Cara Membuat Bullet and Numbering di Microsoft Word

Bullet and numbering merupakan salah satu fungsi atau fitur yang ada pada microsoft word. Dengan fungsi ini kita bisa membuat list tentang satu hal yang yang penting dan berurutan. Numbering juga sama, malah lebih kompleks lagi, biasanya kita memakai bullet dan numbering saat membuat tulisan yang berurutan. Untuk lebih jelasnya kita akan belajar bagaimana cara membuat bullet and numbering di microsoft word pada kesempatan ini.

Pengertian bullet dan numbering


Seperti biasa, sebelum kita mulai pokok bahsan tentang bullet and numbering alangkah baiknya kita berkenalan sedikit tentang apa itu bullet dan apa itu bummbering. Bullet adalah sebuah simol (bentuk) dimana kita bisa membuat daftar yang didepannya diletakan symbol (bullet). Sedangkan numbering, adalah nomor berupa angka atau huruf yang berada di depan sebuah daftar list.

Fungsi Bullet dan Numbering


Pada paragraph pembuka diatas telah disinggung sedikit mengenai fungsi bullet dan numbering. Yaitu untuk membuat sebuah daftar bersimbol (bullet) atau daftar dengan nomor (numbering). Lihat contoh bullet dan numbering pada gambar di atas.

Cara Membuat Bullet and Numbering Pada Microsoft Word


Nah sekarang mari kita praktikan langsung bagaimana cara membuat bullet dan numberin pada sebuah tulisan yang kita buat pada microsoft word. Untuk membuatnya caranya sangat mudah sekali.

1# - Cara membuat bullet (daftar bersimbol)

Cara membuat bullet bisa dilakukan secara langsung atau setelah tulisan daftar selesai kita buat. Di sini saya contohkan daftara bahan membuat nasi goreng.

bullet and numbering

Di contoh ini kita akan membuat bullet pada tulisan yang sudah selesai kita ketik.
Blok atau select tulisan yang akan kita beri bullet

bullet and numbering

Dari tab “Home” di toolbar menu klik Icon bullet, pada tanda panah ke bawah.

bullet and numbering

Pilih symbol “Bullet” yang anda inginkan dengan cara klik pada salah satu pilihannya.


Nah dengan demikian kita sudah selesai memberikan bullet pada daftar bahan untuk membuat nasi goreng.

Cara yang kedua, anda bisa memberikan bullet secara langsung ketika tulisan tersebut akan di buat. Caranya sama, dari toolbar menu klik icon bullet dan klik pada jenis bullet yang kita akan tambahkan.

bullet and numbering

Setelah bullet keluar, kita langsung menuliskan apa yang akan kita tulis, setelah itu dengan menekan enter, secara otomatis bullet tersbut akan muncul di depan kursor.

Demikian seterusnya hingga daftar selesai kita buat, kemudian untuk mengilangkan bullet di baris berikutnya tekan enter dua kali.

2# - Cara membuat numbering (daftar bernomor)

Caranya sama seperti ketika kita membuat daftar dengan bullet. Letak icon numbering berada tepat di sebelah “bullet”

Dengan cara yang sama kita bisa membuat numbering pada daftar yang sudah kita contohkan pada contoh di atas.

bullet and numbering

Dan hasilnya seperti ini

bullet and numbering

Seperti pada saat membuat bullet, numbering juga dapat dibuat dengan cara manual. Namun sedikit berbeda dengan bullet. Misalkan sekarang anda akan membuat daftar dengan angka 1 – 5.

Secara langsung anda bisa ketik angka”1” (satu) dilanjutkan dengan “.” (titik) kemudian anda tekan tombol “spasi” pada keyboard. Maka secara otomatis angka tersbut membentuk format numbering.

Cukup mudah sekali dan saya yakin tidak sulit untuk membuatnya. Silahkan anda coba sendiri dan eksplorasi diri anda dan jangan takut untuk mencoba – coba.

Baca juga :

Mungkin sampai sini saja pembahasan tentang bullet dan numbering serta cara membuat bullet and numbering di microsoft word. Semoga bermanfaat.

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih
EmoticonEmoticon