-->

Cara Membuat Garis Pada Microsoft Word Dengan Menu Border & Shading

Cara membuat garis di word dapat dilakukan dengan bermacam cara, tergantung dari jenis dan format garis yang akan dibuat. Namun secara umum garis dapat dibuat dengan menu “border & shading” atau cara manual yaitu dengan insert”shape”. Untuk lebih jelasnya, kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat garis pada microsoft word.

Ada beberapa format garis yang biasanya dibuat dengan Microsoft word, yaitu untuk garis tepi atau bingkai, garis bawah seperti pda kop surat, atau pun garis yang lainnya yang dibutuhkan saat membuat satu tulisan pada Microsoft word.

Cara Membuat Garis Tepi di Word


Untuk membuat garis tepi atau garis pinggir atau disebut juga bingkai cukup mudah karena kita hanya menggunakan menu “Page Border”. Lebih jelasnya berikut langkah – langkah membuat garis tepi di Microsoft word.

1# - Pertama silahkan open Microsoft word di komputer anda, bisa gunakan dokumen lama atau dokumen baru

2# - Kemudian pilih menu “Page Layout” di tollbar menu kemudian pilih “Page Border”

cara membuat garis di word

3# - Akan muncul kotak dialog pengaturan “Border & Shading”

cara membuat garis di word

4# - Untuk membuat garis tepi atau bingkai pada halaman word maka pilih tab “Page Border”


disitu terdapat banyak sekali opsi – opsi yang bisa kita pilih untuk modifikasi garis tepi yang kita buat.

Setting – terdapat bebrapa pilihan format garis, Box, Shadow, 3-D dan Custom. Pilih salah satu format yang anda inginkan, dengan cara klik sekali pada 3 opsi pilihan tersbut.

cara membuat garis di word

Style – Opsi ini digunakan untuk memilih style garis yang ingin anda buat. Anda bisa memilih style garis yang anda inginkan dengan cara klik sekali, untuk memilih jenis style anda bisa geser scroll yang ada di sebelah kanannya.

cara membuat garis di word

Color – Untuk merubah warna garis, pilih dengan cara klik anak panah kebawah

cara membuat garis di word

Width – Untuk mengubah lebar garis tepi

cara membuat garis di word
Art – Untuk mengubah garis menjadi art

cara membuat garis di word
Setelah semuanya anda tentukan kemudian tekan “OK”. Coba lihat gambar di bawah ini. Ini garis tepi yang saya buat dengan pengaturan seperti ini.

cara membuat garis di word

Hasilnya seperti ini :

cara membuat garis di word

Bila anda bertanya bagaimana cara membuat garis putus putus ? Di sini berarti anda rubah opsi “Style” menjadi garis putus – putus.

Nah itulah cara membuat garis tepi di microsoft word 2010, karena yang saya gunakan kali ini adalah Microsoft office 2010. Anda tidak perlu khawarir karena untuk word seri apapun, caranya sama yaitu melalui menu “Border & Shading”

Cara Membuat Garis Kop Surat


Menu “page border” atau “Border & Shading” memang multi fungsi, karena dapat kita gunakan untuk berbagai macam format border. Diantaranya adalah untuk membuat garis pada Kop surat resmi.


Beriut langkah – langkah cara membuat garis untuk KOP surat.

1# - Open dokumen word dan buatlah sebuah KOP surat.

2# - Blok semua tulisan pada KOP surat tersebut

cara membuat garis di word

3# - Masuk ke menu “Border & Shading” dengan cara yang sama saat kita membahas cara membuat garis tepi. Yaitu pilih “Page Layout” kemudian pilih “Page Border”.

4# - Setelah muncul kotak “Border & Shading”, selanjutnya pilih tab “Border”

cara membuat garis di word

5# - Selanjutnya pilih style garis, untuk KOP surat biasanya style double dengan ketebalan yang berbeda. Setelah itu lihat ke sisi sebelah kanan pada “Preview”. Klik pada bagian bawah, karena kita akan membuat garis di bawah sebuah paragraph atau tulisan.


6# - Setelah selesai jangan lupa klik “OK”, beginilah hasilnya :


Cara membuat garis di word juga bisa anda lakukan dengan menggunakan insert shape yaitu dengan cara manual, namun cara ini menurut saya kurang efektif karena kita akan kesulitan membuat garis yang lurus dan presisi. Namun bila anda bisa lakukan dengan presisi, kenapa tidak. Silahlan anda lakukan dengan cara yang termudah menurut anda.
Baca juga :

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga sedikit tutorial tentang cara membuat garis di Microsoft word dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan sampai jumpa pada kesempatan lainnya tetap di sinaukomputer.net. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Garis Pada Microsoft Word Dengan Menu Border & Shading"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel