-->

7 Aplikasi Scanner Android Terbaik Yang Paling Mudah Digunakan

Pemindaian dokumen atau scan biasanya harus menggunakan perangkat khusus yang menyatu dengan printer ataupun mesin fotokopi. Ukurannya yang besar tentu membuatnya tidak fleksibel untuk dibawa ke mana-mana. Solusi bagi kita yang membutuhkan pemindaian dokumen secara cepat dan mudah ialah dengan menggunakan aplikasi scanner Android terbaik. 

Banyak aplikasi scanner yang dapat kita gunakan secara mobile melalui perangkat Android dalam genggaman. Dan cara menggunakan salah satu aplikasi tersebut sudah pernah kita bahas di blog ini. Untuk anda yang baru mengetahuinya, berikut adalah tujuh aplikasi android yang bisa anda manfaatkan untuk menscan dokumen anda dengan mudah. 

7 Aplikasi Scanner Android Paling Mudah Digunakan


1. CamScanner 

aplikasi scanner android terbaik

Aplikasi buatan INSIG Information Co.Ltd ini memiliki tujuan untuk membantu serta memudahkan kegiatan pemindaian dokumen. File gambar juga dapat diubah menjadi eksistensi PDF. Dapat dikatakan bahwa CamScanner adalah aplikasi scanner Android yang terbaik di PlayStore. Namun, aplikasi ini memiliki kekurangan yaitu adanya watermark pada hasil pindaian. 

Fitur-fiturnya sendiri sudah cukup memudahkan dan sangat direkomendasikan terutama bagi kita yang butuh alat pemindai praktis. Termasuk dalam fitur yang tersedia ialah scan majalah, scan nota, upload file secara mudah, bisa langsung dicetak, mengirim hasil scan, menggabungkan beberapa dokumen, mengatur besar kecilnya halaman, memotong halaman hingga menambahkan password pada dokumen yang diinginkan. 

Baca tutorial : Cara scan dokumen dengan aplikasi CamScanner

2. Tiny Scanner 

aplikasi scanner android terbaik

Aplikasi scanner HP berikutnya adalah Tiny Scanner. Sesuai namanya, ukuran aplikasi ini kecil dan fungsi utamanya adalah memindai gambar ataupun file dalam bentuk PDF. Tiny Scanner memungkinkan kita melakukan pemindaian dokumen laporan, penerimaan, foto atau dokumen apapun. 

Tiny Scanner juga dirancang khusus untuk melakukan pemindaian secara cepat dan hasilnya dapat langsung disimpan dalam bentuk gambar maupun file PDF. Fitur dalam Tiny Scanner di antaranya adalah dapat digunakan di mana saja dan kapan saja, perlindungan dokumen menggunakan password, dapat digunakan pada semua jenis smartphone, tingkat kontras yang bisa diatur sendiri, thumbnail hingga ukuran halaman yang telah disesuaikan. 

3. Fast Scanner 

aplikasi scanner android terbaik

Berikutnya ada Fast Scanner yang dapat digunakan untuk memindai halaman dokumen, catatan, faktur, kartu nama, papan tulis dan aneka dokumen lain. Fast Scanner terutama dapat dipilih karena kecepatannya dalam pemindaian dokumen serta bisa langsung dicetak atau dibagikan melalui email. Fitur dan keunggulan Fast Scanner ialah proses pemindaian yang sangat cepat, mendukung aneka pilihan editing, hasil scan bisa berupa file PDF ataupun gambar serta pencetakan dapat dilakukan melalui Cloud Print. 

4. TurboScan 

aplikasi scanner android terbaik

Aplikasi scanner Android terbaik berikutnya ialah TurboScan. Aplikasi ini terutama dilengkapi algoritma canggih yang akan dapat mendeteksi tepian dokumen secara otomatis, menghilangkan bayangan, mengatur kontras hingga meluruskan dokumen. 

Terdapat pula fitur SureScan sehingga hasil pemindaian dokumen akan menjadi lebih tajam bahkan saat pencahayaannya rendah. Pengguna juga bisa memilih sendiri jenis kertas yang akan digunakan. Fitur lain yang bisa kita nikmati dalam TurboScan ialah printing via Cloud, dokumen penamaan serta adanya fitur email. 

5. PDF Scanner 

aplikasi scanner android terbaik

Aplikasi scanner untuk Android berikutnya ialah PDF Scanner. Aplikasi ini masih terbilang baru di Android. Fungsi utamanya ialah menyalin kertas untuk menjadi dokumen PDF digital kualitas tinggi. Perbedaan PDF Scanner dengan aplikasi sejenis lain ialah kita dapat membubuhkan tanda tangan seperti segel dokumen yang berasal dari file. 

Penambahan tanda tangan ini juga dapat dilakukan dengan cara menggambarnya di layar. Bahkan, kita dapat menambahkan tulisan apapun yang berguna sebagai penjelasan gambar. Fitur lain yang tersedia ialah advanced editing, convert file dari PDF ke JPG, cetak dan bagikan file. 

6. Genius Scan 

aplikasi scanner android terbaik

Aplikasi scanner gratis untuk Android berikutnya yang bisa kita gunakan adalah Genius Scan. Fungsi kamera di smartphone akan dapat beralih menjadi scanner seperti pada umumnya. Genius Scan turut dilengkapi aneka fitur canggih, termasuk di antaranya adalah smart page detection, perspective correction, image post processing dan lain-lain. Hal ini akan membuat kita bisa menghasilkan file dokumen berjenis PDF melalui serangkaian multiple scans. Aplikasi ini terutama akan sangat berguna untuk memindai dokumen hitam putih maupun dokumen berwarna. 

7. MyScan 

aplikasi scanner android terbaik

Satu lagi aplikasi scanner yang bisa kita download gratis adalah MyScan. Pindai dokumen secara cepat dan mudah kapan pun serta di mana pun kita menginginkannya. Kualitas tak perlu diragukan lagi karena aplikasi MyScan terbilang sempurna berkat tambahan aneka fitur menarik. Termasuk dalam fitur-fitur tersebut ialah deteksi tepi otomatis, anotasi dokumen, folder organizer, bagikan hasil scanning hingga melakukan scan pada beberapa halaman menjadi satu dokumen. Download aplikasi scanner untuk Android ini bisa dilakukan di PlayStore. 


Aneka macam aplikasi khusus scanner tersebut bisa kita dapatkan secara gratis melalui PlayStore. Memiliki aplikasi scanner dalam perangkat Android akan dapat memudahkan kita dalam melakukan pemindaian dokumen secara lebih cepat, mudah dan praktis. Kita bisa memilih sendiri hendak mendownload aplikasi scanner Android terbaik yang mana sesuai kebutuhan masing-masing.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Aplikasi Scanner Android Terbaik Yang Paling Mudah Digunakan"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel