-->

Cara Mengubah Word Ke Pdf Dengan Sangat Praktis Dan Mudah

Cara mengubah word ke pdf dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya anda bisa menggunakan tools atau aplikasi, secara online dari situs internet, bahkan anda juga bisa langsung menggunakan fitur dari microsoft word itu sendiri. Semua cara tersebut tidaklah sulit terkecuali apabila anda tidak mengetahui caranya. Namun jangan khawatir, karena pada kesempatan ini, sinaukomputer.net akan membahas khusus mengenai bagaimana mengubah word ke pdf dengan beberapa cara.

Mengapa kita perlu merubah word ke pdf ? Ada beberapa faktor yang biasanya melatar belakangi hal ini. Diantaranya adalah karena sudah permintaan seperti ketika anda mengirimkan lamaran pekerjaan yang disertai dengan file yang harus dalam bentuk pdf. Atau untuk aktifitas sharing artikel agar tidak mudah untuk diedit maka akan lebih baik menggunakan file pdf, dan masih banyak faktor lainnya.

Oke saya rasa tidak perlu memperpanjang pembahasan ini, langsung saja kita akan focus pada pokok pembahasan kita pada kali ini yaitu cara mengubah word menjadi pdf dengan beberapa cara. 

Cara merubah file word ke pdf Online


Cara yang kedua yaitu kita dapat merubah file microsoft word ke pdf secara online langsung dari situs penyedia layanan converter online di internet. Bagaimana caranya ? Berikut langkah – langkahnya.

  • Kunjungi website penyedia layanan converter word to pdf seperti berikut https://www.wordtopdf.com/
  • Caranya cukup mudah sekali, karena anda akan langsung dipandu bagaimana cara menggunakan tools online tersebut.
  • Pilih file word yang akan anda convert di komputer anda
  • Kemudian masukkan alamat email aktif anda (untuk mengirim file pdf hasil convert)
  • Klik “Convert Now”
Cara mengubah word ke pdf
  • Tunggu sebentar hingga proses convert selesai hingga muncul notifikasi
Cara mengubah word ke pdf

Cara mengubah word ke pdf dengan online merupakan salah satu cara yang cukup mudah dan juga banyak dilakukan orang belakangan. Namun semenjak microsoft word 2007 laucing dan banyak yang mengunakannya. Mereka menggunakan tools online seperti ini untuk mengubah file lainnya seperti kebalikannya, merubah pdf menjadi word. 

Salah satu fitur keunggulan yang ada di microsoft word 2007 adalah adanya fitur ini. Dengan Microsoft word 2007 kita dapat menyimpan file langsung menjadi file pdf. Hal ini tentu saja lebih praktis dan mudah ketimbang kita lakukan dengan cara pertama. Lalu bagaimana cara mengubah word 2007 ke pdf secara langsung ? 

Berikut langkah - langkahnya :

Cara menyimpan word ke pdf langsung dari microsoft word 2007

Cara menyimpan word ke pdf office 2007 dimulai dengan menginstal salah satu plugin yaitu converter atau fitur yang membuat kita bisa menyimpan file word dalam bentuk pdf secara langsung. Berikut langkah untuk menginstall plugin tersebut.
  • Pertama Install Plugins /add-in “Microsoft Save As PDF”  caranya masukan “Keyword” berikut pada “google search” 
  • “microsoft to pdf add in”
  • Klik pada hasil pencarian urutan pertama
Cara mengubah word ke pdf

  • Setelah itu sobat akan dibawa masuk pada laman “microsoft corporation” seperti ini, lalu klik “Download”
Cara mengubah word ke pdf
  • Tunggu sampai proses download selesai, kemudian “double klik” pada file yang terdownload tersebut “SaveAsPDF.exe”Kemudian tunggu sampai proses installasi selesai.  
Bagaimana memastikan software telah terinstall di microsoft Word ?

Coba buka file microsoft word yang ada di komputer anda kemudian “Save As”  apabila terdapat opsi “PDF or XPS” berarti add-in sudah terpasang dan siap untuk digunakan.

Cara mengubah word ke pdf

Cara menyimpan file word ke pdf 

Cara merubah file word ke pdf  dengan Plugins/add-in “ Microsoft Save As PDF” sangat praktis dan mudah. Seperti halnya sobat menyimpan file MS Word tetapi sobat pilih yang opsi “ PDF or XPS”

Cara mengubah word ke pdf

Kemudian akan muncul jendela simpan seperti diatas. Setelah sobat kasih nama, untuk menyimpan dokumen tersebut silahkan sobat klik “Publish”.  Sekarang file MS word sudah berubah menjadi PDF dan siap untuk anda gunakan.

Cara merubah format word ke pdf dengan aplikasi

Ada satu lagi yang bisa anda lakukan untuk mengubah word ke pdf yaitu dengan menggunakan aplikasi converter yang langsung anda install di komputer anda. Cara ini juga cukup mudah dilakukan namun menurut saya, jika anda sudah menggunakan microsoft ofice 2007. Saya rasa cukup dan anda tidak perlu menggunakan cara ini. Namun apabila anda membutuhkan aplikasi ini, silahkan saja anda gunakan.

Untuk menggunakan aplikasi ini anda terlebih dahulu harus mendownload master installer software ini. Anda bisa cari website penyedia software aplikasi converter word to pdf. Kemudian anda install dan siap anda gunakan caranya cukup mudah. Anda hanya cukup menginput file word dan kemudian menekan tombol convert pada aplikasi tersebut. Dengan sekejap mata file microsoft word sudah berubah menjadi file pdf. 

Baca juga :


Mungkin sampai sini saja tutorial pada kesempatan ini. Semoga pambahasan kita mengenai cara mengubah word ke pdf dapat bermanfaat untuk sahabat komputer semuanya. Jangan segan - segan untuk membagikan tutorial ini kepada teman dan kerabat anda, agar mereka mendapatkan manfaatnya juga. Sekian dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya hanya di sinaukomputer.net


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengubah Word Ke Pdf Dengan Sangat Praktis Dan Mudah"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel