Beberapa Cara Mudah Reset BIOS Komputer

Cara reset BIOS memang merupakan satu hal yang perlu diketahui dan dipelajari. Karena, hal ini termasuk salah satu solusi dari beberapa permasalahan yang mungkin dihadapi pada komputer anda. Seperti komputer tidak mau booting. Bisa jadi disebabkan karena BIOS eror. Oleh karena itu, perlu direstart sebagai solusi awalnya. 

BIOS sebagaimana telah dibahas pada tulisan yang lalu, merupakan sistem perangkat lunak sebelum sistem operasi. Fungsi BIOS yang utama adalah melakukan inisialisasi dan pengecekan perangkat keras yang terpasang pada CPU, jadi logislah ketika BIOS eror komputer juga pasti ikut eror. 

Oleh karena itu, sekarang kita akan belajar bagaimana mereset BIOS komputer dengan beberapa langkah yang cukup mudah. 

Cara Reset BIOS Dengan Mencopot Baterai CMOS



CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) merupakan material bahan dimana sistem BIOS terpasang. Di sini terdapat pengaturan tanggal dan waktu, oleh sebab itu untuk menjaganya diberikan baterai yang sering disebut dengan baterai CMOS. 

Reset BIOS bisa dilakukan dengan cara mencopot baterai CMOS kemudian memasangnya lagi setelah beberapa menit. Caranya cukup mudah dan simpel.
  1. Langkah pertama, matikan komputer anda. 
  2. Ke dua, lepas kabel daya dari CPU anda. Tujuannya untuk menghilangkan sisa – sisa aliran listrik (listrik statis) yang masih tersimpan. 
  3. Setelah beberapa meint, anda bisa buka cover CPU untuk mengakses motherboard komputer anda. Karena baterai CMOS terletak pada Motherboard. 
  4. Anda dapat dengan mudah mengenali baterai ini, warnanya putih mengkilat, berbentuk bulat pipih seukuran koin. 
  5. Setelah ketemu, copot dengan cara yang benar. Baterai CMOS terpasang dengan sistem pemasangan baterai yang cukup simpel dan mudah. Anda tidak perlu tenaga yang besar untuk melepasnya. 
  6. Setelah dilepas, tekan dan tahan tombol power beberapa detik. Hal ini untuk mengosongkan kapasitor dan sekaligus mereset sistem BIOS ke pengaturan default. 
  7. Kemudian pasang kembali baterai CMOS atau ganti dengan yang baru. Pastikan posisinya tidak terbalik. 
  8. Sambung kabel power dan nyalakan komputer anda. Mungkin anda perlu mengakses BIOS untuk melakukan pengaturan tanggal dan waktu karena telah kembali ke pengaturan awal setelah direset. 

Reset BIOS Melalui Jumper CLR CMOS



Cara yang kedua pada dasarnya sama dengan cara pertama yaitu mengosongkan CMOS (Clear CMOS). Hanya saja prosesnya berbeda. Di sini kita bisa memanfaatkan jumper clr CMOS. Langkah ini juga dilakukan apabila baterai CMOS sulit untuk dilepaskan. Berikut ini langkah – langkahnya.
  1. Shutdown komputer dan pastikan telah mati 
  2. Lepas kabel daya dan tunggu beberapa menit sampai listrik statis benar – benar hilang. 
  3. Buka Cover CPU, lihat pada Motherboard. Carilah tulisan CLR CMOS, jumper tidak berada jauh dari situ. 
  4. Ada dua macam jenis jumper. Dua pin dan tiga pin. 
  5. Jika jumper anda terdiri dari tiga pin, maka anda cukup memindah pin reset ke dua kaki sebelahnya. Setelah itu, tekan dan tahan tombol power beberapa menit untuk mengosongkan daya. Setelah itu pindah kembali jumper pada posisi semula. 
  6. Jika hanya terdapat dua pin. Anda bisa gunakan jumper penghubung untuk menghubungkan dua pin tersebut. Jika tidak tersedia, anda bisa gunakan obeng untuk membuat kedua pin tersebut terhubung. 
  7. Kemudian langkahnya sama seperti point nomor 5. 
  8. Setelah itu, pasang kabel daya dan kemudian hidupkan komputer anda. 

Reset BIOS Dengan Menekan Tombol



Yang satu ini lebih mudah lagi tentunya, bagi anda yang Motherboardnya menggunakan tombol CLR CMOS tentu cara reset BIOS akan menjadi lebih gampang. Caranya sama seperti pada opsi pertama dan kedua. Hanya saja CLR CMOS dilakukan hanya dengan menekan tombol tersebut. 

Kemudian lepaskan kembali. Dengan begitu anda sudah melakukan Reset BIOS. Cukup mudah, simpel dan tidak membingungkan. Namun ingat, kesimpulannya adalah reset BIOS dilakukan dengan pengaturan Clear CMOS yang membuat pengaturan kembali pada defaultnya. Sekian, semoga bermanfaat !

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beberapa Cara Mudah Reset BIOS Komputer "

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel