-->

Mengenal Microsoft Excel 2007

Mengenal Microsoft Excel 2007 – Microsoft Ofice merupakan software yang digunakan untuk perkantoran. Diantaranya yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Word dan Microsoft Excel. 

Kali ini kita akan mencoba mengenalkan tentang Microsoft Excel.

Sobat komputer dimanapun anda berada semoga tetap sehat dan selalu semangat. Kita jumpa lagi bersama sinaukomputer.net untuk belajar komputer online gratis.

Kali ini kita akan mencoba untuk mengenalkan tentang software yang sangat penting. Khususnya untuk perhitungan dan pengolahan data yaitu Microsoft Excel 2007.

Pengertian Microsoft Excel


Mengenal Microsoft Excel 2007

Microsoft Excel merupakan software dari microsoft yang didesain untuk pengolahan data. Bisa berupa operasi matematis yang sederhana seperti penjumlahan atau perkalian, hingga sampai pada persamaan yang rumit. 

Microsoft Excel berbeda dengan Microsoft Word. Pada Microsoft Excel lembar kerja berupa kolom- kolom. Tiap kolom mempunyai nama tersendiri secara berurutan. Nanti kita akan mencoba lebih mengenal microsoft excel secara detile pada pembahasan – pembahasan selanjutnya.

Fungsi Microsoft Excel


Microsoft Excel mempunyai fungsi yang sangat banyak dan penting. Beberapa fungsi yang sering dipakai adalah untuk membantu mengolah data. 

Data operasi matematis seperti penjumlahan atau perkalian apabila tidak terlalu banyak dapat kita selesaikan dengan manual. 

Tetapi apabila jumlah data yang akan kita hitung berjumlah ribuan data,  tentu kita akan sangat kesulitan. 

Nah disinilah peran sebuah software Microsoft Excel  untuk membantu pekerjaan kita.


Mengenal Microsoft Excel 2007 atau ms Excel 2007


Dahulu kita pertama kali mengenal microsoft word 2007. Meskipun pelajaran microsoft word 2007 belum rampung, tidak mengapa kita mencoba untuk mengenal yang microsoft excel 2007.  Nah mari kita mulai saja pembahasan kali ini.

Mengakses/ membuka Program Microsoft Excel 2007


Untuk mengakses Microsoft Excel tidaklah berbeda dengan Microsoft Word yang telah kita pelajari. Sobat bisa masuk lewat start menu, atau lewat shortcut yang ada pada dekstop. Tentu sobat sudah paham dan tidak perlu dijelaskan lagi yah.

Bagian- bagian Microsoft Excel


Tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word 2007. Microsoft Excel juga mempunyai bagian-bagian diantaranya ada “Toolbar Menu” dan tombol “Home”. 

Karena Excel juga termasuk buatan Microsoft maka perintah- perintah yang ada tidak begitu berbeda dengan Microsoft Word 2007. 

Hanya saja pada Excel sedikit lebih rumit karena kita berurusan dengan data dan rumus- rumus.


Contoh Sederhana Penggunaan Microsoft Excel  2007


Agar lebih paham, disini saya sertakan sebuah contoh penggunaan Microsoft Excel yang sederhana sekali. Anggap saja sobat seorang penjual buku yang sedang mengadakan diskon besar- besaran untuk produk yang sobat jual. 

Nah sobat mau menggunakan Microsoft Excel untuk mengitung berapa harga masing- masing produk setelah mendapatkan diskon.Terlebih dahulu sobat membuat tabel daftar produk dan harga. Sobat dapat membuatnya seperti ini

Belajar Mengenal Microsoft Excel 2007 Untuk Pemula
Tabel Pada Microsoft Excel

Kemudian setelah itu untuk mengitung nilai diskon, maka digunakan rumus perkalian “Harga Produk (Rp)  X Discon (%)”. Setelah itu tinggal harga produk dikurangi dengan jumlah potongan.  

Untuk memudahkan perhitungan kita. Tabel diatas kita modisikasi dengan menambahkan satu lagi kolom diantara “diskon” dan “harga setelah diskon” kita namai dengan “jumlah diskon”

Belajar Mengenal Microsoft Excel 2007 Untuk Pemula
Perhitungan 1
Untuk mengisi kolom “jumlah diskon” sobat dapat melakukanya dengan membuat rumus perkalian untuk kolom “Harga Produk” dan “Diskon”. 

Sobat ketik pada kolom “Jumlah Diskon” baris pertama = kemudian sobat klik baris pertama kolom “Harga Produk” kemudian ketik tanda “*” setelah itu klik pada baris pertama kolom “Diskon” kemuian tekan Enter. 

Nah setelah baris pertama terisi dengan perhitungan sobat tinggal klik bagian pojok kanan bawah kolom “jumlah diskon” yang sudah terhitung kemudian drag ke bawah sampai selesai. Nanti semua kolom akan terisi dengan perhitungan yang sama  seperti pada baris pertama.

Belajar Mengenal Microsoft Excel 2007 Untuk Pemula
Perhitungan 2

Nah untuk mengisi kolom selanjutnya juga tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Hanya rumus yang dimasukan dalam kolom tersebut bukan perkalian melainkan pengurangan. Yaitu kolom “ harga produk” dikurangi dengan kolom” jumlah diskon”

Belajar Mengenal Microsoft Excel 2007 Untuk Pemula
Perhitungan 3
Bagaimana sobat, apakah sudah ada gambaran mengenai fungsi Microsoft Exel. Nah kuntuk perkenalan saya kira cukup yah. 

Besok kita lanjutkan untuk mulai mempelajari dari dasar tentang bagaimana cara menggunakan nya. Sekian dulu pembahasan Mengenal Microsoft Excel 2007 kali ini. Semoga dapat bermanfaat. Sampai Jumpa !!!

Jangan Lupa Baca Juga :

Panduan Microsoft EXcel 2007 Untuk Pemula

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Microsoft Excel 2007 "

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel