-->

Tips SEO Untuk Wordpress | Cara SEO Wordpress Untuk Pemula

SEO merupakan satu hal yang penting dan harus dilakukan untuk anda yang menginginkan website miliknya menduduki posisi cukup baik dalam mesin pencari. Dimana hal ini jelas akan berdampak pada trafick atau pengunjung yang datang semakin banyak. Dari situlah tujuan utama yang akan diperoleh bisa terlaksana. Menurut beberapa master, SEO bukanlah hal yang pasti. Sudah kita usahakan belum tentu berhasil dengan mulus, apa lagi tidak kita usahakan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini sinaukomputer.net ingin berbagi tips SEO untuk wordpress karena SEO blogspot sudah kita pelajari pada kesempatan yang lalu.

SEO untuk wordpress pada dasarnya sama saja dengan SEO untuk blogspot sebagaimana yang sudah kita pelajari pada Cara Optimasi SEO On Page di Blogspot. Hanya saja, pada blog wordpress kita sedikit dimudahkan dengan adanya plugin yang menuntun kita untuk lebih mudah melakukan Optimasi SEO On Page salah satunya yaitu Yoast. Apa itu Yoast dan apa hubungannya dengan teknik seo untuk wordpress ? Kita akan pelajari bersama sekarang.

Yoast, merupakan sebuah plugin yang bekerja pada blog wordpress dimana kita akan diberikan sebuah rambu - rambu dalam membuat kontent dan melakukan Optimasi On page pada postingan kita. Jadi akan sangat mudah sekali. Namun bagi anda yang baru saja belajar wordpress mungkin masih sedikit kaku. Tapi jangan khawatir, setelah membaca ulasan cara seo untuk wordpress ini, kebingungan anda akan berubah menjadi kemudahan.

Baca juga : Cara Optimasi SEO Off Page Paling Simpel dan Ampuh

Tips SEO Untuk Wordpress Dengan Plugin SEO Yoast


Oke langsung saja, kita akan mengupas tips SEO yang kita ambil dari analisa plugin Yoast yang tersedia di blog wordpress dan hal ini nantinya bisa kita terapkan di blog apa saja. Berikut screen shoot analisa plugin Yoast terhadap SEO on Page pada blog Wordpress.


Dapat anda lihat, ada 13 point yang dijadikan standar SEO pada plugin ini. Dimana ketiaka ada salah satu hal yang masih dianggap kurang, maka bullet akan berwarna merah atau orange seperti contoh pada gambar diatas.

Oke, sekarang kita akan bahas satu persatu. Inilah beberapa parameter SEO Wordpress yang kita dapat dari plugin seo untuk wordpress.

1. Pertama "No outbound links appear in this page, consider adding some as appropriate",maksudnya adalah tidak ada Link keluar atau istilahnya "Outbound Link"
di dalam artikel atau tulisan. Hal ini dianggap penting dan mempengaruhi SEO, jadi kita disuruh untuk mempertimbangkan hal itu. Oleh karena itu, Tips SEO untuk wordpress yang pertama sertakan minimal satu "Outbound Link" ke website seperti wikipedia dan sejenisnya sebagai sumber rujukan website kita.

2. Kedua " This page has 0 nofollowed internal link(s) and 3 normal internal link(s)." halaman ini, artikel ini tidak memiliki internal link "nofollow" dan standar yang baik untuk SEO setidaknya satu postingan memiliki 3 internal link nofollow. Jadi untuk membuat SEO kita semakin maksimal, tambahkan setidaknya tiga internal link secara Nofollow.

3. Berikutnya "The text contains 546 words. This is more than or equal to the recommended minimum of 300 words" Pada teks tersebut terdapat 546 kata. Hal ini lebih atau sama dengan jumlah kata yang direkomendasikan yaitu minimal 300 kata. Jadi tips SEO untuk wordpress selanjutnya adalah panjang artikel minimal 300 kata. Oleh karena itu, buatlah artikel dengan panjang minimal 300 kata sebagai syarat minimal SEO on page anda bisa dianggap baik.

4. "The length of the meta description is sufficient". Panjang Meta Deskripsi sudah mencukupi. Di sini ternyata panjang karakter dari meta deskripsi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu panjang. Ada batas tertentu. Kalau di wordpress sangat mudah, ketika bullet sudah warna hijau, itu berarti kita sudah benar. Lalu untuk yang lain bagaimana ? 

Kalau kita belajar dari plugin Wordpress ini, panjang meta deskripsi minimal adalah 121 karakter dan maksimal adalah 156 karakter. Jadi untuk anda yang menggunakan blogspot atau yang lainnya. Anda bisa hitung dan kira - kira sendiri. 

tips seo untuk wordpress

5. Berikutnya "The focus keyword appears only in 1 (out of 4) subheadings in your copy. Try to use it in at least one more subheading" Untuk opsi ini bullet sudah berwarna hijau. Artinya apa yang sudah kita lakukan di dalam artikel sudah benar. Point no 5 ini membahas soal "subheading". Dari Yoast ini kita bisa peroleh faktor SEO atau Tips SEO untuk Wordpress adalah sertakan minimal satu "kata kunci" dalam subheading atau subtitle.

6. "The images on this page contain alt attributes with the focus keyword " Plugin SEO untuk wordpress gratisan ini ternyata cukup teliti. Di sini ternyata juga memperhatikan gambar yang ada pada postingan. Optimasi SEO juga dilakukan pada gambar yaitu pada "alt atribut". Hampir sama seperti SEO pada pada umumnya yang juga menyertakan "fokus keyword" yang diletakan pada alt image.

tips seo untuk wordpress

7. Tips SEO untuk Wordpress selanjutnya, yaitu Kepadatan Keyword. "The keyword density is 0.9%, which is great; the focus keyword was found 5 times". Pada contoh ini kepadatan keyword dinilai cukup baik dengan angka 0.9%. Kepadatan keyword pada plugin Yoast ini memiliki rentang yang baik antara  0,6% hingga 2,4%. Jadi untuk kepadatan keyword di sini jangan kurang dari 0,6% namun tidak boleh melebihi 2,4% karena bisa dianggap spam.

8. "The focus keyword appears in the first paragraph of the copy" teknik seo untuk wordpress selanjutnya peletakan keyword pada "First Paragraph". Di sini kita disarankan untuk memulai paragraf pertama dengan frase yang mengandung kata kunci "keyword ".

9. Berikutnya "The meta description contains the focus keyword ". Perhatikan meta deskripsi yang anda buat. Di sini disarankan agar meta deskripsi selain dibuat dengan pilihan kata yang menarik, dan juga mengandung frase kata kunci yang ingin kita targetkan. Kalau kita lihat hampir sama di semua website, juga menggunakan teknik SEO ini.

Selain itu, panjang meta deskripsi yang kita isikan juga tidak boleh terlalu panjang atau terlalu sedikit. Sudah kita bahas di awal tadi pada point nomor 4.

10. Berikutnya "Title Of Content", apa catatan untuk ini. "The SEO title contains the focus keyword, at the beginning which is considered to improve rankings" Hendaknya, pemberian judul artikel atau kontent mengandung kata kunci, dan kata kunci yang terletak di awal frase dianggap bisa memperbaiki Ranking pada hasil pencarian.

11. Point berikutnya masih terkait dengan nomor 10 yaitu berkaitan dengan panjang Judul. "The SEO title has a nice length". Sama seperti meta deskripsi, tips SEO untuk Wordpress pada title juga tidak boleh terlalu panjang dan tidak boleh terlalu pendek. Minimal 45 karakter dan maksimal 69 karakter. Paling ideal adalah diantara keduanya.

12. "The focus keyword appears in the URL for this page" Berikutnya yang ini malah dianggap sebagai salah satu top tips SEO untuk wordpress dan lainnya yaitu menempatkan kata kunci pada URL. Dan URL yang ramping dianggap lebih baik daripada yang terlalu panjang.

13.  Terakhir "You've never used this focus keyword before, very good" tidak diperbolehkan untuk membuat duplikat keyword, atau duplikat Contetnt.

Belajar SEO untuk Wordpress sebenarnya tidak berhenti sampai di sini. Masih banyak tips dan trik lainnya yang bisa kita Eksplore dan kita bisa belajar dari berbagai macam sumber baik dari buku atau dari internet. 

Mungkin sampai di sini saja bahasan kita mengenai tips SEO untuk Wordpress yang kita ambil dari plugin Yoast yang bisa kita pasang pada blog wordpress. Untuk anda yang mau belajar menggunakan plugin ini anda mesti belajar membuat blog wordpress sebagaimana yang pernah kita pelajari pada postingan yang lalu, silahkan baca lagi.

Baca : Cara membuat website profesional dengan wordpress gratis

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips SEO Untuk Wordpress | Cara SEO Wordpress Untuk Pemula"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel