29 Apr 2018

Tips Membeli Laptop 2nd Ala Sinau Komputer

Dibandingkan dengan desktop, laptop kini lebih dipilih karena ringkas dan mudah dibawa ke mana-mana. Walaupun laptop sudah menjadi kebutuhan, masih banyak pelajar yang tidak memiliki laptop karena harga laptop baru masih cukup mahal. Sebenarnya, Anda dapat mendapatkan laptop harga terjangkau dengan membeli secara second

Jika Anda mengetahui tips membeli laptop second, Anda dapat dengan mudah mendapatkan laptop yang dapat bekerja dengan baik dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Mengingat laptop merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi banyak orang terutama bagi para pelajar, cara ini dapat menjadi salah satu cara jitu untuk mendapatkan laptop dengan harga yang lebih hemat.

tips membeli laptop
 
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, tips membeli laptop sangat penting diketahui terutama jika ingin membeli laptop second. Cara membeli laptop second harus Anda pelajari agar mendapatkan laptop second yang berkualitas dan nyaman digunakan. Adapun tips atau cara membeli laptop bekas agar Anda mendapatkan barang yang berkualitas yang utama dengan melakukan pengecekan yang menyeluruh terhadap laptop yang ingin Anda beli. Nah, pemeriksaan dan pengecekan yang dapat Anda lakukan saat membeli laptop second adalah sebagai berikut. 

1. Bagian body laptop 

tips membeli laptop

Bagian pertama yang harus Anda cek saat membeli laptop seken adalah bagian body laptop. Memeriksa bagian ini menjadi sangat penting karena bodi yang mulus menandakan penggunanya memperlakukan laptop dengan baik dan hati-hati. Jadi, kemungkinan laptop masih dalam kondisi baik sangat tinggi. Salah satu tips membeli laptop second dan standar pengecekkannya yang utama adalah memeriksa bodinya. Lecet yang terjadi pada bagian sudut bodi misalnya, dapat menandakan bahwa laptop sudah pernah jatuh atau tergores. Jadi jangan remehkan pengecekan bagian ini ya! 

2. Kesehatan LCD dan layar laptop 

tips membeli laptop

Hal yang perlu diperhatikan saat membeli laptop bekas selanjutnya adalah bagian layar dan LCD. Jika bagian ini rusak, memperbaikinya akan membutuhkan biaya hampir sama dengan membeli laptop dalam kondisi bar alias sangat mahal. Jadi, pastikan LCD dan layar dalam kondisi sehat agar Anda tidak kecewa nantinya. Pengecekan dapat dilakukan dengan membuat wall paper pada laptop dengan warna hitam polos. 

Jika terdapat bintik yang memiliki warna berbeda di beberapa bagian terutama di bagian sudut layar, maka hal itu menandakan bahwa ada hal yang tidak beres dengan layar LCD. Selain itu, Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengubah wall paper menjadi warna putih polos dan lihat apakah ada warna yang berbeda. Cek juga kecerahan layar, apakah bisa di-adjust atau tidak. Indikasi layar yang mulai rusak juga dapat dilihat dari layar yang memberikan kesan bergelombang. Jangan lupa juga untuk memeriksa apakah layar memiliki goresan dan diskolorasi. 

3. Kondisi soket yang ada

Tips membeli netbook bekas selanjutnya adalah dengan memeriksa keaktifan setiap soket yang ada. Laptop dan netbook akan dilengkapi dengan aneka soket seperti soket USB, soket HDMI, SD card, headset, dan CD/DVD player (kadang tidak ada). Pastikan tiap soket tersebut dapat berfungsi dengan baik. Jangan lupa cek tiap tombol pada keyboard, apakah dapat melakukan perintah dengan baik. 

4. Kondisi harddisk 

tips membeli laptop

Bagian yang juga harus Anda periksa adalah bagian harddisk terutama pada bagian kapasitasnya. Pastikan kapasitas harddisk sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh pabrikan. Merk laptop bekas yang bagus biasanya akan memiliki kondisi harddisk yang masih baik pula. Pengecekan yang paling sederhana adalah dengan cara melakukan transfer file dengan ukuran besar dan lihat bagaimana kecepatannya. Jika proses sangat lambat, bisa jadi, harddisk memiliki masalah dan sudah terpapar badsector. 

5. Kondisi charger dan baterai 

tips membeli laptop

Nah, yang terakhir adalah melakukan pengecekan terhadap baterai laptop apakah masih dapat berfungsi dengan baik dan tahan untuk melakukan kegiatan multi tasking dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, pastikan pula charger dapat berfungsi dengan baik dengan cara mencoba melakukan pengisian daya. Pastikan pengisian daya dapat dilakukan dengan kecepatan wajar dan tidak terlalu lambat. 

Selain melakukan pengecekan di atas, Anda juga dapat melakukan beberapa hal lainnya agar Anda dapat memiliki laptop dalam kondisi baik dan harga sesuai. Salah satu hal yang harus Anda jadikan bahan pertimbangan lainnya adalah penjual. Pastikan Anda membeli pada penjual yang memberikan informasi yang mendetail dan mudah dihubungi. Hal ini terutama karena laptop merupakan barang elektronik yang kompleks, sehingga memerlukan penjelasan yang mendetail. 


Itu tadi tips membeli laptop yang dapat Anda jadikan sebagai bahan acuan terutama saat Anda ingin membeli laptop tangan kedua atau second. Tips di atas akan membantu Anda mendapatkan laptop yang berkualitas dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Laptop second dengan kualitas yang baik dapat Anda beli baik secara offline maupun online.

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih
EmoticonEmoticon