-->

Cara Menggunakan Print Screen di Laptop dan Komputer

Cara print screen dapat dilakukan langsung dengan tombol “PrtSc SysRq” yang ada di keyboard komputer atau laptop, atau anda juga bisa menggunakan software include windows yaitu snipping tool, atau bisa juga dengan software lain yang sejenisnya. Sebelumnya sudah tahukah anda apa yang dimaksud dengan “Print Screen” ? Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai cara print screen di komputer atau laptop.

Sedikit penjelasan untuk mengawali tutorial belajar komputer kita pada kali ini.  Print Screen yang dimaksudkan dalam pembahasan kita kali ini adalah melakukan capture satu halaman pada komputer atau laptop menjadi sebuah file image. Kalau di HP android dikenal dengan istilah “Screen Shoot”. Nah, tujuannya adalah untuk mengambil gambar sebagian atau seluruh layar/desktop komputer untuk keperluan tertentu.

Oke langsung saja kita akan mulai tutorial kita kali ini. Bagi anda bisa langsung buka siapkan komputer anda. Perlu diketahui cara print screen windows apapun dilakukan dengan cara yang sama. Tidak terlalu terpengaruh dengan system operasi komputer anda. Terkecuali kalau kita lakukan print screen dengan software.

1# - Cara Print Screen Secara Langsung


Telah saya jelaskan diatas ada beberapa cara yang dapat kita lakukan salah satunya adalah secara langsung dari keyboard. Di sini kita membutuhkan software tambahan untuk meletakkan atau untuk menyimpan image hasil capture atau print screen kita. Tenang, anda tidak perlu install software lagi, anda bisa gunakan “Paint”.

Print Screen secara langsung sangat mudah sekali, anda cukup melakukan dua hal. Tekan tombol “Ctrl + PrtSc SysRq” Kemudian “Paste” image pada software paint.  Tombol “PrtSc SysRq” terletak di pojok kanan atas keyboard, tepatnya biasanya di sebelah tombol “F12” atau tombol “+” . Cari saja disekitar situ, anda pasti akan menemukannya.
cara print screen
http://myexnessguide.blogspot.co.id
Biar lebih jelas lagi, bagaimana cara menggunakan print screen. Kita coba lakukan step by step. Anda gunakan komputer PC atau Laptop sama saja. Karena cara print screen laptop dan komputer sama.

  • Pertama nyalakan komputer/laptop anda.
  • Silahkan menuju halaman di komputer anda yang ingin anda capture atau screen shoot.
  • Kemudian setelah itu langsung tekan tombol ( Ctrl + PrtSc SysRq ) dari keyboard anda
  • Buka software paint atau jika anda punya software lain seperti adobe photoshop, anda bisa juga menggunakannya.
  • Di sini saya gunakan paint. Buka paint dan langsung saja tekan tombol (Ctrl + V).
  • Setelah itu bisa langsung anda save atau bisa juga dilakukan editing terlebih dahulu terserah anda.
Untuk lebih jelasnya anda bisa simak selengkapnya di dalam vidio singkat berikut ini. Sengaja, di sini tidak saya sertakan gambar pendukung. Langsung saja anda simak vidio cara print screen berikut ini :


Cara print screen secara langsung dengan tombol print screen memang cara yang paling praktis dan mudah serta cepat sekali. Kita tidak perlu membuka software lainnya. Bisa langsung kita lakukan dan hasilnya tidak berbeda. Namun bagi anda yang ingin mengetahui cara print screen dengan software, kita akan simak sesaat lagi.

2# - Cara Print Screen Dengan Snipping Tool Windows


Windows komputer anda, baik windows xp, windows 7 hingga windows 10 sebenarnya telah berisi banyak sekali tools yang dapat kita manfaatkan untuk memudahkan pekerjaan kita. Salah satunya yaitu dengan menggunakan Snipping Tool.

Anda bisa mengakses aplikasi atau software ini dari tombol start menu atau lansung dari search windows, ketik saja “snipping …” .

cara print screen

Tidak jauh berbeda dengan cara langsung, anda bisa buka software snipping tool terlebih dahulu. Kemudian silahkan tampilkan layar yang akan di capture.

Kelebihan menggunakan ini anda bisa melakukan print screen dengan beberapa mode, baik full-screen atau captur dengan memilih satu area tertentu. Untuk lebih jelasnya langsng saja anda simak video singkat tutorial cara print screen dengan snipping tool windows berikut ini.


Nah itulah beberapa cara print screen atau capture layar desktop komputer dengan metode sederhana. Kalau menurut saya, cara langsung hanya dengan menekan tombol print screen yang sudah tersedia pada keyboard merupakan cara yang paling praktis dan mudah kita lakukan. Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat, terimakasih atas kunjungan anda.

Baca juga tutorial menarik lainnya di sinaukomputer.net :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggunakan Print Screen di Laptop dan Komputer"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel