6 Cara Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar

Cara merawat laptop pada dasarnya sama dengan perawatan komputer desktop atau PC. Karena komponen kedua jenis komputer ini secara umum sama. Hanya berbeda pada ukuran dan bentuknya. Walapun demikian, ada beberapa langkah yang bisa kita adopsi dari cara merawat PC untuk kita terapkan pada Laptop. Sinau komputer kali ini akan berbagi tips merawat laptop dengan cara yang mudah.

Laptop atau NoteBook sebagaimana kita ketahui merupakan salah satu jenis komputer yang sekarang marak digunakan. Hal ini karena praktis dan mudah dibawa kemana saja. Namun tetap saja, perlu dilakukan langkah – langkah perawatan agar benda ini bisa awet dan tidak mudah rusak. Cara merawat laptop sejatinya tidak sulit, hanya butuh kontinuitas untuk melakukannya. 

cara merawat laptop


Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi kepada sobat Sinau Komputer dimanapun anda berada, khususnya yang lebih senang menggunakan laptop dari pada komputer tentang langkah – langkah yang bisa dilakukan untuk perawatan laptop anda. 

Cara Merawat Laptop Yang Baik dan Benar


Perawatan laptop atau komputer tidak jauh – jauh dari upaya kita untuk menjaga dan membuat laptop bekerja dengan normal dan maksimal. Kita ketahui adan banyak sekali merk – merk laptop di Indonesia, mulai dari Asus, Acer, HP, Lenovo dan yang lainnya. Cara merawat laptop merk apa saja sama. Langsung saja berikut ini beberapa opsi yang bisa anda lakukan.

1. Gunakan Baterai Laptop Original

Laptop merupakan perangkat elektronik, yang suplay energinya menggunakan baterai. Tips pertama agar laptop anda tidak rewel yaitu gunakan baterai original. Tentu saja ini tidak jadi soal ketika anda membeli laptop baru, baterai pasti original. Namun nanti ketika power baterai anda sudah lemah, dan anda ingin mengganti baterai, gantilah dengan baterai original. Kestabilan tegangan dan arus listrik (daya) lebih terjamin, sehingga minm sekali gangguan yang ditimbulkan. 

2. Perhatikan Pengisian Baterai (Charger)

Kemudian cara merawat baterai laptop agar awet sehingga tidak berpengaruh pada kerusakan laptop nantinya yaitu perhatikan urusan pengisian daya baterai. Untuk yang satu ini ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan sebagai berikut : 
  • Usahakan anda menggunakan charger original 
  • Jika anda terpaksa menggunakan carger yang tidak original, cek semua parameternya dan cocokkan dengan spesifikasi laptop anda.
  • Charge (cas) laptop ketika baterai sudah benar – benar habis (15%)
  • Cabut charger dari laptop ketika pengisian telah selesai (baterai penuh)
  • Jika tidak terpaksa, matikan laptop ketika mengisi daya baterai (charge)
3. Gunakan Laptop Sesuai Kemampuannya

Setiap perangkat komputer baik itu PC atau Laptop pasti memiliki spesifikasi atau performa yang dapat digunakan. Laptop anda akan lebih awet dan tidak cepat rusak apabila anda gunakan tidak melebihi batas kemampuannya. Sebagai contoh yang paling gampang adalah berbain game yang berat pada laptop yang spesifikasinya minim. Jika dipaksakan, lambat laun, kemampuannya akan menurun. Karena dipaksakan untuk bekerja sekuat tenaga. 


4. Lakukan Maintenance Pada Software Laptop

Salah satu cara merawat laptop agar tidak lemot yaitu dengan management software (aplikasi) yang baik. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan sehubungan dengan maintenance software atau perangkat lunak pada laptop. 
  • Gunakan software aplikasi komputer original, minimal pada sistem operasinya
  • Bekali laptop anda dengan Antivirus yang Update
  • Minimalisir diskspace sistem dengan mengunsinstall aplikasi laptop atau software yang tidak digunakan
  • Bersihkan file sampah di laptop
  • Lakukan defragment hardisk dengan benar.
5. Perhatikan Cara Anda Menyimpan Laptop

Cara merawat laptop agar tidak cepat rusak berikutnya yaitu dengan memperhatikan bagaimana anda menyimpan laptop. Kelihatannya sepele namun, hal ini sangat berpengaruh terhadap laptop anda. Untuk urusan cara menyimpan laptop, berikut ini point – point penting yang perlu kita perhatikan.
  • Jangan simpan laptop anda ditempat yang lembab, dan jagan simpan ditempat yang panas atau terkena sinar matahari langsung.
  • Usahakan tidak menaruh makanan/minuman yang dapat meicu datangnya semut di sekitar laptop dan kemudian masuk ke dalam laptop. Semut terdiri dari banyak ciran di dalam tubuhnya, hal ini dapat berpengaruh pada komponen laptop di bagian dalam.
6. Gunakan Pendingin (Fan Pad) Bila Anda Menggunakan Laptop Dalam Waktu Lama

Memang di dalam laptop juga sudah dilengkapi dengan pendingin, dan bekerja dengan sistem sensor panas yang ada di dalam komputer. Namun menurut saya, akan lebih baik apabila anda menggunakan pendingin tambahan untuk mempercepat pendinginan. Dengan demikian tidak terjadi over heating yang akan membuat laptop eror dan cepat rusak. 

Baca juga : 
Nah mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. 6 tips merawat laptop agar tidak cepat rusak dengan cara yang mudah ini semoga dapat bermanfaat untuk anda, khususnya yang suka menggunakan laptop untuk kebutuhan kerjanya sehari – hari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Cara Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...