengalaman dan sedikit pendapat saya. Tips SEO untuk pemula.

  • Ketahui dan pelajari lebih dalam lagi mengenai teknik SEO 
  • Terapkan pada blog temen - temen secara benar
  • Belajarlah dengan menganalisa website kompetitor 
  • Selalu berusaha untuk lebih baik

Begitulah kira - kira apa yang telah saya ketahui tentang SEO yang saya dapatkan dari berbagai sumber, dan teknik - tekniknya sedang saya lakukan pada blog ini juga. Memang saya rasakan sendiri hasilnya memang ada peningkatan yang signifikan sebelum dan setelah saya mengenal SEO. 

Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Sekian pembahasan SEO untuk pemula dari saya, semoga bermanfaat. Bagi para master yang mendapati ada tulisan saya yang salah, mohon koreksinya. Terimakasih.

Bagaimana penerapan SEO On Page ? Dan apa saja yang menjadi poin penting dalam SEO On page. Silahkan langsung saja lanjut ke materi selanjutnya :

Cara Oprimasi SEO On Page di Blogger


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SEO Untuk Pemula dan Bagaimana Pengaplikasianya Pada Blog atau Website"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel